Urutan Menonton Film Rurouni Kenshin (Samurai X)

Bagi penggemar manga dan anime 1990-an, pasti masih ingat dengan tokoh Battousai Si Pembantai, kan? Si samurai jago yang udah tobat, dan hanya akan menghunus katana bilah terbaliknya jika untuk melindungi orang lain.

Rurouni Kenshin: Meiji Swordsman Romantic Story, kadang-kadang juga dikenal sebagai Samurai X, adalah serial manga Jepang ditulis dan diilustrasikan oleh Nobuhiro Wattsuki. Baik serial manga dan kemudian adaptasi animenya mendapat popularitas dan masih dicintai sampai sekarang.

rurouni kenshin live action cast
Cast utama live action Rurouni Kenshin. Foto: oricon.co.jp.

Baru pada 2012, serial ini diangkat jadi film live action. Menghidupkan lagi karakter Kenshin Himura, Kaoru Kamiya, Sanosuke Sagara, Megumi Takani dan Yahiko Myojin. Ditujukan untuk penggemar veteran sekaligus mengenalkan bagi generasi terkini.

Rurouni Kenshin menggunakan simbolisme dan tema sejarah untuk menggambarkan efek dari perang revolusioner pada semua karakternya, yang menampilkan trauma mendalam sekaligus cara berdamai dengan diri sendiri.

Latar Belakang Rurouni Kenshin

Untuk lebih memahami kisah Rurouni Kenshin, penting untuk mengetahui sedikit tentang sejarah Jepang.

Periode Edo adalah ketika Jepang berada di bawah kekuasaan Shogun Tokugawa, yang pada dasarnya kediktatoran. Sebelumnya, ada Era Sengoku saat Jepang terus-menerus terlibat dalam perang saudara, pergolakan sosial, dan intrik politik selama hampir 150 tahun.

kenshin himura
Kenshin Himura (Takeru Satoh). Foto: Netflix.

Di Periode Edo, selain oleh Shogun, Jepang juga dipimpin 300 daimyo atau penguasa feodal. Para daimyo itu, untuk melindungi diri mereka, menyewa samurai, kelas pendekar pedang yang terampil.

| Baca juga: Sejarah, Jenis dan Fungsi Pedang Jepang

Di Periode Edo pula, setelah keterlibatan Barat, kaisar mulai mendapatkan lebih banyak kekuasaan dan menggulingkan Keshogunan untuk membangun demokrasi. Maka dimulailah era Meiji, dan sebagai akibatnya para samurai kehilangan tuan, status, dan senjata mereka. Para samurai tanpa tuan itu kini hidup menggelandang, yang disebut ronin.

Rurouni Kenshin terjadi saat Bakumatsu atau tahun-tahun terakhir periode Edo. Protagonis kita, Kenshin Himura, adalah seorang pembunuh di awal pemerintahan Meiji tapi kemudian tobat dan mencoba untuk menemukan kedamaian dalam era kacau balau ini.

kaoru kamiya emi takei samurai x
Kaoru Kamiya (Emi Takei) dan Yahiko Myojin (Taketo Tanaka).

Kenshin bertemu dengan Kaoru Kamiya dan membantunya saat diserang orang yang mengaku dirinya Battousai si pembantai. Dari sana, Kenshin ditawari tinggal di dojo milik Kaoru.

Dengan dosa masa lalunya yang masih menghantui, Kenshin harus melalui kehidupan barunya, sekaligus menjaga orang-orang yang dicintainya.

Urutan Rilis Film Live Action Rurouni Kenshin

rurouni kenshin film poster watch order
Poster film live action Rurouni Kenshin.

Sebenarnya cukup mudah jika ingin mengikuti petualangan Kenshin Himura. Film live action ini sendiri mengadaptasi cerita asli dari manga dan anime, tapi bagi yang ingin menonton bisa langsung.

Trilogi film pertama, yaitu Rurouni Kenshin (2012), Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno (2014) dan Rurouni Kenshin: The Legend End (2014) berfokus pada perkenalan karakter-karakter utamanya dan bentrok dengan antagonis Shishio.

Sementara dua film yang dirilis tahun 2021 ini, yakni Rurouni Kenshin: The Final dan Rurouni Kenshin: The Beginning, akan menyorot karakter Yukishiro Enishi dan Tomoe.

1. Rurouni Kenshin: Origins (2012)

rurouni kenshin origin

2. Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno (2014)

rurouni kenshin kyoto inferno

3. Rurouni Kenshin: The Legend Ends (2014)

rurouni kenshin the legend end

4. Rurouni Kenshin: The Final (2021)

rurouni kenshin the final

5. Rurouni Kenshin: The Beginning (2021)

rurouni kenshin the beginning

4 pemikiran pada “Urutan Menonton Film Rurouni Kenshin (Samurai X)”

      • Walaah ternyata sesuai sama karakter kami semua di kelas wkwk nama kelas ku dulu Kenshin Gakurai. Entahlah aku gak tau artinya apa. Dulu karena aku gak terlalalu sayang sama kelasnya termasuk temen-temennya wkkw jadi aku bersikap bodo amat *jadi curhat

        Balas
  1. Ih aku pernah nonton yang serial ke-2 Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno, ternyata ada serial lainnya juga yaa.. Seru banget ceritanya ini, actionnya goodd banget

    Balas

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang.