Kategori
Celotehanku

Bandung Coret

bandung coret

Sebelumnya, kita samakan persepsi dulu, saya sebut ‘Bandung’ untuk merujuk ke wilayah yang secara administratif bernama Kota Bandung. Metropolitan terbesar di Jawa Barat yang ada BIP, BEC, Ciwalk, Pasupati, Braga, Stadion Siliwangi, sama Trans Studio. Ingat ya, ini yang bakal saya sebut ‘Bandung’.

Soreang, Jatinangor, Cimahi, Baleendah, Banjaran, Rancaekek, masuk ke dalam lingkup Bandung Coret. Bandung yang bukan bener-bener Bandung.Ā Bandung Coret. Meski ga tercatat secara administratif, ini juga kota sebenernya. Pinggir kota! Lebih sadis dan tepatnya “kota yg terpinggirkan”. šŸ˜Æ

Keadaan geologis dan tanah yang ada di Bandung Coret terbentuk pada zaman kwartier dan mempunyai lapisan tanah alluvial hasil letusanĀ Gunung Tangkuban Parahu. Secara geografis dikelilingi sama pegunungan, nampak seperti mangkuk. Ini emang menunjukkan kalau pada masa lalu yang sangat purba, daerah ini merupakan sebuah telaga.

Kategori
Celotehanku

Monorel Trayek Bandung-Soreang-Jatinangor-Padalarang

bandung monorail

Pada suatu kesempatan, terbersit ide untuk membuat karya fiksi futuristik dengan latar tempat di sebuah monorel trayek Soreang-Bandung. Yang sayangnya, hingga momen ini, proyek itu belum tergarap sedikit pun.

Meski ada rasa sedikit pesimis, namun saya merasa bangga karena suatu saat karya fiksi utopis yg ga jadi-jadi tadi mungkin akan menjadi karya fiksi realis.

Diberitakan oleh situs berita ANTARA, bahwa Gubernur Jabar, Pa Aher, merencanakan untuk membangun moda transportasi massa monorel yg akan menghubungkan Bandung-Jatinangor (Kabupaten Sumedang), Bandung-Soreang (Kabupaten Bandung), dan Bandung-Padalarang (Kabupaten Bandung Barat).

Kategori
Bandung

#KabBdg372

macet

Dalam catatan sejarah yang ada, keberadaan Kabupaten Bandung sejatinya lahir dari Piagam Sultan Ageng Mataram pada 9 Muharram tahun Alif yg jika dikonversikan pada masa kini sama dengan hari Sabtu, 20 April 1641 Masehi. Berarti tepat hari ini kampung halaman tercinta ini sudah genap 372 tahun. Tua banget nya.

Promosi aja, banyak orang mengatakan, jika ke Bandung hanya bertandang ke kotanya saja, itu ga ada bedanya sama Jakarta. Pesatnya pendirian bangunan menyebabkan Kota Bandung kehilangan banyak pohon rindang yg sebelumnya telah memberikan kesejukan. Oleh sebab itu, jika ingin mendapatkan sensasi pengunungan yg menyejukan, berkunjunglah ke Kabupaten Bandung.

Tapi mending jangan ke Bandung deh kalau weekend, bukan Bandung sebenarnya soalnya sih. Macet pasti. Apalagi hari ini menurut surat kabar dan kabar burung dari sosial media, macetnya macet pisan, bahkan sampai macet total. Berhubung ada #PERSIBDay, tanding lawan yg bermutu, pas weekend lagi. Emang hari biasa juga macet sih. Terpaksa ya menjaga rumah.

Selain kemacetan, problem paling krusial ya banjir. Alhamdulillah kalau rumah mah jauh dari kata kebanjiran, tapi sekelilingnya yg kena. Aksesnya jalannya jadi putus tuh.

Semoga di usianya yg semakin dewasa ini, makin maju aja Kabupaten tercintaku ini.

Wilujeng tepang taun Kabupaten Bandung nu ka-372. Maju terus, pantang banjir jeung macet!