Urutan Menonton Star Wars

Ada beberapa cara untuk mengikuti franchise yang sudah berjalan panjang ini. Kita dapat menonton Star Wars berdasarkan rilis film atau dalam urutan kronologis. Meski memang, sering ada pro dan kontra untuk tiap urutan yang berbeda itu.

Urutan kronologis mungkin menjadi pilihan yang jelas, tapi beberapa berpendapat bahwa menonton dengan cara seperti ini kurang menyenangkan, karena kita memulainya dengan film yang paling tidak difavoritkan. Menonton secara kronologis juga merusak twist terbesar dalam seri ini.

Menonton Star Wars sesuai urutan rilis teater memang yang paling sering direkomendasikan, tapi juga memiliki poin yang tidak memuaskan. Kita akan melompat antara trilogi asli yang dirilis antara tahun 1970-an dan 80-an, kemudian trilogi prekuel yang dirilis pada 2000-an, dan trilogi sekuel yang dirilis antara 2015 dan 2019. Kemudian ada antologi film baru, yang terjadi antara trilogi asli dan prekuel tetapi dirilis selama trilogi sekuel.

Semua ini tampak membingungkan, itulah sebabnya saya membuat urutan menonton untuk memecahkan masalah ini. Berikut adalah panduan untuk menonton Star Wars, tentunya bebas spoiler.

Urutan Rilis Star Wars

1. Episode IV: A New Hope (1977)

Episode IV: A New Hope (1977)

A New Hope layak ditonton terlebih dahulu murni karena merupakan awal dari segalanya. Ini juga satu-satunya film Star Wars yang memperlakukan penonton seolah-olah mereka belum pernah menonton saga sebelumnya.

Jadi, mulailah dengan film ini ketika Luke bertemu Obi-Wan, mendapatkan lightsaber, dan belajar tentang Force dan Darth Vader, sebelum dia pergi untuk menyelamatkan Putri Leia dan menghancurkan Death Star.

2. Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

Empire Strikes Back sering dianggap sebagai salah satu sekuel terbaik sepanjang masa. Setelah pertempuran awal di planet beku Hoth, Luke memulai pelatihan Jedi dengan Yoda, sementara Han Solo dan Putri Leia menuju ke Cloud City.

Di Cloud City, Han dan Leia dikhianati dan kemudian dijadikan umpan oleh Vader untuk memancing Luke. Semuanya memuncak dalam pertarungan antara Vader dan Luke dan berakhir dengan sebuah twist.

3. Episode VI: The Return of the Jedi (1983)

Episode VI: The Return of the Jedi (1983)

Sekarang setelah kita mempelajari latar belakang Darth Vader, inilah saatnya untuk menyaksikan dia menebus dirinya dengan semua pengetahuan yang ada. Plus, setelah menyelamatkan Han Solo dari cengkeraman Jabba the Hutt, kita melihat Luke mencoba mengalahkan ayahnya dan Emperor, sementara Han dan Leia bekerja untuk menghancurkan Death Star kedua yang hampir selesai.

4. Episode I: The Phantom Menace (1999)

Episode I: The Phantom Menace (1999)

Film ini mengikuti Obi-Wan Kenobi dan master Qui-Gon Jinn ketika mereka berusaha untuk melindungi Ratu Naboo dan menemukan seorang budak laki-laki bernama Anakin Skywalker.

Kita dipaksa untuk mengikuti dua jam Jar-Jar Binks dan negosiasi Galactic Senate yang bikin ngantuk. Meskipun memberikan beberapa detail penting untuk film prekuel lain, dan ada duel lightsaber yang hebat.

5. Episode II: Attack of the Clones (2002)

Episode II: Attack of the Clones (2002)

Di sepanjang seri telah ditampilkan Darth Vader sebagai penjahat, Attack of the Clones menunjukkan kepada kita jalan yang membawanya ke Dark side, dengan kematian ibunya di tangan Tuskan Raiders.

Kita juga melihat hubungan cintanya yang berkembang dengan Ratu Padme Amidala. Sementara itu, Obi-Wan Kenobi menemukan pasukan clone yang sedang dibangun untuk Republic yang akan membentuk fondasi Stormtroopers Empire.

6. Episode III: Revenge of the Sith (2005)

Episode III: Revenge of the Sith (2005)

Film terakhir dari trilogi prekuel menunjukkan hati Anakin berubah menjadi hitam. Meski awalnya bersemangat setelah mendengar kehamilan Padme, visi kematian istrinya itu mulai meracuni pikiran Anakin, yang memungkinkan Supreme Chancellor Palpatine untuk memikatnya ke Dark Side of the Force.

Ini kemudian mengarah pada kehancuran Republic dan pembunuhan banyak Jedi, termasuk semua Padawan muda, di tangan sosok bernama Darth Vader.

7. Episode VII: The Force Awakens (2015)

Episode VII: The Force Awakens (2015)

Film Star Wars pertama yang dibuat oleh Disney setelah mengakuisisi franchise yang sudah berusia 30 tahun ini.

Kita akan melihat bahwa ada konflik baru yang muncul antara Republic yang sedang tumbuh, dipimpin oleh Leia Organa-Skywalker dan The First Order, yang bangkit dari abu Empire. Terjebak di antara ini semua adalah seorang gadis muda bernama Rey yang tampaknya sangat kuat dengan Force.

8. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

Rogue One: A Star Wars Story (2016)

Yang pertama dari film baru “Anthology”, Rogue One diisi dengan latar belakang A New Hope. Ini mengikuti putri dari pencipta Death Star, Jyn Erso, saat dia dibebaskan oleh Rebel Alliance dan ditugaskan untuk menemukan rencana yang mengarah pada penghancuran senjata tadi.

Rogue One berakhir ketika A New Hope dimulai. Di sini kita akan belajar siapa yang menciptakan Death Star, mengapa begitu mudah dihancurkan, dan kita akan bertemu dengan banyak Bothan yang mati untuk mencuri rencana Death Star.

9. Episode VIII: The Last Jedi (2017)

Episode VIII: The Last Jedi (2017)

Setelah melacak Luke Skywalker, tantangan Rey berikutnya adalah meyakinkannya untuk melatihnya. Luke tidak mau karena kegagalannya dengan Kylo Ren.

Sementara itu, pasukan Republic yang tersisa berada di ambang kehancuran total berkat The First Order, meninggalkan Rey dan Luke sebagai satu-satunya harapan mereka.

10. Solo: A Star Wars Story (2018)

Solo: A Star Wars Story (2018)

Kisah asal untuk pria paling keren di Star Wars, Han Solo, yang memberikan banyak latar belakang yang sebenarnya tidak perlu.

Rupanya, Han Solo hanya ingin berakting seperti Tobias Beckett (Woody Harrelson) dan berkencan dengan Qi’ra (Emilia Clarke) di masa jayanya, yang bisa dimengerti, tapi itu sedikit menggelikan.

Namun, ini adalah film yang menghibur, yang memberi kita lebih banyak informasi tentang kapal paling penting di galaksi, Millenium Falcon.

11. Episode IX: The Rise of Skywalker (2019)

Episode IX: The Rise of Skywalker (2019)

Kesimpulan dari kisah Skywalker. Film ini melihat kembalinya Emperor Palpatine sebagai The First Order oleh Kylo Ren dan para pemberontak yang dipimpin oleh Rey bersiap untuk konfrontasi terakhir di planet yang dikenal sebagai Exegol.

12. The Mandalorian (2019-2020)

The Mandalorian (2019-2020)

Serial ini mengikuti Pedro Pascal sebagai Mandalorian. Dia adalah penembak dan pemburu hadiah yang berhasil mencapai galaksi terjauh lima tahun setelah peristiwa Return of the Jedi, menempatkannya jauh sebelum peristiwa The Force Awakens dan penciptaan First Order. Musim kedua mengikuti Mando yang mencari informasi lebih lanjut tentang sejarah Baby Yoda.

Serial spin-off Star Wars ini telah menjadi sukses besar di Disney+. Karena The Mandalorian sangat populer, saya memasukkannya ke dalam daftar ini. Namun, ini bukan film Star Wars, jadi ini opsional.

Urutan Kronologis Star Wars

  • Episode I: The Phantom Menace (1999)
  • Episode II: Attack of the Clones (2002)
  • Episode III: Revenge of the Sith (2005)
  • Solo (2018)
  • Rogue One (2016)
  • Episode IV: A New Hope (1977)
  • Episode V: The Empire Strikes Back (1980)
  • Episode VI: The Return of the Jedi (1983)
  • Episode VII: The Force Awakens (2015)
  • Episode VIII: The Last Jedi (2017)
  • Episode IX: The Rise of Skywalker (2019)
  • The Mandalorian (2019-2020)

Satu pemikiran pada “Urutan Menonton Star Wars”

Tinggalkan komentar