Tips Skor TOEFL 600 Lewat Belajar Otodidak

Mau lanjut kuliah lagi, daftar beasiswa, ikutan CPNS, atau melamar kerja, kayaknya nggak bisa lepas dari yang namanya TOEFL.

Misalnya buat CPNS, nilai minimalnya memang beda tergantung instansi, tapi antara 450-550. Nilai maksimal tes TOEFL sendiri adalah 677. Artinya kalau pengen target skor kita di angka 600 maka jawaban kita yang bener kudu 88%.

Nah, kalau boleh tahu berapa nilai tes TOEFL terakhir kamu? Jangan kecil hati dulu, kalau nilainya masih di bawah 500, yuk simak tips-tips ini biar nilai TOEFL kita makin mantul!

Mengenal Apa yang Harus Dipelajari dan Dilatih

Belajar dan latihan yang intensif tentunya yang utama. Yang paling penting sebenarnya kita harus akrab dulu sama TOEFL ini. TOEFL itu terdiri dari Listening Comprehension, Structure & Written Expression, dan Reading Comprehension.

Nah berikut tips untuk mengatasi tiap bagian dari TOEFL tadi

1. Listening Comprehension

Khusus untuk listening section, kita bisa belajar dari internet, terutama dari YouTube, misalnya mendengar video-video TED Talk. Selain itu juga untuk mengerjakan soal-soal simulasi TOEFL yang bagian listening.

Di Youtube ada banyak banget soal simulasi listening dan kita bisa latihan dari situ.

Kalau pengen akrab dengan listening tanpa harus latihan soal, bisa dengan mendengerkan podcast kayak TED Talk. Bisa sambil tiduran, disambi masak, cuci piring, bersih-bersih, atau pas naik kendaraan. Topik di TED Talk ini beragam dan topiknya juga bagus-bagus.

Bisa denger podcast lain, tergantung minat kita. Intinya, terbiasa sama lidah dan pengucapan native speaker. Kalau sudah terbiasa dengan lidah native, maka mendengarkan pun akan lebih mudah dan lebih memahami soal TOEFL.

Cara lain supaya bisa latihan listening adalah menonton film dan series berbahasa Inggris. Bisa latihan pakai subtittle Bahasa Inggris dulu, lalu tanpa subtitle. Selain itu, coba perbanyak mendengarkan lagu-lagu Barat. Ini bisa dibilang belajar sambil rileks.

2. Structure & Written Expression

Kalau ini sih belajarnya harus belajar grammar, tenses, dan vocabulary.
Paling enak belajarnya lewat buku, bisa buku fisik atau ebook, paling mudah bisa cari di internet.

Jadi di Structure & Written Expression yang diuji adalah kemampuan kita dalam menggunakan grammar yang baik sekaligus menemukan kesalahan di kalimat.

Baca juga: Memperbaiki Kesalahan Umum Bahasa Inggris

Maka latihannya untuk bagian ini adalah belajar grammar dan menambahkan vocab karena kadang ada vocab yang sulit yang muncul di soal.

3. Reading Section

Ada beberapa bacaan di bagian ini dan biasanya 1 bacaan ada 5-10 soal sesuai bacaan tersebut. Yang diuji di sini pemahaman kita dalam mencerna bacaan dan ada juga soal tentang sinonim dan antonim atau arti kata di bacaan tersebut.

Reading ini masih terkait sama bagian Structure & Written Expression, jadi latihannya hampir sama. Belajar grammar dan tenses lagi dan banyak-banyaklah membaca. Semakin banyak membaca, penguasaan bahasa kita akan semakin baik.

Cara Kilat Biar Nilai TOEFL Bagus

Sudah tau apa saja yang harus dipelajari, kan? Nah, sekarang bagaimana cara kilatnya?

1. Beli buku atau download ebook TOEFL

Dari situ pelajari struktur soal-soal di TOEFL ITP yang untungnya masih pilihan ganda. Di buku juga ada soal dan pembahasannya.

Rekomendasi: Longman, Barrons, Cambridge.

2. Bukunya jangan cuma jadi pajangan, kerjakan dong soal-soalnya!

Satu buku isinya beberapa paket soal. Kita bisa kerjakan per paket soal dari mulai Reading, Structure, Listening atau per bagian, misal hari ini Reading aja besok Listening, dan seterusnya.

Nah, tipsnya biar intensif, kita harus alokasikan waktu minimal 1-2 jam per hari. Kalo mau rileks boleh lah disambi main hape sebentar, terus fokus belajar lagi. Usahakan setiap hari pegang buku dan latihan soal.

3. Catat dan terus berlatih!

Catat semua pelajaran yang dirasa sulit dan ulangi sampai kita mengerti. Kalau ada waktu luang boleh juga catat vocab baru yang kita temukan saat mengerjakan soal.

Metode Jangka Panjang Mahir Bahasa Inggris

Sebagai tambahan kalau mau mahir Bahasa Inggris, ada metode jangka panjangnya.

1. Atur bahasa di gadget kita ke Bahasa Inggris (English)

Ini supaya kita terbiasa dengan ungkapan bahasa Inggris sehari-hari khususnya ungkapan di bidang teknologi.

2. Sering-sering baca bacaan berbahasa Inggris

Bisa majalah, buku, media online, atau media sosial. Kalau di medsos misalnya bisa ikuti seleb berbahasa Inggris biar kita ketularan jago Bahasa Inggris.

Kalau baca berita jangan cuma detik atau Tribun, baca juga Jakarta Post, Aljazeera, Guardian, biar wawasan juga bertambah.

3. Tonton film asing pakai subtitle Bahasa Inggris

Filmnya bisa film apa aja dari negara mana aja pokoknya ada subtitle Bahasa Inggris. Drama Korea atau anime Jepang kalau boleh dibilang subtittle Inggrisnya bagus-bagus. Jadi kalau suka drakor atau anime bisa coba cara ini, malah mungkin jadi jago juga Bahasa Korea atau Jepang lagi.

4. Ngobrol sama bule

Kalo ada bule/orang asing, ajak ngobrol aja. Gak usah takut salah atau malu, mereka malah seneng kalo ada orang Indo yg bisa bahasa Inggris dan ingat tidak semua orang asing itu bahasa Inggrisnya sempurna. Jadi ya pede aja!

Sudah Siap Tes TOEFL Lagi?

Kalau kita belajar dan berlatih, Bahasa Inggris bukan lagi momok dan malah ilmu yang menyenangkan untuk dipelajari. Motivasi saya sendiri sejak kecil kenapa harus belajar Bahasa Inggris karena biar mengerti pas main video game. Jadi sebenarnya temukan dulu motivasimu dalam belajar.

Mungkin kamu punya tips, trik atau cara belajar Bahasa Inggris sendiri, atau tentang pengalaman tes TOEFL, boleh dibagi di kolom komentar, ya.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

15 Comments

  1. Asyik juga belajar toefl langsung nonton film pake subtitle bahasa aslinya. Tapi waktu tes sering melet gara2 kualitas headset tempat tes hehehe…

  2. Nilai TOEFL ini benar-benar penting loh. Jujur dulu pas mau lulus dan wisuda, wajib lulus tes bahasa ingris dengan skor di atas 400. Sampe uji coba tiga kali baru bisa lulus. Kuncinya tetap sama, belajar dan berdoa.

  3. Terakhir test Toefl 5 th lalu, persyaratan lulus magister..hehe.. Tips2 nya keren Kak.. Kalau aku waktu itu + cari soal2 test toefl di inet. Sangat membantu..

  4. Thank you mas tipsnya! Aku udah sering nonton series dan film pake sub Inggris, tapi emang latihan sesungguhnya ngobrol sama orang asing, biar makin smooth ya.

  5. Bukunya jangan cuma jadi pajangan, kerjakan dong soal-soalnya! <<< Aku merasa tertampar baca ini! Hahahaha Ampuun kakak, tahu aja kalau aku ini sukanya mengoleksi buku bacanya ntar-ntar termasuk buku toefl yang udah bertahun-tahun tidak terjamah dan buku-buku penunjang lainnya. Nanti pasti aku baca buat kejar TOEFL 500. Sip!

  6. masya Allah keren deh mas arip bisa otodidak sampe 600 toefl. Jadi inget dulu sampai les toefl abis kerja, di malam hari. Rasanya belum benar menguasai itu reading sama structure. Sekaarang lagi mau perbaiki terus speakingnya nih, coba perbanyak ngobrol sama bule kaya worth it ya/

  7. Punya sertifikat TOEFL dengan skor diatas 500 itu sesuatu banget. Menjadi salah satu surat sakti untuk bisa tembus program apa saja yg membutuhkan sertifikat TOEFL sebagai syarat utamanya. Kebetulan saya tahun depan ada target mau ambil beasiswa S2 dengan LPDP, semoga tips ini bisa saya praktikan biar nilai TOEFL saya memenuhi persyaratan. Thank you tipsnya kak

  8. aaakkkk aku ngerasain banget gimana latihan toefl, rajin tes terus sampe tiap ambil prediction tes 3x, score nya terus naik, emang sih rajin belajar dan latihan soal adalah koentji! Dari semua section toefl aku jadi paham perlu banget upgrade structure dan written expression nih biar bisa capai 600an

  9. Terakhir Toefl saya hanya 390 itu waktu kuliah dan sejak itu gak pernah tes lagi. Sekarang semakin banyak pilihan untuk belajar bahasa inggris. Saya sendiri bermaslaah dengan listening. Skarang saya lebih sering mendengar video berbahasa inggris, seperti nonton film atau tuturial berbahasa inggris tanpa teks.

  10. Belajar bahasa memang perlu proses panjang untuk menguasai ya. Harus rajin berlatih dan konsisten. Makasih tipsnya, beberapa hal di atas juga aku terapkan saat belajar bahasa Inggris.

  11. Wahh pas ini, lagi butuh banget, hehehe
    Setujuu, kl toefl gini memang harus belajar mandiri yaa, kalau nggak ya sama dengan

  12. Tiba2 aku jadi inget tes toefl terakhirku bulan juli kemarin. Infonya mendadak h-2, br sempat belajar h-1 itupun lbh ke grammar karena kelemahanku di sana. Eh pas hari h tes toefl aku sedih karena kehabisan waktu di reading. Padahal nilaiku besar di sana. Karena tes nya online, jadi ga bisa milih halaman mana yg tema ceritanya paling familiar. Aku menghabiskan banyak waktu di tema astronomi dan seni. Eh bacaan terakhir malah tema kesehatan yg sesuai dg background pendidikanku cm. Cm smpt ngerjain 3 soal di tema kesehatan. Nangis beneran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *