5 Tips Belanja Item Fashion Secara Sadar Diri

Meski tak ada yang salah dengan memanjakan diri kita dengan beberapa item fashion, daya tarik koleksi baru dikombinasikan dengan diskon menggiurkan yang bikin kita tak tahan.

Berikut adalah lima tips belanja dari Fashion Psychology untuk membantu kamu memaksimalkan uang kamu dengan berbelanja secara sadar.

1. Tanya Pada Diri Sendiri, “Mengapa Saya Berbelanja?”

Berbelanja dapat dimotivasi oleh kebosanan atau kebiasaan, sebanyak kebutuhan.

Tips belanja item fashion yang pertama adalah sebelum menekan ‘beli’ tanyakan pada diri kamu mengapa kamu mencari baju baru.

Apakah itu untuk memenuhi celah di lemari pakaian kamu, atau lebih tepatnya sebagai cara untuk menemukan kepuasan atau semacam tujuan.

Meskipun terapi ritel dapat memiliki beberapa manfaat terapeutik (Atalay & Meloy, 2011) cara yang jauh lebih efektif dan memuaskan untuk meningkatkan suasana hati kamu dan menghilangkan kebosanan adalah dengan mencari kontak manusia atau terlibat dalam kegiatan restoratif lainnya (Frank, 2004).

2. Pikirkan Tentang Apa yang Kamu Pilih

Sangat menggoda untuk memilih opsi yang paling boros, atau diinginkan secara sosial saat berbelanja.

Meskipun wajar bagi manusia untuk ingin berjuang untuk yang terbaik dan memastikan penerimaan sosial (misalnya De Wall & Bushman, 2011), mudah untuk terbawa suasana dan terkadang, menghabiskan uang di atas kemampuan kita.

Itulah mengapa penting bagi kita untuk tidak hanya mempertimbangkan mengapa kita berbelanja tetapi juga apa yang kita pilih.

Baca juga: Fashion Gaya Milenial Adalah Bereksperimen dengan Warna

Ada perbedaan antara memuaskan kebutuhan kita dan menjangkau lebih dari itu. Kadang-kadang, jika kita mampu membelinya, sangat bermanfaat untuk berbelanja secara royal pada sesuatu yang sedikit lebih istimewa, tetapi setiap hari, itu tidak selalu merupakan pilihan terbaik.

Perasaan senang yang segera pasti akan terlihat setelah melakukan pembelian barang mewah, tetapi dalam jangka panjang, keputusan ini memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk menyebabkan penyesalan yang lebih besar (Iyengar, Wells & Schwartz, 2006).

tips belanja item fashion di toko

3. Berikan Perhatian Penuh

Tips belanja selanjutnya adalah memerhatikan secara penuh ketika berbelanja item fashion.

Demikian pula, apakah kamu pernah melakukan pembelian yang tidak perlu, hanya karena barangnya murah?

Saya yakin sebagian besar dari kita dapat menemukan setidaknya satu item pakaian yang tersembunyi di sudut lemari pakaian kita dengan label masih terpasang.

Ketika dihadapkan dengan penjualan, cobalah bertanya pada diri sendiri ‘apakah saya akan membayar harga penuh untuk barang ini?’ dan jika jawabannya tidak, maka kemungkinan besar kamu tidak membutuhkannya.

Penting juga untuk mempertimbangkan keseimbangan harga vs kualitas pakaian. Barang super murah tidak mungkin bertahan dalam ujian waktu, jadi kamu akan menemukan diri kamu dalam siklus pembelian kembali yang berulang.

Tanpa menghabiskan di atas kemampuan kamu, pikirkan tentang berinvestasi dalam barang-barang penting untuk lemari pakaian kamu; ini akan bertahan bertahun-tahun, menghasilkan lebih sedikit limbah, dan menghemat uang kamu dalam jangka panjang.

4. Rencanakan Belanja Kamu

Sebelum kamu mulai berbelanja, cobalah untuk menilai lemari pakaian kamu dan bahkan merencanakan beberapa pakaian dengan barang-barang yang kamu miliki.

Padukan penampilan kamu dari tahun-tahun sebelumnya dengan melapisi item yang berbeda dan memasangkan potongan yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Ketika kamu telah mengidentifikasi kesenjangan, melakukan sesuatu yang sederhana seperti menulis daftar dapat membantu mencegah kebiasaan belanja kamu menjadi kacau.

Memiliki sesuatu yang konkret untuk diikuti akan membantu kamu merasa lebih terkendali, bahkan jika emosi kamu mungkin menyarankan sebaliknya. Namun, cobalah untuk tidak terlalu spesifik.

Dengan memberi diri kita elemen pilihan, ini dapat membantu kita merasa nyaman dengan diri sendiri dan membuat pengalaman berbelanja lebih menyenangkan secara keseluruhan (Garg & Lerner, 2013).

5. Pikirkan di Mana Kamu Berbelanja

Sayangnya, industri fashion masih diliputi eksploitasi. Pekerja garmen menghadapi konsekuensi fatal bagi kesehatan mental dan fisik mereka sebagai akibat dari kondisi tempat mereka bekerja setiap hari.

Berhati-hati dengan siapa kamu memberikan uang dan layanan kamu tidak hanya akan mendorong kondisi dan praktik kerja yang etis dan berkelanjutan, tetapi juga akan mendukung bisnis independen yang kemungkinan akan menderita akibat penurunan ekonomi akibat pandemi.

*

Itulah beragam tips belanja item fashion secara sadar agar kamu makin bijaksana dalam menggelontorkan uang.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *