Urutan Menonton Anime Psycho-Pass

Psycho-Pass adalah salah satu anime paling psikologis. Ini adalah anime cyberpunk, yang memberikan beragam tema untuk dijelajahi.

Mengingat latar distopianya, Psycho-Pass menimbulkan banyak pertanyaan filosofis, sangat cocok untuk tema tersebut. Adegan aksi yang intens dan cerita berjalan dengan sangat baik dengan animasi yang brilian. Sehingga tidak ada momen yang membosankan dalam anime ini.

Meskipun kontennya tidak banyak dibandingkan dengan anime mainstream lainnya, ada beberapa ekstensi dalam bentuk film yang mungkin membingungkan beberapa pemirsa baru.

Kita juga bisa menyaksikan beberapa pengembangan karakter yang sangat bagus dan karakter pendukung yang sama-sama menariknya.

Urutan Rilis Anime Psycho-Pass

Psycho-Pass adalah serial televisi anime cyberpunk Jepang yang diproduksi oleh Production I.G. Itu disutradarai oleh Naoyoshi Shiotani dan Katsuyuki Motohiro dan ditulis oleh Gen Urobuchi, dengan desain karakter oleh Akira Amano dan menampilkan musik oleh Yugo Kanno.

Psycho-Pass membawa kita ke era masa depan Jepang di abad ke-22. Setiap warga mengikuti sistem yang dikenal sebagai Sistem Sibyl yang didirikan oleh Biro Keamanan Publik untuk mengelola tingkat kejahatan di Jepang.

Berikut urutan rilis anime Psycho-Pass untuk ditonton.

1. Psycho-Pass (2012)

Psycho-Pass (2012)
  • Episode: 22
  • Tayang: Fall 2012

Sinopsis Psycho-Pass

Keadilan, dan penegakannya, telah berubah. Pada abad ke-22, Jepang memberlakukan Sistem Sibyl, sarana objektif untuk menentukan tingkat ancaman setiap warga negara dengan memeriksa kondisi mental mereka untuk tanda-tanda niat kriminal, yang dikenal sebagai Psycho-Pass.

Inspektur menegakkan hukum dengan menundukkan, seringkali dengan kekuatan mematikan, siapa pun yang punya niat buruk walau cuma sediki. Di samping mereka ada Enforcer, yang awalnya Inspektur tapi telah melewati batas jadi kriminal laten, sehingga diberikan kebebasan relatif sebagai imbalan untuk melakukan pekerjaan kotor Inspektur.

Ke dunia inilah langkah Akane Tsunemori, seorang gadis muda dengan keinginan jujur untuk menegakkan keadilan. Namun, saat dia bekerja bersama Enforcer veteran Shinya Kougami, dia segera mengetahui bahwa penilaian Sistem Sibyl tidak sesempurna yang diasumsikan.

Dengan semua yang dia ketahui, Akane bergulat dengan pertanyaan tentang apa sebenarnya keadilan itu, dan apakah keadilan itu dapat ditegakkan melalui penggunaan sistem yang mungkin sudah korup.

2. Psycho-Pass 2 (2014)

Psycho-Pass 2 (2014)
  • Episode: 11
  • Tayang: Fall 2014

Sinopsis Psycho-Pass 2

Satu setengah tahun setelah peristiwa di musim pertama, Akane Tsunemori melanjutkan pekerjaannya sebagai inspektur, menegakkan penilaian Sibyl System.

Bergabung dengannya adalah penegak baru dan inspektur junior Mika Shimotsuki, seorang gadis muda yang setia secara membabi buta kepada Sybil dan tidak fleksibel. Saat Akane merenungkan sifat pekerjaannya dan legitimasi putusan Sibyl, ancaman baru yang mengganggu muncul.

Sosok misterius telah menemukan cara untuk mengendalikan Crime Coefficient, indeks yang muncul dari pemindaian mental yang memungkinkan Sibyl mengukur kesehatan psikologis dan mengidentifikasi penjahat potensial. Melalui cara ini, ia mampu membunuh seorang penegak hukum, meninggalkan petunjuk samar: goresan darah bertuliskan “WC?” di dinding.

Akane dan seluruh Divisi 1 harus memainkan permainan mematikan melawan musuh baru mereka, berhadapan langsung dengan konspirasi yang mengancam tidak hanya otoritas Sistem Sibyl, tetapi juga fondasi keyakinan Akane sendiri.

