Urutan Menonton Film The Matrix

The Matrix tayang di bioskop pada tahun 1999, dan memukau penonton dengan Keanu Reeves yang berpakaian kulit hitam-hitam dan melawan hukum gravitasi.

Bersama Carrie-Anne Moss dan Laurence Fishburne, dia bertarung dengan teknik Kung-Fu melawan agen dari realitas terprogram, dan bekerja untuk membebaskan umat manusia dari cengkeraman Matrix yang dikendalikan mesin.

The Matrix diikuti oleh dua film layar lebar lagi, dengan franchise tersebut juga termasuk antologi film pendek animasi yang dirilis di tengah trilogi, yang juga masuk cerita kanon.

The Matrix yang Mempertanyakan Realitas

Kecenderungan film yang rilis di masa pergantian milenia memang banyak yang mempertanyakan realitas, dengan bercermin pada kemajuan teknologi yang sedang berlangsung. The Matrix salah satunya.

matrix 1999

Lana Wachowski dan Lilly Wachowski, dua bersaudara ini adalah sutradara dari The Matrix. Karena penggemar berat Alice in Wonderland dari Lewis Caroll, banyak unsur dari karya tadi yang dimasukkan ke film cyberpunk ini.

Baca juga: 10 Film Terinspirasi Alice in Wonderland

Film The Matrix memperkenalkan metafora pil merah pil biru yang masih sering dipakai sampai sekarang, dari sekadar meme sampai kajian akademis, untuk menafsirkan dunia. Film ini juga meminta penonton untuk mempertimbangkan kesamaan realitas kita sendiri dengan simulasi komputer.

Urutan Rilis The Matrix

Wachowski bersaudara di tahun 2021 kembali untuk judul keempat The Matrix, dibintangi Keanu Reeves dan Christina Ricci, diharapkan untuk rilis pada bulan Desember tahun ini.

Jadi jika berencana untuk pergi ke bioskop untuk yang satu ini dan membutuhkan rekap cepat, maka daftar ini adalah untuk kamu.

Di bawah ini, saya telah menyusun semua film dan film pendek The Matrix berdasarkan urutan rilis agar mudah dibaca, dan bebas spoiler.

1. The Matrix (1999)

The Matrix (1999)

The Matrix adalah film 1999 yang memperkenalkan penonton pada Neo, Trinity, dan Morpheus. Setelah membangunkan Neo dari simulasi realitas tahun 1990-an akhir, mereka harus melawan mesin dari “dunia nyata” dan agen Matrix, di suatu tempat sekitar tahun 2199.

2. The Matrix Reloaded (2003)

The Matrix Reloaded 2003

The Matrix Reloaded terjadi enam bulan setelah peristiwa The Matrix. Film mengikuti kisah cinta antara Neo dan Trinity, sekaligus Neo yang telah menemukan sifat siklus dan penciptaan Matrix.

3. The Animatrix (2003)

The Animatrix (2003)

Dengan empat dari sembilan film pendek yang ditulis langsung oleh Wachowski bersaudara, The Animatrix tentu bisa dianggap sebagai kanon.

Proyek anime ini memang ambisi Wachowski untuk membangun lintas media sebelum penayangan film ketiga The Matrix. The Animatrix adalah salah satu antologi anime terbaik yang pernah diproduksi, dengan deretan sutradara beken seperti Yoshiaki Kawajiri (Ninja Scroll), Mahiro Maeda (Blue Submarine No. 6), Shinichiro Watanabe (Cowboy Bebop).

Tiap judul film pendek berlangsung di berbagai titik di sepanjang garis waktu Matrix. Beberapa cerita The Animatrix terjadi sebelum peristiwa film Matrix pertama,

4. The Matrix Revolutions (2003)

The Matrix Revolutions (2003)

The Matrix Revolutions mengambil latar setelah The Matrix Reloaded berakhir, menyimpulkan trilogi film dan menggambarkan pengorbanan utama Neo dan upaya untuk berdamai dengan mesin.

5. The Matrix Ressurections (2021)

Urutan Kronologis The Matrix

Dalam urutan kronologis ini saya akan memasukan film pendek dari The Animatrix per judul, dan dimasukan dalam alur The Matrix.

  1. The Animatrix: The Second Renaissance, Part I and II
  2. The Animatrix: A Detective Story
  3. The Matrix
  4. The Animatrix: Final Flight of the Osiris
  5. The Matrix Reloaded
  6. The Matrix Revolutions
  7. The Animatrix: World Record

Meski urutan kronologisnya begitu, saya sarankan untuk menonton trilogi The Matrix terlebih dahulu sebelum menonton Animatrix.

Di Mana Menonton The Matrix?

Saya sendiri pertama kali menonton trilogi film The Matrix di Bioskop Trans TV. Sedangkan Animatrix pernah diputar di TV7 (sebelum berubah jadi Trans 7), meski tidak mengerti karena waktu itu masih kecil.

Baca juga: 20 Anime Jadul yang Pernah Tayang di TV7

Dulu The Matrix pernah tersedia di Netflix. Namun The Matrix dimiliki oleh Warner Media, yang juga memiliki layanan streaming sendiri. Jadi sekarang untuk menonton trilogi The Matrix hanya bisa di HBO Max. Untuk Animatrix, selain di HBO Max bisa juga di Amazon Prime Video.

22 pemikiran pada “Urutan Menonton Film The Matrix”

  1. Sumpah ini film udah lama banget tapi saya belom pernah nonton sekalipun gan dulu di bioskop trans tv pun udah sering muncul, masih juga gak nonton

    Balas
    • Iya ini salah satu film trilogi yg sering diputer Bioskop Trans TV, selain The Lord of the Rings. Mungkin ini saatnya nonton bang, buat persiapan sebelum Keanu Reeves comeback lagi.

      Balas
  2. Seingat saya, film ini memang menjadi favorit banyak orang karena jalan cerita yang seru, serta dikemas dalam nuansa teknologi yang (setahu saya), saat itu belum ada tandingan sekelas.

    Btw, Saya kok baru tahu kalau ada The Animatrix, ya? 🙂

    Balas
  3. Wah kebetulan banget aku baru aja nonton film The Matrix (1999), triloginya masih ada ko mas di Netflix. Aku nonton yg tahun 1999 efeknya masih belum cihuy, cuma untuk ukuran film 90an ide ceritanya keren sih.

    Balas
  4. Waaaa Keanu Reeves emang gak pernah gagal sih yaaaa hahaha. Gak sabar nunggu rilisnya nih, kayaknya harus siap2 dari sekarang untuk rewatch filmnya dari awal. Aku sendiri sih blm pernah nonton The Animatrix nih, Kak. Malah baru tau setelah diulas di sini hehe

    Balas
  5. Baca ini jadi kayak nostalgia. Haha

    Udah lama banget gak nonton film dengan si ganteng Keanu Reeves.

    Sekarang banyak layanan streaming dan punya keunggulan masing-masing. Kadang suka bingung mau berlangganan yang mana. Kenapa ya mereka gak jd satu aja biar filmnya lebih lengkap dan sekali langganan aja, hehe

    Balas
  6. The Matrix kayaknya memang favorit anak-anak generasi 90-an nih. Pas SMA sering ngedit foto dan video pakai animasi ala-ala Matrix terutama grafis neon strikes black-green nya, dan juga gerakan melayangnya.

    Balas
  7. Baru tau kalau film the matrix ini bangak serial nya, bahkan dari tabun 1999. Sering mendengar ttg film ini dari orang lain, cuma saya belum pernah menontonnya.

    Balas
  8. wuaaa kamu ngikutin the matrix banget ya kak, aku udh nonton film-film yang lama, tapi baru tau nih ada The Matrix Ressurections yang rilis tahun 2021, kaya under radar nya aku nihhh, coba coba ah cari ada ga nih di platform2 film berbayar biar bisa nonton :))

    Balas
  9. Gegara nonton film ini jadi ngefans om Keanu
    Dan ternyata antara film keempat sampai kelima, jauh juga jedanya.
    Okelah, siap nonton yg 2021 ini

    Balas

Tinggalkan komentar