Kategori
#ReboNyunda Bandung

Hujan Banjir Dor Dar Macet

yoona hujan salju

Kapungkur mah teu hese nangtukeun iraha wae usum hujan teh. Bulan-bulan nu tungtungna aya ‘ber’, insya Allah diliwatan ku usum hujan. Tapi kiwari mah, tos dugi ka bulan Maret, tapi hujan masih betah keneh turun wae.

Asa teu kaci lamun hujan teu dibarengan banjir teh, nya minimal aya jalan nu kakeueum. Sapertos sim kuring nu nembe mulang ti Jatinangor, ngaliwatan cai nu saluhur bitis di daerah Gedebage. Nu antukna mah sapatu jadi baseuh. Tapi alhamdulillah ari si motor mah teu dugi ka mogok.

Sateuacanna kuring ge rada hariwang ku sabab ninggal info di twitter yen di daerah Bandung nuju hujan badag dibaturan gelap nu dar der dor. Ari ka hujan mah sim kuring resep, da ari di Islam mah kan hujan teh berkah. Teu resep teh ku gelapna tadi, ku buricakna sieun sim kuring mah, sieun kabentar tea. Untungna pas di jalan mah ngan kabagian macetna hungkul kusabab seueur jalan nu kakeueum tea.

Kategori
Celotehanku

Monorel Trayek Bandung-Soreang-Jatinangor-Padalarang

bandung monorail

Pada suatu kesempatan, terbersit ide untuk membuat karya fiksi futuristik dengan latar tempat di sebuah monorel trayek Soreang-Bandung. Yang sayangnya, hingga momen ini, proyek itu belum tergarap sedikit pun.

Meski ada rasa sedikit pesimis, namun saya merasa bangga karena suatu saat karya fiksi utopis yg ga jadi-jadi tadi mungkin akan menjadi karya fiksi realis.

Diberitakan oleh situs berita ANTARA, bahwa Gubernur Jabar, Pa Aher, merencanakan untuk membangun moda transportasi massa monorel yg akan menghubungkan Bandung-Jatinangor (Kabupaten Sumedang), Bandung-Soreang (Kabupaten Bandung), dan Bandung-Padalarang (Kabupaten Bandung Barat).

Kategori
Bandung

#KabBdg372

macet

Dalam catatan sejarah yang ada, keberadaan Kabupaten Bandung sejatinya lahir dari Piagam Sultan Ageng Mataram pada 9 Muharram tahun Alif yg jika dikonversikan pada masa kini sama dengan hari Sabtu, 20 April 1641 Masehi. Berarti tepat hari ini kampung halaman tercinta ini sudah genap 372 tahun. Tua banget nya.

Promosi aja, banyak orang mengatakan, jika ke Bandung hanya bertandang ke kotanya saja, itu ga ada bedanya sama Jakarta. Pesatnya pendirian bangunan menyebabkan Kota Bandung kehilangan banyak pohon rindang yg sebelumnya telah memberikan kesejukan. Oleh sebab itu, jika ingin mendapatkan sensasi pengunungan yg menyejukan, berkunjunglah ke Kabupaten Bandung.

Tapi mending jangan ke Bandung deh kalau weekend, bukan Bandung sebenarnya soalnya sih. Macet pasti. Apalagi hari ini menurut surat kabar dan kabar burung dari sosial media, macetnya macet pisan, bahkan sampai macet total. Berhubung ada #PERSIBDay, tanding lawan yg bermutu, pas weekend lagi. Emang hari biasa juga macet sih. Terpaksa ya menjaga rumah.

Selain kemacetan, problem paling krusial ya banjir. Alhamdulillah kalau rumah mah jauh dari kata kebanjiran, tapi sekelilingnya yg kena. Aksesnya jalannya jadi putus tuh.

Semoga di usianya yg semakin dewasa ini, makin maju aja Kabupaten tercintaku ini.

Wilujeng tepang taun Kabupaten Bandung nu ka-372. Maju terus, pantang banjir jeung macet!

Kategori
Celotehanku

Libur Datang, Bandung Padat

Tak terasa setahun sudah belajar di SMA, akhirnya perjalanan di kelas sepuluh harus usai dengan dibagikanya BLT
berupa nasihat guru dan buku raport. Dan alhamdulillah nilai-nilainya tidak ada yg merah, apalagi hijau bahkan ungu, karena pulpennya memakai tinta hitam, supaya terlihat elegan *mulai ngaco nih*. Memang nilai-nilai rapor sudah cukup lumayan untuk bisa naik angkot *tanda-tanda flu babiy ini mah*, maksudnya level up ke kelas yg lebih atas.

Rapor dibagikan berarti itu menandakan untuk 2 minggu ke depan pasti … akan berlangsung pemilu presiden 2009-2014, ya memang tapi yang lebih tepatnya tidak ada jadwal pelajaran di sekolah, yang berarti liburan telah tiba, horree.