WordPress 5.9 dan Gutenberg yang Makin Matang

WordPress 5.9 telah dirilis dengan kode nama Josephine, mengacu pada penyanyi jazz, penari dan aktivis HAM Josephine Baker.

Berita baik tentang 5.9 adalah bahwa Gutenberg akhirnya memiliki kemampuan pengeditan situs penuh. Selain itu, kita bisa menemukan bahwa situs dimuat lebih cepat, lebih mudah dirancang, dan karenanya pengalaman pengguna yang lebih baik.

WordPress Gutenberg adalah masa depan manajemen konten, dan dengan rilis WordPress 5.9 masa depan itu adalah sekarang. Jadi sudah waktunya untuk mempertimbangkan untuk menjelajahi apa yang ditawarkan Gutenberg.

Haruskah Menunggu Sebelum Mencoba WordPress Gutenberg?

Beberapa orang mungkin merasa aman untuk menunggu beberapa bulan atau lebih lama sebelum mengunduh dan menggunakan Gutenberg. Itu pendekatan yang masuk akal untuk mengadopsi teknologi baru.

Namun, Gutenberg bukanlah teknologi baru. Gutenberg telah “dalam pengerjaan” dimulai sejak November 2017 dan terus berkembang sejak saat itu.

Jadi sebenarnya tidak perlu khawatir tentang Gutenberg yang baru karena sebenarnya tidak baru-baru amat. Editor situs baru pada kenyataannya adalah produk yang sepenuhnya matang.

Bagian dari editor situs lengkap telah dirilis dan diuji selama bertahun-tahun hingga hari ini dengan dirilisnya WordPress 5.9.

Gutenberg akhirnya mencapai status pengeditan situs penuh dan siap digunakan untuk situs produksi langsung.

Faktanya, situs sudah dibangun dengan Gutenberg dan ada banyak template yang tersedia untuk itu sekarang.

Jika pernah menggunakan pembuat halaman seperti Divi atau Elementor maka kita akan merasa nyaman menggunakan editor situs lengkap Gutenberg yang baru.

Ide di balik Gutenberg adalah untuk membuat situs bangunan lebih mudah. Jadi ada banyak insentif untuk mengadopsi Gutenberg dan menjadi yang terdepan.

Mungkin langkah yang paling bijaksana adalah membuat area pementasan untuk membiasakan diri dengan Gutenberg, baik online atau di komputer kita dengan lingkungan pengembangan desktop seperti Laragon yang mensimulasikan server web.

Customizer Hilang Saat Menggunakan Gutenberg

Cara lama untuk menyesuaikan halaman WordPress adalah dengan membuka Customizer pada halaman web yang sama sekali berbeda di bagian administrator.

Bagi mereka yang memilih untuk menggunakan Gutenberg, sebagai ganti penyesuai lama, mereka sekarang dibebaskan untuk menggunakan editor situs.

Editor situs dapat digunakan untuk menata seluruh situs web atau satu template.

Mereka yang telah menggunakan pembuat halaman akan segera memahami blok.

Paradigma blok pada dasarnya membagi template halaman web menjadi beberapa bagian yang disebut blok. Templat halaman web hanyalah sekelompok blok yang diatur untuk membentuk desain dan kemudian ditata dengan font, warna, dan gambar. Setiap blok memiliki opsi gaya untuk font, tata letak, dan warna.

Tema Blok Default WordPress

Dengan rilis WP 5.9 hadir tema berbasis blok default baru bernama, Twenty Twenty-Two (2022!). Ini adalah tema yang baik untuk mulai membiasakan diri dengan editor situs lengkap berbasis blok yang baru.

WordPress mengumumkan bahwa versi 5.9 meningkatkan aliran penerbitan:

“WordPress 5.9 menampilkan alat tipografi baru, kontrol tata letak yang fleksibel, dan kontrol detail yang lebih baik seperti spasi, batas, dan lainnya—untuk membantu Anda tidak hanya mendapatkan tampilan, tetapi juga polesan yang menyatakan bahwa Anda peduli dengan detail.”

Ini juga dilengkapi Pattern Directory yang dapat membantu penerbit menukar blok yang dibuat sebelumnya yang dapat disesuaikan.

WordPress 5.9 berisi fungsionalitas drag and drop yang memudahkan penempatan elemen halaman di tempat yang kita inginkan.

“Di 5.9, Tampilan Daftar memungkinkan Anda menarik dan melepas konten tepat di tempat yang Anda inginkan.

…Gaya setiap gambar di galeri Anda secara berbeda, atau buat semuanya sama, kecuali satu atau dua. Atau ubah tata letak dengan drag-and-drop.”

Yang mengatakan ada banyak template kompatibel Gutenberg gratis dan berbayar lainnya seperti yang dari Astra dan GeneratePress.

Pelajari Cara Membangun Situs dengan Gutenberg

WordPress telah menerbitkan kursus web berjudul, Simple Site Design with Full Site Editing, yang mengajarkan penerbit cara membangun situs dengan Gutenberg.

Beberapa mungkin merasa ragu untuk mencoba versi terbaru dari apa pun dan itu bisa dimengerti.

Gutenberg mungkin yang terbaru dan diperbarui, tetapi sudah ada selama bertahun-tahun dan siap beraksi.

Mempertimbangkan bahwa ini adalah masa depan WordPress, masuk akal untuk melihat-lihat untuk memahami kemampuannya.

WordPress 5.9 bisa ada oleh upaya dari 624 kontributor, yang mengerjakan 371 tiket Trac dan mengirimkan 1.919 PR di GitHub. Para penerjemah telah membuat WordPress tersedia dalam 205 bahasa.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *