Urutan Nonton Anime Ghost in the Shell

Ghost in the Shell adalah salah satu cerita fiksi ilmiah cyberpunk paling ikonik.

Awalnya merupakan serial manga seinen karya Masamune Shirow. Menceritakan kisah fiksi organisasi kontra-cyberterrorist Public Security Section 9, yang dipimpin oleh protagonis Mayor Motoko Kusanagi, dan berlatar di Jepang pertengahan abad ke-21.

Serial anime ini dimulai pada tahun 1995 berdasarkan manga tahun 1989 dengan nama yang sama. Ghost In The Shell memberikan perspektif baru tentang hubungan antara manusia dan mesin.

Urutan Rilis Anime Ghost in the Shell

Studio animasi Production I.G telah menghasilkan beberapa adaptasi anime dari serial Ghost in the Shell ini.

Dari film 1995 yang ikonik dan sekuelnya, kemudian dilanjut serial televisi tahun 2000-an awal, dan serial Ghost in the Shell: Arise.

Berikut urutan rilis serial Ghost in the Shell:

1. Ghost in the Shell (1995)

Ghost in the Shell (1995)
  • Episode: 1 Film (1 jam 22 menit)
  • Tayang: 18 November 1995

Ghost in the Shell karya Mamoru Oshii ini adalah film pertama yang mengadaptasi manga karya Masumane Shirow.

Memadatkan alur cerita asli, mengurangi relief komik dan konten seksual materi asli demi nada yang lebih serius dan mengubah latar dari Jepang menjadi kota yang meniru model Hong Kong.

Karya seni dalam film animasi diproduksi menggunakan campuran inovatif animasi sel dan efek digital. Ghost in the Shell adalah salah satu film animasi Jepang paling terkenal di dunia, menjadi yang pertama mencapai #1 di daftar video terlaris majalah Billboard, dan juga menjadi inspirasi utama bagi Wachowski bersaudara dalam pembuatan film The Matrix.

2. Ghost in the Shell: Stand Alone Complex (2002)

Ghost in the Shell: Stand Alone Complex (2002)
  • Episode: 26
  • Tayang: Fall 2002

Pemerintah Jepang telah membentuk Section 9, unit polisi yang beroperasi secara independen yang menangani kejahatan yang sangat sensitif berkaitan dengan teknologi dan rekayasa tubuh.

Dipimpin oleh Daisuke Aramaki dan Motoko Kusanagi, Section 9 mengatasi kejahatan semacam itu di seluruh spektrum sosial. Namun, ketika dihadapkan dengan peretas level A baru yang dijuluki “The Laughing Man,” tim tersebut dilemparkan ke dalam permainan kucing dan tikus yang berbahaya.

3. Ghost in the Shell: Stand Alone Complex 2nd GIG (2004)

Ghost in the Shell: Stand Alone Complex 2nd GIG (2004)
  • Episode: 26
  • Tayang: Winter 2004

Menyusul penutupan kasus “Laughing Man”, Section 9 dibentuk kembali oleh Perdana Menteri Jepang yang baru terpilih, Youko Kayabuki, untuk memerangi ancaman terorisme dunia maya yang terus-menerus.

Sebuah kelompok yang menamakan diri mereka “The Individual Eleven” telah mulai melakukan aksi teror di seluruh Jepang. Sementara Motoko Kusanagi, Daisuke Aramaki, Batou, dan anggota lain dari Section 9 menyelidiki ancaman baru ini, pemerintah Jepang menghadapi krisis terpisah, ketika pengungsi asing yang mengungsi akibat Perang Dunia Ketiga mencari suaka di Jepang.

Tetapi ketika anggota tim operasi khusus terus-menerus menghadapi Gouda Kazundo, anggota terkemuka dari Badan Intelijen Kabinet, dalam perburuan mereka, mereka mulai curiga bahwa dia mungkin terlibat, dan bahwa peristiwa krisis pengungsi dan The Individual Eleven mungkin berkaitan.

4. Ghost in the Shell 2: Innocence (2004)

Ghost in the Shell 2: Innocence (2004)
  • Episode: 1 Film (1 jam 39 menit)
  • Tayang: 6 Maret 2004

Sekuel langsung untuk film anime 1995.

Dengan hilangnya Mayor Motoko Kusanagi, Batou dari Section 9 ditugaskan untuk menyelidiki serangkaian pembunuhan mengerikan, tampaknya dilakukan oleh gynoid atau robot seks yang error.

Tapi ketika gynoid yang rusak meninggalkan Batou pesan samar, dia mulai mempertanyakan penyebab malfungsi mereka. Kecurigaan pembunuhan bermotif politik dan “ghost” ilegal dengan cepat muncul, menarik Batou dan rekannya Togusa ke dalam jaringan konspirasi yang berbahaya.

Saat penyelidikan mereka berlanjut, garis antara manusia dan mesin terus kabur, dan realitas serta persepsi menjadi tidak dapat dibedakan. Menghadapi musuh yang aneh dan berbahaya, Batou dan Togusa menjelajahi dunia futuristik yang penuh dengan mesin dan boneka hidup tetapi sama sekali tidak memiliki kemanusiaan.

Ghost in the Shell 2: Innocence dinominasikan untuk Palme d’Or di Festival Film Cannes pada tahun 2004, dan sejauh ini merupakan satu-satunya anime yang dinominasikan untuk penghargaan bergengsi ini.

5. Ghost in the Shell: Stand Alone Complex – Solid State Society (2006)

Ghost in the Shell: Stand Alone Complex – Solid State Society (2006)
  • Episode: 1 Film (1 jam 48 menit)
  • Tayang: 1 September 2006

Berlatar tahun 2034, sudah dua tahun sejak Motoko Kusanagi meninggalkan Section 9.

Togusa sekarang adalah pemimpin baru tim, yang telah meningkatkan personel yang ditunjuk secara signifikan. Section 9 baru yang diperluas menghadapi serangkaian insiden rumit, dan penyelidikan mengungkapkan bahwa peretas bernama Puppeteer berada di balik seluruh rangkaian peristiwa.

Di tengah semua itu, Batou yang sedang menguntit kasus ini di jalur yang terpisah, bertemu dengan Motoko. Dia pergi setelah berkata, “Jauhi Solid State Society.”

Serangkaian insiden menarik yang dihadapi Section 9 secara bertahap terhubung hampir secara artistik.

6. Ghost in the Shell 2.0 (2008)

Ghost in the Shell 2.0 (2008)
  • Episode: 1 Film (1 jam 23 menit)
  • Tayang: 12 Juli 2008

Ghost in the Shell pertama dari Mamoru Oshii kembali ke lima bioskop Jepang dalam edisi Ghost in the Shell 2.0.

Edisi baru akan mencakup grafik komputer dan efek digital baru untuk beberapa adegan dan reuni sebagian besar pemeran anggota untuk rekaman suara surround 6.1 baru.

Mixer/editor pemenang Academy-Award, Randy Thom (Ghost in the Shell 2: Innocence, The Incredibles, The Right Stuff) telah mengawasi soundtrack baru dengan musik asli Kenji Kawai dan campuran terakhir yang telah diproduksi di Thom dan Lucas Digital. Studio Suara Skywalker di California.

7. Ghost in the Shell: Arise – Border 1: Ghost Pain (2013)

Ghost in the Shell: Arise - Border 1: Ghost Pain (2013)
  • Episode: 1 Film (58 menit)
  • Tayang: 22 Juni 2013

Berlatar pada tahun 2027, satu tahun setelah berakhirnya perang non-nuklir keempat. New Port City masih belum pulih dari akibat perang ketika mengalami pengeboman yang disebabkan oleh ranjau self-propelled. Kemudian, seorang anggota militer yang terlibat dalam suap perdagangan senjata ditembak mati.

Selama penyelidikan, Daisuke Aramaki dari Bagian Keamanan Publik bertemu dengan Motoko Kusanagi, peretas cyborg yang ditugaskan di Unit Rahasia ke-501 militer.

Batou, seorang pria dengan “mata yang tidak bisa tidur”, menduga bahwa Kusanagi adalah dalang di balik pengeboman tersebut. Detektif Polisi Prefektur Niihama, Togusa, sedang mengejar kasus gandanya sendiri, yaitu pembunuhan menembak dan pembunuhan seorang pelacur. Motoko sendiri sedang diawasi oleh kepala Unit Rahasia 501, Kurutsu dan agen cyborg.

8. Ghost in the Shell: Arise – Border 2: Ghost Whispers (2013)

Ghost in the Shell: Arise - Border 2: Ghost Whispers (2013)
  • Episode: 1 (56 menit)
  • Tayang: 30 November 2013

Terbebas dari tanggung jawabnya dengan Organisasi 501, Motoko Kusanagi sekarang harus belajar bagaimana menerima perintah dari Aramaki. Seseorang meretas Logicoma, dan Batou meminta bantuan mantan perwira intelijen tentara Ishikawa dan mantan ahli artileri udara Borma.

Kusanagi juga berusaha untuk mendaftarkan penembak jitu Saito dan polisi yang menyamar Paz ke dalam Section 9. Kedua kelompok itu saling bersaing dalam kasus yang melibatkan seorang pria yang menerima ingatan palsu tentang operasi transportasi pengungsi.

9. Ghost in the Shell: Arise – Border 3: Ghost Tears (2014)

Ghost in the Shell: Arise - Border 3: Ghost Tears (2014)
  • Episode: 1 Film (58 menit)
  • Tayang: 28 Juni 2014

Motoko dan Batou berusaha menghentikan organisasi teroris yang berlambang Scylla. Sementara itu, Togusa menyelidiki pembunuhan seorang pria yang memiliki kaki palsu yang diproduksi oleh perusahaan Mermaid’s Leg.

10. Ghost in the Shell: Arise – Border 4: Ghost Stands alone (2014)

Ghost in the Shell: Arise - Border 4: Ghost Stands alone (2014)
  • Episode: 1 Film (59 menit)
  • Tayang: 6 September 2014

Berlangsung di tengah tanda-tanda rekonstruksi pascaperang di musim dingin 2028. Ketegangan meningkat di New Port City karena demonstrasi diadakan tentang kepentingan kartel asing. Ini mengarah pada insiden penembakan yang melibatkan polisi anti huru hara.

Semuanya dimulai dengan infeksi otak siber yang dikeluarkan oleh teroris “Fire Starter.” Unit ofensif independen yang dipimpin oleh Motoko Kusanagi mempercayakan penindasan situasi kepada hantu mereka dan bertujuan untuk keadilan mereka sendiri.

Di bawah permukaan insiden itu, ada Emma dan Burinda Junior. Saat Kusanagi menangani insiden itu, dia mendekati apa yang dicari kedua ghost itu.

11. Ghost in the Shell: The New Movie (2015)

Ghost in the Shell: The New Movie (2015)
  • Episode: 1 Film (1 jam 40 menit)
  • Tayang: 20 Juni 2015

Pada tahun 2027, setahun setelah berakhirnya Perang Dunia IV non-nuklir, sebuah bom meledak di Newport City, menewaskan seorang pedagang senjata utama yang mungkin memiliki hubungan dengan Organisasi 501 yang misterius.

Pejabat Keamanan Publik Daisuke Aramaki mempekerjakan pengguna prostesis dunia maya seluruh tubuh dan peretas luar biasa, Motoko Kusanagi, untuk menyelidikinya.

12. Ghost in the Shell: SAC_2045

Ghost in the Shell: SAC_2045
  • Episode: 12
  • Tayang: Spring 2020

Ghost in the Shell yang dianimasikan penuh dengan CGI. Menceritakan awal-awal misi Section 9.

Rekomendasi Urutan Menonton Ghost in the Shell

Setelah melihat urutan rilis di atas, jika dikelompokkan Ghost in the Shell adalah kompilasi dari empat alur cerita yang berbeda.

  • Ghost in the Shell (Movies)
  • Ghost in the Shell: Stand Alone Complex
  • Ghost in the Shell: Arise
  • Ghost in the Shell: SAC_2045

Semua ini menceritakan kisah-kisah yang terpisah dan tidak memiliki korelasi apapun dalam hal kronologis cerita.

Secara teori, semuanya dapat dilihat dalam urutan apa pun, tetapi film aslinya tahun 1995 saya rekomendasikan untuk ditonton pertama kali.

Tinggalkan komentar