Urutan Menonton Film X-Men

Jauh sebelum eksisnya Marvel Cinematic Universe, X-Men yang termasuk Marvel sudah memulainya sejak dua dekade lalu dengan rilis film X-Men pada tahun 2000.

Meski secara teknis telah dipungkas dengan Dark Phoenix pada 2019, satu-satunya hal yang benar-benar berakhir adalah keterlibatan 20th Century Fox sebagai studio produksi yang telah menggarap waralaba mutan populer ini.

Marvel kini memperoleh hak cipta untuk X-Men, dan Kevin Feige sebagai pemangku Marvel Studios akan me-reboot dan punya rencana masa depan untuk memasukan seri ini ke Marvel Cinematic Universe.

X-Men Movies: Best Watch Order
Preview beragam film X-Men yang sudah tayang. Foto: Den of Geek.

Kita mungkin bisa melihat penambahan para mutan ke MCU, meski belum jelas bagaimana cara kerja nantinya, apa akan dirombak ulang atau tetap mempertahankan cerita lama.

Namun untuk membantu kamu yang ingin mempersiapkan diri, saya menyisir semua film X-Men untuk mencari cara terbaik untuk menonton film yang sudah ada sejak lama ini. Penjelasan saya ini bebas dari spoiler.

Serial Film X-Men

serial film x men marvel

X-Men adalah serial film superhero berfokus pada tim mutan yang punya kekuatan super, yang awalnya muncul dalam serial komik yang dibuat oleh Stan Lee dan Jack Kirby dan diterbitkan oleh Marvel Comics.

Telah ada tiga belas film yang sudah dirilis, film seri X-Men adalah salah satu serial film terlaris dengan meraup lebih dari $6 miliar di seluruh dunia.

Pada Maret 2019, Marvel Studios memperoleh hak film untuk X-Men setelah Disney mengakuisisi 21st Century Fox.

Pada Oktober 2020, film-film dalam seri X-Men, bersama dengan film Fantastic Four, mendapat branding ulang dengan nama Marvel Legacy Movies di Disney+.

Urutan Rilis Film X-Men

Ini merupakan urutan film X-Men berdasarkan tahun rilisnya. Saya akan menjelaskan secara ringkas tiap judulnya.

1. X-Men (2000)

X-Men (2000)

Film pertama yang hadir. Dibintangi Patrick Stewart sebagai Profesor X dan Ian McKellan sebagai Magneto. Kedua orang yang sudah berteman lama ini berada di pihak yang berlawanan dalam perdebatan tentang Mutant Registration Act, undang-undang yang mengharuskan semua mutan untuk mengungkapkan diri dan menambahkan nama mereka ke database pemerintah.

Magneto ingin mengubah para pemimpin dunia menjadi mutan menggunakan mesin, bersama dengan kekuatan mutan muda bernama Rogue, tetapi tanpa sepengetahuannya, mesin itu membunuh siapa pun yang berubah.

2. X2: X-Men United (2003)

X2 (2003)

Mutan bernama Nightcrawler melakukan percobaaa pembunuhan pada Presiden AS. Menggunakan alasan ini, Kolonel William Stryker jadi punya kesempatan untuk menyelidiki sekolah Xavier karena hubungannya dengan para mutan.

Stryker memimpin tim untuk menangkap Profesor X dan Cyclops, kemudian terungkap bahwa Stryker yang antri-mutan justru menyalahgunakan kemampuan pengendalian pikiran mutan milik putranya.

3. X-Men: The Last Stand (2006)

X-Men: The Last Stand (2006)

The Last Stand berfokus pada obat untuk genom mutan yang dipasarkan oleh perusahaan yang dikenal sebagai Worthington Labs. Obatnya menciptakan perpecahan langsung dalam populasi mutan, menyebabkan Magneto menciptakan kembali Brotherhood of Mutants.

Sementara itu, Jean Gray tiba-tiba hidup kembali, menyusul pengorbanannya di Danau Alkali di film sebelumnya. Ketika perilakunya mulai mengkhawatirkan Wolverine, Profesor X mengungkapkan kematiannya melepaskan sisi berbahaya dari kepribadiannya yang dikenal sebagai Phoenix.

4. X-Men Origins: Wolverine (2009)

X-Men Origins: Wolverine (2009)

Film ini mencakup kehidupan Wolverine, dari masa kecilnya di tahun 1840-an di Kanada, sebelum dia dan saudaranya Victor Creed terpaksa melarikan diri.

Sebuah montase singkat mengungkapkan mutan-mutan lain, yang hampir tidak bisa dihancurkan, berkat mutasi penyembuhan mereka. Mereka telah bertempur di setiap perang Amerika. Ketika Perang Vietnam, mereka direkrut oleh William Stryker untuk bergabung dengan satuan tugas khusus yang dikenal sebagai Tim X.

5. X-Men: First Class (2011)

X-Men: First Class (2011)

X-Men: First Class adalah cerita asal dari beberapa karakter terpenting di X-Men Cinematic Universe.

Ceritanya mengikuti Charles Xavier dan Erik Lehnsherr yang masih muda, sebelum mereka menjadi Profesor X dan Magneto. Berlatar terutama pada tahun 1962, ketika keduanya membentuk tim mutan untuk menghentikan mutan lain, Sebastian Shaw yang punya kekuatan menyerap energi, yang ingin memicu perang nuklir antara AS dan Uni Soviet.

6. The Wolverine (2013)

The Wolverine (2013)

Film ini menceritakan Wolverine paska peristiwa yang terjadi di akhir film The Last Stand.

Wolverine menjadi pertapa di hutan dan ditemukan oleh Yukio, seorang mutan dengan kekuatan untuk meramalkan kematian siapa pun. Dia meminta Wolverine untuk ikut dengannya ke Jepang untuk bertemu dengan Ichiro Yashida, CEO Yashida Industries, yang dulu diselamatkan Wolverine saat bom atom Nagasaki.

7. X-Men: Days of Future Past (2014)

X-Men: Days of Future Past (2014)

Days of Future Past dimulai di masa depan dystopian tahun 2023, ketika para mutan diburu dan dibunuh oleh robot yang tidak bisa dihancurkan yang dikenal sebagai Sentinel.

Kitty Pryde menggunakan kekuatannya untuk mengirim Wolverine ke tahun 1973 untuk menghentikan pembunuhan penemu Sentinel, Bolivar Trask, yang akan dilakukan oleh mutan Mystique.

8. X-Men: Apocalypse (2016)

x men apocalypse

Apocalypse, yang merupakan mutan pertama di bumi, terbangun pada tahun 1983 dari makamnya di Mesir kuno.

Kedatangan Apocalypse menyebabkan gangguan pada Charles Xavier, dan para X-Men menyadari bahwa mutan itu berniat menghancurkan dunia, dengan bantuan para mutan pengikutnya, yang disebut Four Horseman.

9. Deadpool (2016)

deadpool movie 2016

Ryan Reynold yang merupakan aktor yang menjadi Deadpool secara teknis memulai debutnya di X-Men Origins: Wolverine. Meski Deadpool adalah reboot total, tetapi masih masuk universe X-Men.

Film ini mengikuti tentara bayaran Wade Wilson yang jatuh cinta dengan Vanessa. Tak lama setelah mereka bertunangan, Wade didiagnosis kanker stadium akhir, membawanya untuk memasuki program eksperimental. Ia menerima serum yang membangunkan gen mutan yang sebelumnya tidak aktif.

10. Logan (2017)

logan wolverine x men 2016

Logan adalah film pamungkas untuk Wolverine yang sudah menua. Berlatar pada tahun 2029, Wolverine yang kini menggunakan nama Logan hidup sebagai pengemudi limusin di El Paso versi dystopian.

Faktor penyembuhan mutannya mulai memudar, dan dunia belum pernah melihat mutan lahir dalam 25 tahun terakhir. Meski Logan ingin melanjutkan hidupnya dengan damai, ia tetap merawat Charles Xavier yang berusia 90 tahun. Dan kemudian dipaksa untuk melindungi seorang gadis muda bernama Laura, yang punya kekuatan mutan misterius.

11. Deadpool 2 (2018)

deadpool 2 2018 film

Sekuel ini hadir berkat kesuksesan mengejutkan dari film 2016 sebelumnya.

Deadpool bekerja sama dengan para orang-orang nyentrik dan membentuk X-Force. Mereka mencoba untuk menghentikan Cable, seorang tentara cyborg dari masa depan untuk membunuh seorang mutan muda bernama Russel Collins.

10. Dark Phoenix (2019)

dark phoenix x men film 2019

Film ini mencoba untuk menggambarkan salah satu alur cerita komik X-Men yang paling dicintai yang berpusat pada Jean Grey.

X-Men yang dipuji sebagai pahlawan di seluruh dunia, setelah kemenangan mereka atas Apocalypse delapan tahun sebelumnya, dikirim ke luar angkasa untuk menyelamatkan sekelompok astronot.

Namun kekuatan telepati Jean Gray dikejutkan oleh kekuatan energi misterius yang makin meningkatkan kekuatannya sekaligus membangkitkan kenangan traumatis yang Profesor Xavier tekan dari pikirannya.

11. The New Mutants (2020)

the new mutant 2020

Film ini mengikuti lima mutan remaja yang sedang menjalani perawatan untuk “menyembuhkan” mereka di sebuah rumah sakit jiwa tua yang menyeramkan. The New Mutants pada dasarnya berubah menjadi semacam film horor dari premis tadi.

Urutan Kronologis Film X-Men

Berikut urutan kronologis film X-Men berdasarkan linimasa cerita dan latar waktunya:

  1. X-Men: First Class (2011)
  2. X-Men: Days of Future Past (2014)
  3. X-Men Origins: Wolverine (2009)
  4. X-Men: Apocalypse (2016)
  5. Dark Phoenix (2019)
  6. X-Men (2000)
  7. X2 (2003)
  8. X-Men: The Last Stand (2006)
  9. The Wolverine (2013)
  10. Deadpool (2016)
  11. Deadpool 2 (2018)
  12. The New Mutants (2020)
  13. Logan (2017)

Untuk memudahkan menonton serial film X-Men bisa juga menggunakan kategori fokus cerita ini:

  1. X-Men: Begginings (Prekuel): X-Men: First Class (2011), X-Men: Days of Future Past (2014), X-Men Origins: Wolverine (2009), X-Men: Apocalypse (2016), Dark Phoenix (2019)
  2. Trilogi X-Men Original: X-Men (2000), X2 (2003), X-Men: The Last Stand (2006)
  3. Trilogi Wolverine: X-Men Origins: Wolverine (2009), The Wolverine (2013), Logan (2017)

8 pemikiran pada “Urutan Menonton Film X-Men”

  1. satu satunya x-man yang uda aku tonton di bioskop itu yang apocalyps rif…dulu amoe bergeter gitu soalnya awalannya ada scene mesir mesirnya. Aku takjub ama visualnya yang kayak di depan mata pas pyramidnya itu mau dikubur…tapi adegan ke belakang ntah kenapa boring…hahaha

    Balas
    • Iya ngerasain juga, kayaknya emang yg film2 X-Men keluaran di atas tahun 2010 meski efek visualnya lebih bagus, tapi ceritanya agak ngebosenin. Masih lebih suka trilogi X-Men yg awal, yg dulu nontonnya di Bioskop Trans TV hehe.

      Balas
  2. Dari semua film X-Men itu my favorit one is X Men First Class. Dan yang paling aneh adalah The Wolverine…secara njegleg banget dari sequel X Men sebelumnya.

    Balas
    • Untuk yg First Class saya juga suka soalnya ada tema spionase ala2 Perang Dingin ditambah cerita Profesor X sama Magneto pas masih temenan. Yg Wolverine emang paling aneh, ngelawan robot, ninja sampai Yakuza segala.

      Balas
  3. Menarik sih, menunggu X-Men di MCU. Banyak yang menganggap kalau seluruh film X-Men ini dibiarin jadi universe sendiri dan gak bakal dilanjut di MCU ceritanya. Jadi X-Men di MCU bakalan beda katanya. Will see.

    Saya mau nanya, kalau nonton film yang serinya udah banyak dan kronologi ceritanya tidak beratutan, enakan nontonnya gimana? Apakah nonton sesuai urutan rilis atau urutan kronologis mas?

    Balas
    • Kayaknya emang bakal dirombak total biar bisa masuk MCU, mirip kayak Spiderman lah.

      Kalau saya sendiri lebih ngerekomendasiin nonton sesuai urutan rilis. Kadang kronologis diacak justru buat bikin kita penasaran, kalau ditonton duluan justru malah jadi spoiler.

      Balas

Tinggalkan komentar