Urutan Menonton Sword Art Online

Karakter utama yang hampir tak terkalahkan, pertarungan bos yang epik, dan tentu saja, waifu tsundere yang sama seorang gamer, semuanya dikemas dalam animasi yang indah. Sword Art Online pastinya jadi anime impian bagi setiap gamer.

Tentu saja, bagi yang bukan gamer atau belum pernah main game online, tetap bisa menikmati Sword Art Online. Serial ini berfokus pada protagonis Kazuto “Kirito” Kirigaya dan Asuna Yuuki saat mereka bermain melalui berbagai dunia virtual reality MMORPG.

Baca juga: 10 Anime Isekai Video Game Mirip Sword Art Online

sword art online

Ketika mulai ditayangkan, Sword Art Online langsung populer berkat adaptasi dari light novel yang memang sudah hit. Sekaligus juga, cukup bikin kontroversial. Akibatnya ada polarisasi pendapat soal plot dan karakternya, yang pernah saya bahas di Alasan Sword Art Online Dibenci dan Kenapa Saya Tetap Mencintainya.

Saya jelas merekomendasikan anime ini, apalagi dengan lagu opening Sword Art Online tak terlupakan yang diisi penyanyi ternama. Sebenarnya, tak terlalu pusing untuk memulai nonton Sword Art Online, cukup ikuti berdasarkan waktu rilisnya saja.

Urutan Rilis Sword Art Online

SAO awalnya merupakan serial light novel karya Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh abec. Kemudian diadaptasi menjadi anime oleh Studio A-1 Pictures.

Serial anime ini sudah memiliki tiga musim dengan total 86 episode. Itu yang masuk main story, sementara episode recap, film dan spin-off belum dihitung.

Nah, berikut urutan rilis SAO dan tentunya ini rekomendasi jika ingin memulai menontonnya.

1. Sword Art Online (2012)

Sword Art Online (2012)
  • Tayang: Summer-Fall 2012
  • Episode: 25

Pada tahun 2022, realitas virtual telah berkembang pesat, dan game role-playing online yang disebut Sword Art Online (SAO) diluncurkan.

Dengan bantuan teknologi “NerveGear”, pemain dapat mengontrol avatar mereka di dalam game hanya dengan menggunakan pikiran mereka sendiri.

Kazuto Kirigaya, yang dijuluki “Kirito,” masuk bersama sepuluh ribu orang lainnya ke dunia Aincrad yang indah dan rumit, dunia yang penuh dengan senjata abad pertengahan yang fantastis dan monster yang mengerikan.

Namun, kemudian para pemain segera menyadari bahwa mereka tidak dapat keluar; pencipta permainan telah menjebak mereka di dunia barunya sampai mereka menyelesaikan seratus level permainan.

Untuk melarikan diri dari Aincrad, Kirito sekarang harus berinteraksi dan bekerja sama dengan sesama pemain. Beberapa adalah sekutu, sementara yang lain adalah musuh, seperti Asuna Yuuki, yang memimpin kelompok terkemuka yang mencoba melarikan diri dari permainan kejam ini.

Lebih buruk lagi, jika mereka mati di Aincrad, mereka mati di kehidupan nyata. Kirito harus beradaptasi dengan realitas barunya, berjuang untuk kelangsungan hidupnya, dan semoga terbebas dari neraka virtualnya.

2. Sword Art Online: Extra Edition (2013)

Sword Art Online: Extra Edition (2013)
  • Tayang: 2013
  • Episode: 1

Sebuah episode fanservice tentu saja.

Cerita berlatar beberapa tahun setelah peristiwa di musim pertama Sword Art Online, ketika Kirito dan adiknya Suguha bertemu dengan Asuna Yuuki, Rika “Lisbeth” Shinozaki, dan Keiko “Silica” Ayano di SAO Survivor School.

Kirito kemudian menghadiri konseling darurat, sementara gadis-gadis pergi ke kolam renang. Ternyata kata “konseling darurat” adalah dalih yang dibuat oleh Seijirou Kikuoka, yang bertujuan untuk mengulangi insiden Sword Art Online dengan harapan dapat menentukan motif Akihiko Kayaba.

3. Sword Art Online II

Sword Art Online II
  • Tayang: Summer-Fall 2014
  • Episode: 24

Setahun setelah insiden Sword Art Online, insiden baru terjadi dalam game bernama Gun Gale Online, ketika seorang pemain bernama Death Gun tampaknya membunuh orang di dunia nyata dengan menembak mereka dalam game.

Didekati oleh pejabat untuk membantu dalam menyelidiki pembunuhan, Kazuto Kirigaya menjadi persona Kirito sekali lagi dan masuk ke Gun Gale Online, berniat menghentikan si pembunuh.

Begitu masuk, Kirito bertemu Sinon, seorang penembak jitu yang sangat terampil yang dirundung trauma masa lalu. Dia segera diseret mengejar Death Gun, dan bersama-sama mereka memasuki Bullet of Bullets, sebuah turnamen di mana target mereka pasti akan muncul.

Ketidakpastian akan kekuatan sebenarnya dari Death Gun, Kirito dan Sinon berlomba untuk menghentikannya sebelum dia memiliki kesempatan untuk mengklaim kehidupan lain. Namun, tidak semuanya berjalan mulus, karena bekas luka dari masa lalu menghambat kemajuan mereka.

4. Sword Art Online: Ordinal Scale (2017)

Sword Art Online: Ordinal Scale (2017)
  • Tayang: 2017
  • Episode: 1

Pada tahun 2026, empat tahun setelah insiden Sword Art Online yang terkenal, bentuk teknologi baru yang revolusioner telah muncul: Augma, perangkat yang menggunakan sistem Augmented Reality.

Tidak seperti Realitas Virtual NerveGear dan Amusphere, ini sangat aman dan memungkinkan pemain untuk menggunakannya saat mereka sadar, menciptakan hit instan di pasar.

Aplikasi paling populer untuk Augma adalah game Ordinal Scale, yang membenamkan pemain dalam game role-playing fantasi dengan peringkat dan hadiah pemain.

Mengikuti kegilaan baru, teman-teman Kirito terjun ke dalam permainan, dan terlepas dari keraguannya tentang sistem, Kirito akhirnya bergabung dengan mereka. Meskipun pada awalnya tampaknya hanya kesenangan dan permainan, mereka segera mengetahui bahwa permainan itu tidak seperti yang terlihat.

5. Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online (2018)

Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online (2018)
  • Tayang: Spring 2018
  • Episode: 12

Ini adalah serial spin-off, tidak ada Kirito dan Asuna.

Seorang mahasiswa pemalu di Tokyo, Karen Kohiruimaki sangat kontras dengan avatar dalam game Gun Gale Online.

Memulai game demi game dengan harapan terwujud sebagai karakter yang imut, dia akhirnya mendapatkan dirinya yang ideal di dunia Gun Gale Online. Senang dengan persona barunya, dia mencurahkan waktunya ke dalam permainan sebagai LLENN, mengumpulkan reputasinya sebagai player killer yang legendaris.

Dia kemudian bertemu dengan Pitohui, seorang wanita yang terampil namun eksentrik. Dengan cepat berteman dengan Karen, Pitohui bersikeras bahwa LLENN berpartisipasi dalam Squad Jam, sebuah battle royale yang mengadu tim satu sama lain, bertarung sampai hanya satu yang tersisa.

6. Sword Art Online: Alicization (2018)

Sword Art Online: Alicization
  • Tayang: Fall 2018-Winter 2019
  • Episode: 24

Soul Translator adalah full-dive canggih yang berinteraksi dengan Fluctlight pengguna, teknologi yang setara dengan jiwa manusia, dan pada dasarnya berbeda dari metode ortodoks dalam mengirimkan sinyal ke otak.

Institut swasta Rath bertujuan untuk menyempurnakan kreasi mereka dengan meminta bantuan penyintas Sword Art Online Kazuto Kirigaya. Dia bekerja di sana sebagai karyawan paruh waktu untuk menguji kemampuan sistem di Underworld: alam fantastik yang dihasilkan oleh Soul Translator.

Sesuai kontrak kerahasiaan, setiap ingatan yang dibuat oleh mesin di dunia virtual dihapus saat kembali ke dunia nyata. Kazuto hanya bisa samar-samar mengingat satu nama: Alice.

Ketika Kazuto mengantar Asuna Yuuki pulang suatu malam, mereka bertemu musuh yang sudah dikenalnya. Kazuto terluka parah dan kehilangan kesadaran.

Ketika dia sadar, dia telah berada di Underworld dengan tampaknya tidak ada cara untuk melarikan diri. Dia memulai sebuah pencarian, mencari jalan kembali ke dunia fisik sekali lagi.

7. Sword Art Online: Alicization – War of Underworld (2019)

Sword Art Online: Alicization – War of Underworld (2019)
  • Tayang: Fall 2019
  • Episode: 12

Setelah menghubungi dunia nyata, Kirito mengetahui bahwa Ocean Turtle, sebuah mega-float yang dikendalikan oleh Rath, telah disusupi teroris.

Karena arus pendek tiba-tiba yang disebabkan oleh teroris tadi, fluctlight Kirito rusak, membuatnya koma. Merasa tidak aman tentang orang-orang di Gereja Axiom, Alice membawa Kirito yang tidak sadarkan diri kembali ke kampung halaman mereka, Desa Rulid.

Sekarang, Alice menjalani kehidupan biasa dan damai di dekat desa, berharap Kirito bangun.

Namun, tragedi terjadi ketika Alice menyadari bahwa Dark Territory telah mulai menginvasi Kerajaan Manusia. Melanjutkan peran sebelumnya, Alice Synthesis Thirty, dia berjanji untuk mengalahkan Dark Territory untuk mempertahankan dunia yang Kirito dan Eugeo lindungi.

8. Sword Art Online: Alicization – War of Underworld Part 2 (2020)

Sword Art Online: Alicization – War of Underworld Part 2 (2020)
  • Tayang: Summer 2020
  • Episode: 11

Pertarungan terakhir melawan Dark Territory berlanjut, saat pemain dari seluruh dunia membanjiri server Underworld dan menjerumuskan Kerajaan Manusia ke dalam kekacauan total.

Asuna Yuuki dan teman-temannya membela sekutu baru mereka dengan semua yang mereka miliki, tetapi jumlah mereka berkurang. Sementara itu, Alice Zuberg menuju Altar Ujung Dunia sementara Gabriel “Vecta” Miller mengejarnya tanpa henti.

Sementara itu, anggota Rath menyusun strategi untuk memulihkan fluctlight Kirito yang rusak. Namun, para penyusup yang menempati ruang kendali utama punya rencana lain. Dikelilingi oleh kematian dan keputusasaan, ketika semua harapan tampaknya hilang, satu suara menjangkau Kirito—suara yang familiar berkata, “Aku akan selalu berada di sisimu.”

Sword Art Online: Alicization – War of Underworld 2nd Season adalah kesimpulan epik dari mimpi Akihiko Kayaba untuk menciptakan kecerdasan manusia buatan.

9. Sword Art Online: Progressive – Aria of Starless Night (2021)

Sword Art Online: Progressive - Aria of Starless Night (2021)
  • Tayang: Summer 2021
  • Episode: 1 Film

Ini adalah versi baru dari kisah Sword Art Online yang dimulai pada awal petualangan epik Kirito dan Asuna—di tingkat pertama dunia mematikan Aincrad!

Satu bulan telah berlalu sejak permainan mematikan Akihiko Kayaba dimulai, dan jumlah tubuh terus meningkat. Dua ribu pemain sudah mati.

Kirito dan Asuna adalah dua orang yang sangat berbeda, tetapi mereka berdua ingin bertarung sendirian. Meskipun demikian, mereka menemukan diri mereka ditarik bersama untuk menghadapi tantangan baik dari dalam maupun dari luar.

Mengingat bahwa seluruh dunia virtual yang mereka tinggali sekarang telah dibuat sebagai perangkap kematian, para pemain Sword Art Online yang masih hidup mulai putus asa, dan keputusasaan membuat mereka berbahaya bagi penyendiri seperti Kirito dan Asuna.

Ketika menjadi jelas bahwa kesendirian sama dengan bunuh diri, akankah keduanya dapat mengatasi perbedaan mereka untuk menemukan kekuatan untuk saling percaya, dan dengan demikian bertahan?

Spesial

  • SAO: Sword Art Offline (2013)
  • SAO: Extra Edition (2013)
  • SAO: Sword Art Offline – Extra Edition (2014)
  • SAO II: Debriefing (2014)
  • SAO II: Sword Art Offline II (2014)
  • SAO Movie: Ordinal Scale – Sword Art Offline (2017)
  • SAO Fatal Bullet: The Third Episode (2018)
  • SAO Alternative: Gun Gale Online – Refrain (2018)
  • SAO Fatal Bullet: The Third Episode – Pilot-ban (2018)
  • SAO: Alicization – War of Underworld Reflection (2018)
  • SAO: Alicization – War of Underworld Recap (2020)

Urutan Kronologis Arc dan Alur Cerita Sword Art Online

Berikut kronologis alur cerita berdasarkan ligh novel:

  • Aincrad
  • Fairy Dance
  • Phantom Bullet
  • Mother’s Rosario
  • Early and Late
  • Alicization Beginning
  • Alicization Running
  • Alicization Turning
  • Alicization Rising
  • Alicization Dividing
  • Alicization Uniting
  • Alicization Invading
  • Alicization Exploding
  • Alicization Awakening
  • Alicization Lasting
  • Moon Cradle
  • Moon Cradle
  • Unital Ring I
  • Kiss and Fly
  • Unital Ring II
  • Unital Ring III
  • Unital Ring IV
sword art online ordinal scale

Semoga tulisan ini bisa membantu bagi yang ingin menikmati Sword Art Online. Lihat juga informasi lebih lanjut tentang cara menonton serial anime lainnya di blog ini, seperti Panduan Urutan Monogatari dan Panduan Urutan Fate Series, dan semoga bisa menemukan serial anime hebat lainnya untuk mengisi kekosongan dalam hidup ini.

Satu pemikiran pada “Urutan Menonton Sword Art Online”

Tinggalkan komentar