Urutan Menonton The Hobbit dan The Lord of the Rings

The Lord of the Rings adalah sebuah novel epik fantasi oleh penulis dan sarjana Inggris J. R. R. Tolkien. Berlatar di Middle-earth, sebuah tempat seperti Bumi abad pertengahan dengan beragam elemen fantasi.

Cerita dimulai sebagai sekuel dari buku anak-anak Tolkien, The Hobbit, tetapi akhirnya berkembang menjadi karya yang jauh lebih besar. Ditulis secara bertahap antara tahun 1937 dan 1949, The Lord of the Rings adalah salah satu buku terlaris yang pernah ditulis.

Di awal tahun 2000-an, novel The Lord of the Rings diadaptasi menjadi film trilogi yang disutradarai Peter Jackson, dan menjadi film yang dipuji kritikus sekaligus sukses secara komersil. Selanjutnya pada tahun 2010-an The Hobbit juga mendapat adaptasi film.

Urutan Rilis Film The Lord of the Rings

Sudah hampir 20 tahun sejak trilogi film The Lord of the Rings pemenang penghargaan Oscar yang menampilkan Elijah Wood, Ian McKellen, dan Liv Tyler pertama kali debut pada tahun 2001.

Menonton berdasarkan urutan rilis filmnya mungkin yang paling mudah dan paling nyaman untuk diikuti. Meski The Hobbit adalah kisah awalnya, tapi menonton The Lord of the Rings tidak akan mengganggu kenikmatan menonton The Hobbit, malah akan menciptakan misteri yang menarik.

Berikut urutan rilis film The Lord of the Rings dan The Hobbit, serta alur cerita yang saya bahas dengan spoiler seminimal mungkin:

1. The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring (2001)

The Lord of the Rings: Fellowship of the Ring (2001)

The Fellowship of the Ring adalah pengantar yang sangat bagus untuk Middle-earth, Hobbit, Elf, Shire dan yang paling penting soal sejarah The One Ring.

Dalam film ini, Frodo dan teman-temannya: Aragorn, Boromir, Legolas, Gimli, Gandalf, Merry (Meriadoc), Pippin (Peregrin) dan Sam (Samwise) membawa cincin dan memulai perjalanan mereka ke Mordor, untuk melemparkan cincin itu ke dalam kawah untuk menghancurkannya.

Dalam perjalanan, mereka dikuntit dan dikejar oleh pasukan Sauron yang menakutkan Nazgul dan Saruman dari Orc dan Uruk-hai. Juga timbul konflik internal di antara mereka sendiri.

2. The Lord of the Rings: The Two Towers (2002)

The Lord of the Rings: The Two Towers (2002)

Kelompok terpecah pada akhir The Fellowship of the Ring, sehingga Frodo dan Sam melanjutkan misi untuk menghancurkan cincin itu tanpa yang lain. Dalam perjalanan ini mereka bertemu Gollum yang misterius.

Sementara Aragorn, Legolas dan Gimli berangkat mencari Merry dan Pippin yang ditangkap oleh pasukan Orc. Mereka bertemu dengan orang-orang Rohan, yang kotanya berada dalam kepungan musuh.

Kita juga diperkenalkan dengan Ent, pohon yang hidup ratusan tahun, yang membutuhkan waktu lama untuk mengatakan apa pun. Juga Faramir, saudara laki-laki Boromir.

3. The Lord of the Rings: Return of the King (2003)

The Lord of the Rings: Return of the King (2003)

Perjalanan berbahaya Sam dan Frodo makin menyusahkan akibat kelicikan Gollum, tetapi apa pun rintangan yang menghalangi mereka, mereka harus menghancurkan cincin itu ke dalam api Gunung Doom.

Anggota kelompok lainnya, sekarang bergabung dengan kekuatan Rohan, terlibat dalam perang dengan kekuatan gelap Middle-earth untuk menyelamatkan Gondor. Kerajaan tersebut juga menyimpan pejabatnya yang gila kekuasaan yang justru mempercepat hancurnya Gondor dari dalam.

4. The Hobbit: An Unexpected Journey (2012)

The Hobbit: An Unexpected Journey (2012)

Cerita dimulai dengan Bilbo menceritakan petualangannya ke Frodo. Kita diperkenalkan pada saat Bilbo dilibatkan dalam petualangan oleh penyihir Gandalf dan sekelompok dwarf yang ingin merebut kembali kota mereka yang hilang di Lonely Mountain yang penuh dengan harta karun dan saat ini menjadi rumah bagi naga Smaug.

Bilbo pertama kali mendapatkan One Ring di film ini setelah bermain teka-teki dengan Gollum.

5. The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013)

The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013)

Bilbo, para dwarf yang dipimpin oleh Thorin, dan Gandalf melanjutkan misi mereka untuk merebut kembali kota. Mereka berhasil melewati Misty Mountain, dan sekarang harus melintasi Mirkwood Forest, yang makin penuh bahaya karena tanpa Gandalf.

Begitu mereka sampai di gunung, Bilbo ditunjuk harus menemukan Pintu Rahasia dan mencuri kembali Arkenstone berharga yang dipuja para kurcaci sebagai kunci kekuatan mereka dan mengambil kembali kendali atas kota mereka.

6. The Hobbit: The Battle of the Five Armies (2014)

The Hobbit: The Battle of the Five Armies (2014)

Bilbo dan rekan-rekannya terlibat dalam perang, naga telah meninggalkan Lonely Mountain dan penduduk Lake-town berada di bawah ancaman.

Orc, kurcaci, elf, manusia, dan bahkan elang raksasa sedang bersiap untuk perang sementara Bilbo berhadapan dengan Thorin yang gila kekuasaan.

Urutan Kronologis The Hobbit dan The Lord of the Rings

Meski beberapa adegan dalam Fellowship of the Ring terjadi pada tahun-tahun sebelum film Hobbit pertama, sebagian besar berlatar waktu sesudahnya.

Ini berlatar dalam waktu setelah ulang tahun ke-111 Bilbo. Demikian pula, meski cerita-cerita Hobbit kemudian ditulis oleh Bilbo yang lebih tua, cerita itu sendiri terjadi ketika Bilbo masih muda.

Berikut urutan kronologis The Hobbit dan The Lord of the Rings:

  1. The Hobbit: An Unexpected Journey (2012)
  2. The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013)
  3. The Hobbit: The Battle of the Five Armies (2014)
  4. The Lord of the Rings: Fellowship of the Ring (2001)
  5. The Lord of the Rings: The Two Towers (2002)
  6. The Lord of the Rings: Return of the King (2003)

Di Mana Tempat Menonton Film The Lord of the Rings dan The Hobbits?

Dianggap film klasik modern, penggemar terus menonton serial ini setiap tahun. Bahkan, sebuah polling yang dirilis pada tahun 2019 menemukan bahwa The Lord of the Rings sekarang bahkan lebih populer daripada Star Wars!

Baca juga: Urutan Menonton Star Wars

Jadi di mana kita bisa menonton The Lord Of The Rings dan The Hobbits?

  • Bioskop Trans TV – gratis tapi jadwal tergantung kebijakan stasiun televisinya.
  • Amazon Prime Video
  • HBO Max
  • Hulu

Kenapa Lord of the Rings tidak ditayangkan di Netflix dan Disney+? Dulu LOTR pernah tersedia di Netflix. Sayangnya LOTR dimiliki oleh Warner Media, yang juga memiliki layanan streaming HBO Max.

Benarkah The Lord of the Rings Akan Dapat Adaptasi Anime?

Amazon Prime sudah mengumumkan The Lord of the Rings: The War of the Rohirrim dalam bentuk teaser. Serial ini belum memiliki tanggal rilis pasti. Kemungkinan akan rilis tahun 2022.

Apakah kamu penggemar lama The Lord of the Rings? Urutan mana yang kamu ikuti, atau mungkin punya rekomendasi urutan sendiri? Tinggalkan komentar di bawah bagi yang ingin berbagi pengalamannya soal serial epik fantasi ini.

15 pemikiran pada “Urutan Menonton The Hobbit dan The Lord of the Rings”

    • Kalau novelnya, saya baru baca The Hobbit. Meski labelnya bacaan anak, tapi tetap memikat buat segala usia.

      Emang paling suka soal pembangunan dunianya, bisa detail banget, dan banyak elemen fantasi ciptaan Tolkien ini yg terus jadi bahan inspirasi karya kekinian.

      Balas
  1. ADUH STOP DEH!!! AKU INI PENGGILA LOTR KAK! aku ini Tolkienism, hihihihi

    pasti kaget sama komen aku ya, hehehe. maaf. speechless deh aku tiap ada yang bahas LOTR. aku penggila sejati, compare to HP aku pilih LOTR. Novel, buku biography sampai film dan poster aku koleksi. Tolkien buatku jenius banget, bisa bikin dunia sendiri dengan bahasa elf yang bahkan jadi salah satu mata kuliah bahasa di universitas. paling favorite off coourse The Return of the King, the main battle yang aduh mas peter jack cerdas sekali bikin scene battle yang apik yang bikin gak bosen nontonnya.

    btw denger gosip katanya mau ada serialnya LOTR, aku sih pengen tau kaya gimana ya hasilnya, kalau kakak gimana?

    Balas
  2. Aku nonton film ini kak. Tapi kayaknga belum semuanya. Jujur aku bingung nonton film film ini. Bingung karena ga tau urutannya yang mana hahaha. Karna nonton acak jadi ga tau cerita sebelumnya itu gimana

    Balas
  3. Oh, ada urutannya ya? hehehe…. Aku pernah nonton, tapi kayaknya random deh. Pokoknya pas kebetulan ada yang ngajak nonton aja, karena bukan penikmat film dengan genre ini.

    Balas
  4. Ini dia! salah satu film kesukaan saya, film mahal ini, mas.. dengan teknologi ilustrasi visual yang tinggi. Kebetulan aku penyuka film-film model kolosal dan juga film seperti ini.

    Balas
  5. Wah! Terima kasih sudah dibuatkan daftar atau urutan menonton dua film besar ini, Kang. Kebetulan saya memang suka berantakan nontonnya alias gak ngikutin ceritanya secara berurutan. Nanti pas senggang, coba nonton ulang ah. Wkwk.

    Terima kasih ya, Kang. Salam hangat.

    Balas
  6. Bagus ni topiknya mas, urutan film karena kita sering nonton film box office, eh ternyata nontonya masih acak. Dan kadang gak ngerti kalau ga nonton runut. Saya baru saja menyelesaikan film underworld dari awal hingga akhir heheh..

    Balas
  7. Saya selalu suka dengan informasi yang Kang Arip sediakan mengenai urutan film. Memudahkan penonton untuk yang suka alur linear. Tapi kadang menonton sesuai tahun tayang (yang mana alur bisa saja tidak linear), ada keasyikan tersendiri juga.

    Next kalau belum ada boleh juga diurutkan seri Mission Impossible, James Bond, Fast & Furious, atau yang lainnya.

    Balas
  8. My favorite movie nih Lord of the rings ..may di ulang berapa kali di trans tv, ttp dah ngga ngebosenn di tonton. Fantasi ceritanya keren dan bagus banget. I am very impressive with the writer. She is very talented. Kalau bener ini mau di jadikan anime..hmm, can’t wait to watch them

    Balas
  9. The Lord of the Rings, film yang sangat terkenal namun saya belum sempat nonton. Biar bisa nyambung sama orang-orang, kayaknya saya harus mulai nyicil nonton. Bagus banget di blog ini dikasih tau urutannya, jadi memudahkan orang yang belum nonton kayak saya, sehingga tau mulai nonton dari mana.

    Balas
  10. Pas kecil nonton film kaya gini di TV, yaudah cuma bisa nonton beberapa seri aja kaya the hobbit unexpected Journey, the lord of the ring two Tower sama Return of the King.

    Konsep konten di blognya cukup ini sih ini ka, rajin banget bikin kronologi list seri film dari pertama sampai akhir, kalo saya yg bikin konten review kaya gini, bingung nyusunnya, mana judul film yg pertama dan seterusnya.

    So far keren kontennya

    Balas

Tinggalkan komentar