Urutan Nonton Anime Full Metal Panic!

Full Metal Panic! merupakan perpaduan sempurna antara aksi dan humor. Serial anime mecha ini menyeimbangkan semuanya dengan sangat baik. Full Metal Panic! bahkan membuat alur cerita tampak ringan, dengan mengemas anime aksi militer dengan balutan komedi romantis sekolah menengah.

Premis dari Full Metal Panic! berkisar pada konspirasi Perang Dunia 3 dan Uni Soviet. Seiring dengan persenjataan berteknologi tinggi dan perang gerilya, yang merupakan sesuatu yang akan dinikmati oleh penggemar mecha juga genre militer.

Baca juga: 10 Anime Mecha 2000-an

Jika kamu adalah salah satu penggemar yang menonton Full Metal Panic! selama masa kecil dan menginginkan ledakan nostalgia, atau siapa saja yang berencana untuk menonton anime mecha ini, maka berikut panduan menonton sesuai urutan ini.

Urutan Rilis Anime Full Metal Panic!

Full Metal Panic! adalah serial anime aksi-komedi yang merupakan adaptasi dari serial novel ringan yang ditulis oleh Shoji Gatoh dan diilustrasikan oleh Shiki Douji.

full metal panic anime

Meski tiap musimnya digarap studio berbeda, tapi untuk cerita tidak terganggu. Favorit saya sendiri adalah Full Metal Panic ketika diproduksi oleh Kyoto Animation.

Berikut merupakan urutan rilis sekaligus urutan kronologis dari Full Metal Panic!

1. Full Metal Panic! (2002)

Full Metal Panic! (2002)
  • Episode: 24
  • Studio: Gonzo
  • Rilis: Winter 2002

Sinopsis Full Metal Panic!

Mithril adalah organisasi militer swasta yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Tujuan Mithril adalah untuk menghapus terorisme dengan dukungan dari para individu yang sangat cerdas yang mampu menciptakan perangkat dan mesin yang kuat.

Sousuke Sagara yang berusia tujuh belas tahun, seorang sersan yang bekerja untuk Mithril, telah ditugaskan untuk melindungi Kaname Chidori.

Sousuke diperintahkan untuk bergabung dengan kelas sekolah menengah Kaname dan berada sedekat mungkin dengannya untuk mencegahnya jatuh ke tangan musuh.

Sousuke, yang dibesarkan di medan perang dan memiliki sedikit pengetahuan tentang gaya hidup rata-rata siswa SMA, harus beradaptasi dengan kehidupan sekolah normal untuk melindungi Kaname.

2. Full Metal Panic? Fumoffu (2003)

Full Metal Panic? Fumoffu (2003)
  • Episode: 12
  • Studio: Kyoto Animation
  • Rilis: Summer 2003

Sinopsis Full Metal Panic? Fumoffu

Berbeda dari musim lainnya, Full Metal Panic? Fumoffu! lebih merupakan komedi slice of life. Meski begitu tetap dianggap sebagai musim kedua, dan ceritanya kanon.

Menggambarkan kehidupan Kaname dan Sousuke saat mereka mencoba menjalani kehidupan sekolah normal meski banyak kekacauan yang mereka sebabkan secara tidak sengaja.

Saat Sousuke terus membawa berbagai macam senjata ke sekolah sebagai sarana untuk memecahkan ancaman, Kaname berjuang untuk memenuhi tugasnya sebagai wakil presiden dewan siswa sambil tetap mengawasinya.

Untuk memastikan misi yang sukses, Sousuke kadang-kadang terpaksa menggunakan kostum maskot taman hiburan terkenal bernama Bonta-kun.

3. Full Metal Panic! The Second Raid (2005)

Full Metal Panic! The Second Raid
  • Episode: 13
  • Studio: Kyoto Animation
  • Rilis: Summer 2005

Sinopsis Full Metal Panic! Second Raid

Setelah mengatasi berbagai peristiwa penuh gejolak, sersan Sousuke Sagara dari Mithril dan Kaname Chidori yang merupakan Whispered kembali ke kehidupan sekolah menengah mereka yang normal.

Sousuke melanjutkan upayanya untuk berasimilasi dengan penduduk sipil dan mengelola misinya pada saat yang sama, sementara Kaname mencoba untuk mendukung usahanya.

Namun, saat kehidupan mereka tampak tenang, masalah baru mulai muncul. Munculnya organisasi teroris independen yang dikenal sebagai Amalgam dan konflik internal di dalam Mithril mengancam.

Model Arm Slave baru yang kuat semakin memperburuk situasi ketika perdamaian dunia dipertaruhkan.

Di saat ini pula Kaname dan Sousuke menghadapi pertempuran batin mereka sendiri di tengah pertarungan yang mengancam jiwa.

4. Full Metal Panic! Invisible Victory (2018)

Full Metal Panic! Invisible Victory (2018)
  • Episode: 12
  • Studio: Xebec
  • Rilis: 2018

Sinopsis Full Metal Panic! Invisible Victory

Kaname dan Sousuke sedang menikmati kehidupan sekolah menengah yang bahagia. Namun, hari-hari damai mereka terganggu oleh organisasi teroris Amalgam yang mengancam.

Leonard Testarossa, anggota organisasi yang memiliki kekuatan “Whispered”, berusaha mendapatkan Kaname dan pengetahuannya.

Pertarungan Kaname dan Sousuke melawan Amalgam dimulai tepat di lingkungan mereka sendiri, yang akhirnya membawa mereka dalam perburuan di seluruh dunia.

Dari tanah eksotis Laos hingga pantai Meksiko yang tandus, Sousuke harus mengumpulkan intelijen untuk menjatuhkan Amalgam.

Sementara itu, kemampuan Kaname tumbuh, tetapi juga rasa frustrasinya saat tekadnya memudar. Terperangkap dalam permainan petak umpet yang intens, serta plot strategis, pasangan ini mencoba untuk terhubung dan mendorong melampaui batas mereka sendiri.

Di Mana Bisa Menonton Full Metal Panic?

Dulu musim pertama Full Metal Panic! pernah tayang di TV 7 (sekarang Trans 7), sedangkan Fumoffu dan Second Raid tayang di ANTV.

Anime Full Metal Panic! sudah tersedia di beberapa layanan streaming, yaitu:

  • Netflix
  • Crunchyroll
  • Funimation
  • Hulu

4 pemikiran pada “Urutan Nonton Anime Full Metal Panic!”

    • Belum ada adaptasi animenya, tapi kalau light novel udah tamat. Kalau jadi anime musim kelima ini bakal jadi final season sih.

      Mungkin karena Studio Xebec bangkrut dan dijual pas tahun 2019 dulu, jadi ga ada lanjutannya. Semoga ada studio yg mau lanjutin, berharap balik lagi sama Kyoto Animation tapi kayaknya kemungkinannya kecil.

      Balas

Tinggalkan komentar