3. Psycho-Pass Movie (2015)

Psycho-Pass Movie (2015)
  • Episode: 1 Film
  • Tayang: 2015

Sinopsis Psycho-Pass Movie

Karena kesuksesan Sistem Sibyl yang luar biasa, Jepang mulai mengekspor teknologinya ke negara lain dengan harapan suatu hari nanti akan digunakan di seluruh dunia.

Untuk menguji keefektifannya di lokasi asing, negara bagian South East Asian Union (SEAUn) yang dilanda perang memutuskan untuk menerapkan sistem tersebut, dengan harapan dapat membawa perdamaian dan stabilitas ke kota Shambala Float dan menjaga populasi tetap terkendali.

Namun, sekelompok teroris anti-Sibyl tiba di Jepang, dan Biro Keamanan Publik Kementerian Kesejahteraan menemukan bukti signifikan bahwa para gerilyawan dibantu oleh Shinya Kougami, mantan Enforcer yang menjadi teroris.

Karena hubungan masa lalu mereka, Akane Tsunemori dikirim ke SEAUn untuk membawanya kembali. Tetapi dengan pertemuan terakhir mereka di masa lalu, reuni mereka mungkin tidak berjalan sesuai rencana.

4. Psycho-Pass Sinners of the System Case 1: Tsumi to Bachi (2019)

Psycho-Pass Sinners of the System Case 1: Tsumi to Bachi (2019)
  • Episode: 1
  • Tayang: Fall 2014

Sinopsis Psycho-Pass Sinners of the System Case 1: Tsumi to Bachi

Sebuah kendaraan melarikan diri yang dikendarai oleh Izumi Yasaka, dalam perjalanan ke gedung Biro Keamanan Publik, dilaporkan sesaat sebelum menabrak gedung. Izumi adalah seorang konselor yang baru-baru ini melarikan diri saat bekerja di fasilitas isolasi dan rehabilitasi kriminal laten yang dikenal sebagai Sanctuary.

Sebelum Inspektur Mika Shimotsuki dan Akane Tsunemori menginterogasi tersangka, sebuah permintaan tiba-tiba dikeluarkan dari fasilitas untuk segera membawa Izumi kembali.

Diartikan sebagai perintah langsung dari Kepala dan dewan di Sanctuary, Inspektur mematuhi, tetapi bersikeras agar Izumi dikawal kembali secara pribadi. Tsunemori bermaksud untuk menyelidiki lebih lanjut dengan anggota tim lainnya di Biro.

Sekarang Inspektur Shimotsuki akhirnya diberi kesempatan yang telah dia tunggu-tunggu, untuk menjadi penyelidik utama dalam sebuah kasus penting. Kasus ini mengikuti Shimotsuki dan tim Enforcer-nya saat mereka mengungkap rahasia Sanctuary.

5. Psycho-Pass Sinners of the System Case 2: First Guardian (2019)

Psycho-Pass Sinners of the System Case 2: First Guardian (2019)
  • Episode: 1
  • Tayang: Fall 2014

Sinopsis Psycho-Pass Sinners of the System Case 2: First Guardian

Enforcer Teppei Sugou, mantan pilot andalan Satgas Terpadu ke-15 Tentara Nasional Pertahanan, dikunjungi oleh seorang agen dari Kementerian Luar Negeri dan diundang untuk bergabung kembali dengan militer.

Sambil mempertimbangkan tawaran itu, dia mengingat bulan-bulan terakhir pelayanan militernya.

Misi terakhirnya, Operation Foot Stamp, adalah serangan militer yang sangat rahasia terhadap Uni Asia Tenggara. Operasi dengan cepat menuju ke selatan untuk pasukan darat, dan pesawat tak berawak First Guardian Sugou diperintahkan sebagai dukungan udara untuk menjatuhkan pasokan darurat untuk unit darat dan kemudian kembali ke pangkalan.

Mengikuti perintah yang bertentangan dengan penilaiannya sendiri, Sugou meninggalkan rekan-rekannya di lapangan.

Banyak nyawa hilang selama operasi, termasuk Itsuki Otomo, komandan Sugou. Namun, tiga bulan kemudian, setelah pembantaian di Kementerian Pertahanan, Otomo terlihat di tempat kejadian di depan kamera.

Sekarang tersangka dalam aksi terorisme, Sugou bekerja sama dengan Penegak Tomomi Masaoka dan CID Divisi Satu saat mereka memburu mantan mentornya.

