Walking Tour Urban Legend Bandung

Bandung, juga berlaku bagi kota-kota lainnya, pasti punya beragam wajah. Apakah itu untuk mereka yang sehari-harinya memang tinggal di sini, atau turis yang cuma melancong sehari dua hari. Antara area pun punya perbedaan, yang di selatan akan berbeda dengan utara atau dengan pusat kota. Juga antara siang dan malam.

Bandung sebagai sebuah kota di Tatar Sunda, yang kemudian menjadi melting pot dari berbagai suku bangsa, sejak masa awal berdirinya memiliki banyak legenda yang berkaitan dengan hal-hal supranatural dan makhluk gaib. Konon para penghuni tak kasat mata ini akan berkeliaran ketika hari gelap.

Kisah Urban Legend Bandung dari Masa ke Masa

Ada sosok Nyi Kentring Manik yang dipercaya sebagai penguasa alam gaib dan mata air di wilayah Bandung. Kentring Manik ini sering dikaitkan dengan keberadaan mata air atau sumur, seperti dalam cerita Wiranatakusumah II saat pencariaan lokasi untuk mendirikan Kota Bandung.

Pada sekitar tahun 1910-an, Bandung sempat dilanda wabah kolera yang merenggut banyak korban jiwa terutama anak balita sehingga Bandung sempat memperoleh julukan baru yang menyeramkan, yaitu “kinderkerkhof“, atau kuburan anak.

Makam-makam ini berserakan di pekarangan rumah, di ladang, atau di kebun warga. Membuat kota yang sedang giat-giatnya membangun ini suasananya jadi kelam.

Mahluk halus dalam legenda urang Bandung, tidak hanya yang tradisional seperti Kentring Manik tadi, tapi juga datang dari kalangan orang Tionghoa atau Eropa. Contohnya, kisah hantu Hilda Tan di salah satu hotel tertua di Kebon Jati atau Nancy yang dikatakan sering nongkrong di sebuah sekolah menengah.

Walking Tour Urban Legend Bandung

Karena sejak awalnya Bandung sudah merupakan semacam kuali pencampuran, maka tak heran bila legenda-legenda modern juga dapat hidup di tengah warga Kota Bandung.

Walking Tour Urban Legend Bandung ini sebenarnya lebih menyorot aspek sejarah dari beragam destinasi yang sering dikaitkan dengan peristiwa mistis. Karena membeberkan fakta sejarah tentu lebih kredibel ketimbang membuktikan desas-desus horor yang di luar nalar.

Bala Keselamatan

Bala Keselamatan merupakan gedung tua yang berlokasi di persimpangan antara Jl. Jawa dan Jl Sumatera Bandung. Gedung yang telah berusia seratus tahun ini merupakan pusat pelayanan rohani di Bandung dari Salvation Army (Bala Keselamatan).

Kisah horor yang beredar biasanya dikaitkan dengan korban kecelakaan kereta api yang relnya tepat berada di samping bangunan ini. Konon mereka sering mampir ke gedung, sekedar untuk bertamu dan nongkrong di balkon.

bala keselamatan urban legend bandung
bala keselamatan urban legend bandung
bala keselamatan urban legend bandung
bala keselamatan urban legend bandung
bala keselamatan urban legend bandung
bala keselamatan urban legend bandung

Patung Verbaark Taman Maluku

Meski sudah ada pencahayaan, suasana Taman Maluku tetap saja temaram dan agak horror.

Rumor yang beredar adalah bahwa mata dari patung Verbaak di Taman Maluku ini akan bergerak mengikuti pergerakan kita. Lalu ada pula yang menceritakan bahwa patung ini sering turun lalu menghilang entah ke mana.

Verbaak sendiri merupakan seorang pastor yang bertugas di Hindia Belanda masa kolonial. Fakta yang unik adalah bahwa tokoh Verbaak ini belum pernah ke Bandung, meninggal pun saat bertugas di Aceh.

patung verbaark urban legend bandung
patung verbaark urban legend bandung

Rumah Kentang dan Sejarah Freemasonry

Kisah horror yang populer dari tempat ini tentu saja soal bau kentang yang akan tercium jika lewat sini. Konon ada tragedi kalau dulu ada anak yang tercebur ke kuali yang digunakan saat merebus kentang, yang makin populer setelah ada film yang dibintangi Shandy Aulia, Rumah Kentang (2012).

Soal cerita itu memang sulit dibuktikan kebenarannya, tapi kalau fakta sejarah bahwa tempat ini ada hubungannya dengan gerakan Freemasonry memang betul. Salah satu pemilik sebelumnya dari rumah ini memang anggota Freemason, sebelum organisasi ini dilarang di Indonesia sejak era Soekarno.

Berbagai ornamen yang dulu biasanya digunakan sebagai perangkat seremonial yang diadakan kegiatan Freemason, bisa kita lihat saat walking tour Urban Legend ini.

rumah kentang freemason urban legend bandung

SMA 3 dan SMA 5 Bandung

Sekolah yang terletak di Jalan Belitung ini memiliki mitos terkenal berhubungan dengan sosok Noni Belanda yang sering terlihat berdiri di dekat jendela. Konon arwahnya bergentayangan dan sering menampakkan diri pada orang yang lewat di sekitar sekolah.

SMA 3 dan 5 merupakan bangunan sekolah yang telah berdiri sejak era kolonial. Adalah Hoogere Bugere School (HBS) yakni sekolah elitnya anak-anak Eropa Belanda.

sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung
sma 5 urban legend bandung

Taman Musik

Kota Bandung punya banyak jalan yang bisa bikin bulu kuduk bergidik ketika lewat saat malam hari. Mantan Panglima Kodam Siliwangi, A.E Kawilarang pernah menceritakan bahwa jalan-jalan di kota Bandung punya cerita yang menyeramkan.

Dari suara keretek sampai suara hentakan kaki prajurit kolonial, meski jalanan lenggang, banyak desas-desus mistis berkeliaran.

Di Taman Musik ini kami saling berbagi kisah soal pengalaman tadi mengikuti Walking Tour Urban Legend Bandung.

taman musik urban legend bandung
taman musik urban legend bandung
taman musik urban legend bandung
taman musik urban legend bandung

*

Walking Tour Urban Legend ini salah satu yang termasuk program tur tematik berbayar. Komunitas Aleut sendiri adalah komunitas belajar dengan fokus pada sejarah Bandung, ada juga tur gratis rutin yang disebut “ngaleut” tiap Minggu (meski saat pandemi libur dulu) dan berbagai kelas literasi.

komunitas aleut
Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

22 Comments

  1. Wah seru nih ada tur urban legend kayak gini. Ngomong-ngomong kalau peserta turnya banyak apa ya pernah sosok gaibnya bersedia munculin dirinya, mas ?.

    • Lebih ke pengalaman personal atau ke beberapa orang, biasanya baru nyerita kalau udah jauh2 hari setelah tour Urban Legend ini. Dari suasananya aja udah bikin merinding sih.

      Ada beberapa orang yg mencar pas di sekolahan, dan ngeliat banyak aktivitas siswa-siswi kayak lagi belajar di situ.

  2. pernah baca di buku TNTnya mvak trinity tentang tur urband legend ini
    ngeri mbak trinitinya sampe sendawa ketempelan jin

    tapi kalau rame gitu aku juga pingin si hihi
    penasaran aja apalagi yang rumah kentang

    • Sejauh ini kalau peserta belum sampe kayak gitu, paling ngeliat penampakan2 dikit. Kalau rame2 emang ga terlalu serem, meski ada tegang2nya juga.

      Rumah Kentang lagi dibongkar juga, kayaknya bakal dijadiin kafe. Penceritaan di situ sebenarnya lebih soal ngungkapin mitos aslinya dan fokus ke sejarah freemason yg emang bener2 pernah terjadi.

  3. Woow..ikut tour begini malam2..aku sanggup ngga yaa.. Penasaran siih..tapiiii..haha..sepertinya aku nggak akan berani. Baca2 pengalaman teman2 saja deh. Terima kasih sudah berbagi pengalaman ini ya..

  4. Ini memang wisata legal dari Pemkot apa komunitas yang ijin dari satu tempat ke tempat lain? Karena bisa punya akses tempat dan informasi yang cukup banyak rasanya sangat menarik jika dibikin berkala setelah pandemi..

    • Kalau tur ini izin sama silaturahmi langsung ke orang atau pengelolanya. Informasinya ya dari riset literatur sama hasil ngobrol sama mereka.

      Sebenarnya sering juga kerjasama bareng Pemkot, biasanya sama Disbudpar, dari workshop sampe program tur kayak gini. Yg udah berkala itu ada semacam amazing race bertema sejarah pas ulang tahun Bandung.

  5. Belum pernah ikutan wisata urban legend. Penasaran soale historinya menarik untuk diketahui.Kalau rame rame mungkin auranya ga terlalu berasa ya kak… Apakah acaranya selalu diadakan malam.hari kak?..

  6. Kerenn jadi ikut ngerasain keliling wisata urban legend nih. Filosofi sejarahnya juga mantap, trus aku salfok juga sama patung verbaark karna agak horor keliatannya ya. Aku pernah ke Bandung cuma sudah lama banget tapi gak pernah tau sejarahnya nih jadi makin paham deh skrg…

  7. ya ampun aku bacanya sambil ngeri tapi penasarn hahahaha
    tampkny benar mbak bahwa tiap kota pasti ada tempat yang ada nuansa mistisnya ya
    wah aku. baru tahua da film yang diperankan oleh sandy aulia rumah kentang

  8. Baca ceritanya bikin merinding nih, ternyata di Bandung juga punya ada kisah mistis yg bahkan dijadikan salah satu daya tarik wisata.
    Kebetulan saya belum pernah ke Bandung, jadi penasaran pengen ikutan tapi kok takut yaaa

  9. Seru kang walking tour urban legend bersama Komunitas Aleut-nya. Dulu sempat kenal dengan komunitas ini, tapi lupa dengan Gera atau Geri ya namanya. Dan dari beliau juga saya mulai mengenal aktivitas komunitas ini di Bandung.

    Dan saya juga sepakat beberapa tempat urban legend di atas, makin terkenal setelah banyak dijadikan latar syuting beberapa film Indonesia.

  10. Baca nya sambil ngebayangin, gimana pas patung itu turun dan ikuti orang yang berkunjung, terus semua pada lari berhamburan karena lihat kejadian itu. Ini ngeri-ngeri sedap, ngeri karena horor, tapi pengen berkunjung juga

  11. Nama komunitasnya keren, mas. Aleut, mungkin diambil dari kata “ngaleut” itu ya, mas? Yang berarti banyakan/rombongan.

    Terkait kisah-kisah horor di bandung, saya jadi teringan masa lalu saat tinggal di sana, ada sebuah acara radio yang dinamakan : Nightmare, serem banget kalau pas dengerin! 🙂

  12. Waaa sebagian udah kutonton nih kak di Jurnal Risa banyak mengulas Bandung. Aku jadi kangen pengen ke Bandung, pernah sekali pas acara bloggerday. Salut banget ama komunitas Aleut nih mencintai sejarahnya. Pengen join jadinya tapi bukan orang Bandung. Sukses buat semuanya

  13. Jalan antara kebun binatang dan ITB itu apa, ya mas? Kami dulu pernah muter-muter di situ sampai 5 kali, loh. Ternyata kata orang di situ juga serem.

  14. Dulu saya pernah lihat liputan di TV tentang wisata malam hari di Bandung, mungkin yang dimaksud Walking Tour Urband Legend Bandung seperti tulisan kak arif ini.

    Awalnya saya mau baca malam hari, ternyata horo, akhirnya baru baca pagi ini, wkwk. Berarti kak Arif berhasil menghidupkan tulisan yang sesuai bentuk wisatanya yang agak-agak horor.

    Walaupun saya hobi traveling, kayaknya tour ini tak akan bisa saya ikuti. Anaknya penakut soalnya.

    Mengenai SMA 3 dan SMA 5 Bandung, saya dulu juga sekolah di sekolah yang sudah didirikan sejak jaman Belanda, namanya Kweekschool Fort De Kock atau Sekolah Raja Bukittinggi. Bangunannya masih dipertahankan, dan memang banyak cerita horor. Tapi untung selama bersekolah saya belum pernah mengalami hal mistis.

  15. Seru juga ya walking tour urban legend. Aku ga kebayang ikutan tur kayak gini. Hehe. Secara SMP ku termasuk yang banyak sejarah zaman Belanda nya. Termasuk yang horor-horor. Hiii

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *