Urutan Menonton Neon Genesis Evangelion

Dari semua anime mecha yang ada, Neon Genesis Evangelion telah teruji oleh waktu sebagai salah satu yang terbaik. Evangelion mengeksplorasi tema-tema psikologis, dengan pembacaan ide-ide yang lebih mendalam tentang depresi dan tafsir biblikal Yahudi-Kristiani.

Oleh karenanya, Evangelion yang diciptakan Hideaki Anno ini sering dimasukan ke dalam kategori anime cult, yang berarti karya klasik yang kudu ditonton jika menganggap diri sebagai penggemar anime.

Apa yang Diceritakan Neon Genesis Evangelion?

Evangelion menceritakan kisah singkat dan indah yang melacak trauma psikologis yang dialami Shinji Ikari sebagai sang protagonis utama dan beberapa pilot remaja yang harus berdiri sebagai pejuang dalam perang yang tidak mungkin dimenangkan oleh manusia.

Neon Genesis Evangelion Illustration made by Yoh Yoshinari
Ilustrasi Evangelion oleh Yoh Yoshinari.

Mereka diharuskan untuk mengemudikan monster robot raksasa, yang disebut Eva. Musuh umat manusia adalah para alien raksasa yang disebut Angels. Tentu saja, ini adalah peperangan yang akan berakhir kekalahan sejak dari awal.

Pada saat yang sama, protagonis kita Shinji sedang dalam fase pubertas, dan bekerja bersama dua pilot gadis sekolah menengah membuatnya makin tidak fokus. Masalah lainnya, Shinji harus selalu berhadapan dengan ayahnya sendiri.

Kalau Mau Nonton Evangelion, Harus Nonton Dari Mana Dulu?

Evangelion berawal dari sekedar serial anime berjumlah 26 episode yang tayang pada tahun 1996. Namun kemudian ada dua film fitur sebagai tindak lanjut dan kesimpulan yang berbeda. Lalu muncul pula rangkaian film baru yang “menceritakan kembali” Evangelion yang rilis judul pertamanya pada 2007 dan berakhir pada 2021 ini.

sad shinji is sad evangelion

Buat kamu yang seorang penggemar anime tapi masih belum melihat serial ini, atau kebingungan harus menonton yang mana dulu, ini merupakan penjelasan sekaligus panduan dari saya.

1. Neon Genesis Evangelion

neon genesis evangelion

Evangelion terkenal tidak hanya karena kecepatan scattershot, tetapi juga produksi yang buruk yang melahirkannya. Keduanya jelas ketika kita menonton animenya. Namun jangan khawatir karena ini tidak mempengaruhi kualitas dan penceritaan

Evangelion bisa berpindah-pindah dari anime aksi yang tak berbeda dengan Gundam kemudian selanjutnya jadi kajian introspektif tentang kekerasan emosional, masa remaja dan hubungan mereka dengan kesehatan mental.

Dua episode terakhir yang terkenal berat dengan dialog ini juga bisa menjadi kejutan bagi orang-orang yang mengetahui Evangelion dari omongan orang atau meme.

2. Neon Genesis Evangelion: Death & Rebirth

neon genesis evangelion eva fighting

Evangelion sebenarnya sudah tamat dalam 26 episode ini, tapi kemudian karena ketidakpuasan sang penciptanya dan keterkenalan animenya, maka diikuti oleh dua film lain, Death & Rebirth, dan kemudian kesimpulan sinematik yang sangat gelap, menyedihkan dan mengerikan, End of Evangelion.

Meski cuma rekap, Death & Rebirth sangat penting. Ini menceritakan kembali seluruh musim hingga saat-saat terakhir ini, ditambah adegan baru untuk episode 21 hingga 24.

Episode yang dirubah disebut sebagai versi “director’s cut”, dan mereka mengisi celah yang tertinggal oleh edisi siaran asli dari episode-episode ini. Episode 22 versi Death & Rebirth khususnya wajib ditonton, dan harus dilihat sebagai pengganti edisi siaran asli.

3. Neon Genesis Evangelion: The End of Evangelion

neon genesis end of evangelion

Dalam Death & Rebirth ada potongan pertama dari episode 25. Ini juga pada dasarnya adalah bagian pertama dari The End of Evangelion, jadi sebelum menonton film ini tamatkan dulu serial anime 26 episode sekaligus Death & Rebirth.

The End of Evangelion berfungsi sebagai akhir alternatif untuk episode terakhir polarisasi Evangelion. Dengan Angel terakhir yang harus dikalahkan, Nerv memiliki satu musuh pamungkas lainnya harus dihadapi, sesama manusia di bawah komando Seele.

Ditinggalkan dalam depresi mendalam menjelang akhir seri aslinya, Shinji yang bimbang berjuang dengan ultimatum yang diberikan kepadanya: untuk sepenuhnya menerima keberadaan umat manusia, atau meninggalkan individualitas manusia.

4. Rebuild of Evangelion

neon genesis evangelion rebuild

Rebuild of Evangelion, yang dikenal di Jepang sebagai Evangelion: New Theatrical Edition, adalah penceritaan kembali serial anime Neon Genesis Evangelion asli.

Diproduksi oleh Studio Khara dan Hideaki Anno menjabat sebagai penulis dan manajer proyeknya, dengan beberapa veteran yang sebelumnya menggarap Evangelion.

Tetralogi film menggunakan tinta dan cat digital, beberapa animasi CG 3D, dan menyediakan adegan, latar, dan karakter baru, dengan kesimpulan yang sama sekali baru di film keempat.

Untuk urutan Rebuild of Evangelion adalah sebagai berikut:

1. Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone (2007)

2. Evangelion: 2.0 You Can (Not) Advance (2009)

3. Evangelion: 3.0 You Can (Not) Redo (2012)

4. Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time (2021)

Baca juga: Penjelasan Ending Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time

Apakah boleh langsung menonton Rebuild Evangelion sebelum menonton Neon Genesis Evangelion yang asli?

Tujuan lain dari Rebuild of Evangelion adalah agar lebih mudah diakses oleh penggemar baru meski belum menonton serial anime dan film aslinya. Tapi saya sarankan, bagi yang ingin benar-benar menikmati Rebuild of Evangelion, tonton terlebih dahulu Neon Genesis Evangelion dan End of Evangelion terlebih dahulu. Agar kita mengetahui beragam versi ending terjadi.

11 pemikiran pada “Urutan Menonton Neon Genesis Evangelion”

  1. Anime mindscrew ini. Gue skip Death & Rebirth karena menurut nggak terlalu pengaruh ya. Movie lebih kompleks dari original version.

    Balas

Tinggalkan komentar