6. Psycho-Pass Sinners of the System Case 3: Onshuu no Kanatai ni (2019)

Psycho-Pass Sinners of the System Case 3: Onshuu no Kanatai ni (2019)
  • Episode: 1
  • Tayang: Fall 2014

Sinopsis Psycho-Pass Sinners of the System Case 3: Onshuu no Kanatai ni

Shinya Kougami terus mengembara di Southeast Asian Union (SEAUn), jauh dari pengawasan Sistem Sibyl di Jepang. Saat melalui Kerajaan Aliansi Tibet-Himalaya, Kougami bertemu Guillermo Garcia. Ia adalah komandan kelompok paramiliter yang berusaha menyatukan faksi-faksi lokal dan membawa perdamaian ke negara yang dilanda perang.

Karena tidak mau ikut-ikutan kelompok tentara bayaran, Kougami menolak untuk bergabung dengan perjuangannya, tetapi setuju untuk dibawa ke ibukota Tibet terdekat oleh salah satu anak buah Garcia.

Namun, rencana Kougami untuk tetap tidak terlibat hanya sementara ketika sebuah bus pengungsi disergap oleh kelompok bersenjata. Di antara mereka adalah seorang gadis setengah Jepang, setengah Tibet bernama Tenzing Wangchuck.

Terkesan dengan kecakapan bertarung Kougami saat dia sendirian mengalahkan para penyerang, Wangchuck memintanya untuk mengajarinya cara bertarung sehingga dia bisa membalas dendam terhadap panglima perang yang membunuh keluarganya.

Kougami awalnya enggan menerima permintaannya, tetapi ia dihadapkan dengan keinginan gadis itu untuk membalas dendam, yang mencerminkan jurang yang menghantui di dalam hati Kougami.

7. Psycho-Pass 3 (2019)

Psycho-Pass 3 (2019)
  • Episode: 8
  • Tayang: Fall 2019

Sinopsis Psycho-Pass 3

Berkat Sistem Sibyl, kondisi mental masyarakat sekarang dapat diukur dalam skala numerik. Dengan menggunakan Crime Coefficient ini, pelakunya dapat ditangkap sebelum mereka melakukan kejahatan. Tapi apakah ini sistem yang sempurna?

Bagi Inspektur Kei Mikhail Ignatov dan Arata Shindou, itu masih harus dipelajari, karena karir mereka dengan Departemen Investigasi Kejahatan Biro Keamanan Publik baru saja dimulai.

Shindou dan Ignatov ditugaskan untuk menyelidiki kecelakaan kapal yang membawa imigran, tetapi mereka mulai curiga bahwa itu bukan kecelakaan belaka.

Sementara itu, kelompok misterius bernama Bifrost sedang mengamati mereka dari bayang-bayang, tetapi mereka bukan satu-satunya yang tertarik pada dua Inspektur baru.

8. Psycho-Pass 3: First Inspector (2020)

Psycho-Pass 3: First Inspector (2020)
  • Episode: 1 Film
  • Tayang: 2020

Sinopsis Psycho-Pass 3: First Inspector

Inspektur Arata Shindou dan Mikhail Kei Ignatov telah mengungkap konspirasi berbahaya. Sistem Sybil, hakim tertinggi manusia di Jepang, sedang dirusak oleh sindikat kriminal yang mengumpulkan kekayaan dan kekuasaan dalam bayang-bayang.

Sekarang, agen Bifrost Kouichi Azusawa meluncurkan serangan langsung ke Departemen Investigasi Kriminal dengan menduduki markasnya dan menyandera Inspektur Shindou dan semua orang bersamanya.

Supervisor CID Unit 1, bersama dengan Kepala Mika Shimotsuki dan mantan anggota unit Shinya Kougami dan Nobuchika Ginoza, menghadapi tugas untuk mereklamasi gedung dan menyelamatkan semua orang di dalamnya.

Di samping situasi penyanderaan dan tuntutan Azusawa untuk pengunduran diri Gubernur Tokyo Karina Komiya, ada plot jahat yang lahir di latar belakang. Ada rencana rahasia yang akan memaksa Inspektur Shindou untuk menghadapi bukan hanya Azusawa tetapi juga masa lalunya sendiri.

Peristiwa ini perlahan membawanya lebih dekat untuk membuka selubung misteri yang telah menghindari dia dan sahabatnya, Ignatov, selama bertahun-tahun.

Tinggalkan komentar