WordPress 6.0 “Arturo” Hadir dengan Seribu Peningkatan

WordPress 6.0, yang dinamai ‘Arturo,’ sudah diluncurkan dan siap digunakan.

Pembaruan ini memperkenalkan hampir 1.000 pembaruan dan peningkatan yang membuat WordPress lebih intuitif untuk digunakan baik bagi pengembang maupun pengguna akhir.

Beberapa pembaruan penting, yang dapat Anda baca lebih lanjut di bagian berikut, meliputi:

  • Performa situs web lebih cepat
  • Pola pembuatan halaman
  • Penguncian blok
  • Variasi tumpukan & baris
  • Variasi gaya global
  • Kemampuan untuk memilih teks di beberapa blok

Beberapa perubahannya, seperti performa website yang lebih cepat, akan langsung terasa. Lainnya, seperti pola pembuatan halaman baru, adalah fitur yang akan diluncurkan oleh developer tema.

Setiap pembaruan ke WordPress dinamai artis jazz. Versi ini dinamai musisi jazz pemenang Grammy Arturo O’Farrill. Dia dikaitkan dengan Afro Latin Jazz Orchestra.

Pengumuman resmi WordPress menjelaskan:

“Versi terbaru dari perangkat lunak ini membawa pengeditan situs penuh satu langkah lebih jauh dan terlihat untuk mengkonsolidasikan pengalaman ‘tanpa kode’ untuk pembangunan situs, memperluas alat penyesuaian yang ada, menghadirkan blok baru, dan berfokus pada alur kerja penulisan dan desain.

Contohnya adalah pengalih gaya baru untuk tema blok, salah satu fitur yang paling diantisipasi untuk fleksibilitas dan peluang kreatif yang diperkenalkannya tanpa harus mengganti tema.

‘Dengan pembaruan yang bijaksana untuk pengalaman menulis, membangun fungsionalitas blok yang lebih baik, dan menambahkan pengalih gaya intuitif baru, saya sangat bangga dengan pekerjaan yang telah dilakukan dalam rilis ini untuk membuat pengalaman mengedit situs yang hebat,’ kata Direktur Eksekutif WordPress , Josepha Haden Chomphosy.”

WordPress 6.0 Adalah Pembaruan Inkremental

WordPress 6.0 adalah puncak dari karya lebih dari 500 orang di setidaknya 58 negara, mencakup hampir 1.000 peningkatan.

Biasanya ketika suatu produk mengalami perubahan versi, seperti model ponsel Android baru, pengguna akhir berharap untuk melihat perubahan dramatis. Itu tidak benar-benar terjadi dengan perubahan versi WordPress.

Meskipun ini adalah rilis “dot 0”, versi 6.0 paling baik dipahami sebagai bagian dari serangkaian peningkatan inkremental yang dimaksudkan untuk mempertahankan kompatibilitas mundur sambil juga memperkenalkan peningkatan.

WordPress 6.0 adalah perubahan nomor versi tetapi tidak dalam skala perubahan. Pengalaman penerbitan antara WordPress versi 5.9 dan 6 ditingkatkan.

Menurut pengumuman resmi WordPress, tidak perlu khawatir untuk memperbarui, mendorong semua pemilik situs untuk memperbarui sekarang untuk menikmati banyak manfaat dari rilis ini.

“Pemilik dan administrator situs harus meningkatkan untuk memanfaatkan sepenuhnya banyak peningkatan stabilitas, kinerja, dan kegunaan hari ini.

Pembuat konten WordPress akan menikmati serangkaian fitur baru yang diarahkan untuk meningkatkan pengalaman menulis dan mendesain.”

Seorang juru bicara dari WordPress berbagi dengan Search Engine Journal:

“Rilis ini melanjutkan tepat di mana 5,9 tertinggal – berfokus pada menghadirkan pengeditan situs lengkap lebih jauh ke dalam tampilan dan meningkatkan pengalaman keseluruhan block editor, di mana pun Anda mungkin menggunakannya.

6.0 memiliki kumpulan fitur baru yang diarahkan untuk meningkatkan pengalaman menulis dan mendesain yang dibagikan oleh sebagian besar pengguna WordPress.

Tentu saja, seperti semua rilis WordPress baru-baru ini, yang satu ini mencakup peningkatan kinerja, peningkatan stabilitas khas Anda dari kode inti, dan banyak peningkatan kecil yang meningkatkan pengalaman pembuatan situs.

Peningkatan Kinerja WordPress

WordPress 6.0 hadir dengan peningkatan kinerja yang akan berkontribusi untuk membuat WordPress lebih cepat bagi pengunjung situs.

Ada peningkatan pada cara kueri dijalankan terhadap database dan juga cara cache dikelola.

Ini berarti lebih sedikit jumlah dan jenis panggilan database yang menghasilkan efisiensi yang lebih besar yang berarti kinerja yang lebih cepat.

Fitur Baru yang Bakal Disukai End User

Page Creation Pattern

Salah satu perubahan terpenting adalah fitur Page Creation Pattern.

Biasanya, saat membuat halaman web, penerbit mungkin memulai dengan tata letak kosong. Pola pembuatan halaman adalah cara untuk memilih dari beberapa tata letak sebagai titik awal.

Inti WordPress itu sendiri tidak akan disertakan dengan tata letak, ini adalah sesuatu yang perlu dibangun oleh pengembang tema ke dalam tema mereka.

Block Locking

Block Locking adalah fitur yang mencegah pengguna akhir secara tidak sengaja menghapus atau memindahkan blok penting. Fitur baru ini tersedia melalui menu drop-down pengaturan blok.

Andrew Wilder dari perusahaan dukungan WordPress, NerdPress (@NerdPress) menawarkan pendapatnya bahwa sementara 6.0 dikirimkan dengan “banyak” peningkatan yang akan disukai pengguna akhir, dia percaya bahwa fitur pola pembuatan halaman adalah salah satu yang paling mereka hargai.

Wilder berkata:

“Bagi banyak klien kami, Page Creation Patterns akan sangat membantu, terutama setelah plugin tersedia untuk pola yang dibuat sebelumnya yang khusus untuk konten mereka. Itu bisa sangat menghemat waktu!

Saya juga senang melihat fitur Block Locking baru – sekarang ini tidak memungkinkan Anda mengunci perubahan pada konten blokir, tetapi dapat menghentikan Anda dari memindahkan atau menghapus blok secara tidak sengaja.”

Variasi Stack & Baris

Tambahan yang berguna adalah kemampuan untuk membuat wadah berbasis fleksibel dinamis dengan menumpuk blok ke dalam kolom atau tata letak baris.

Sebuah “flex-based container” disebut demikian karena fleksibel dan secara otomatis menyesuaikan dengan viewport, menyusut untuk perangkat seluler yang lebih kecil, dan meluas bila diperlukan.

Multi-Select: Pilih Teks di Beberapa Blok

Di editor WordPress berbasis block baru, membuat tata letak halaman web dilakukan menggunakan apa yang disebut block building.

Block seperti wadah tempat konten dapat dimasukkan. Konten bisa berupa gambar, teks, apa saja.

Contoh perubahan tambahan namun menarik di WordPress 6.0 adalah kemampuan untuk memilih teks di beberapa blok konten.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih konten dalam beberapa blok tanpa memilih beberapa blok sendiri. Ini memberi penerbit kemampuan untuk menulis dan mengontrol konten dengan cara yang diharapkan, berkontribusi pada pengalaman menulis yang lebih intuitif.

WordPress menerbitkan animasi ini untuk menunjukkan cara kerja multi-select:

Variasi Style

Fitur baru yang menarik lainnya disebut Global Style Variations.

Variasi gaya memungkinkan penulis tema menyediakan cara bagi pelanggan mereka untuk mengubah tampilan dan nuansa situs web mereka dengan mudah tanpa harus mengedit CSS atau HTML, secara dramatis mempercepat proses pembuatan dan pengoperasian situs web.

Ini adalah fitur yang diimplementasikan di sisi pengembang tema WordPress yang meningkatkan pengalaman penerbitan WordPress untuk pengguna akhir.

Tim WordPress berbagi dengan Search Engine Journal:

“Pengenalan variasi gaya dalam tema blok memungkinkan penulis tema untuk memberikan beberapa opsi bagi orang-orang untuk mengubah tampilan dan nuansa situs semua dengan beberapa klik dalam satu tema.

Ini berarti Anda dapat dengan cepat mengubah hal-hal seperti bobot font dan warna default dengan cara yang kohesif tanpa mengedit CSS.”

Peningkatan Aksesibilitas untuk WordPress 6.0

Ada banyak peningkatan aksesibilitas WordPress yang telah didokumentasikan di sini.

Di antara yang menjadi sorotan adalah:

  • Beberapa perubahan aksesibilitas adalah peningkatan pada teks alternatif yang digunakan pada gambar unggulan.
  • Ada juga peningkatan untuk tab ke placeholder blok.
  • Yang juga perlu diperhatikan adalah beberapa peningkatan terkait dengan pembaca layar.
  • Peningkatan pada Blok Navigasi
  • Peningkatan pada Tampilan Daftar WordPress
  • Perbaikan Media Penanganan

Label Beta Full Site Editor WordPress

Sesuatu yang mungkin berguna untuk dipertimbangkan tentang WordPress 6.0 adalah bahwa Full Site Editor (FSE) masih berlabel Beta.

WordPress 6.0 meningkatkan pengalaman pengeditan bagi pengguna akhir dengan membuat proses penulisan lebih mudah serta memudahkan untuk memimpikan tata letak situs web yang unik tanpa harus berurusan dengan kode. Namun FSE masih dianggap sebagai produk Beta.

Kabar baiknya, menurut apa yang dibagikan oleh tim WordPress dengan Search Engine Journal, adalah bahwa full site editor akan melihat peningkatan yang berkelanjutan.

Tim WordPress membagikan:

“Sementara 6.0 menggerakkan WordPress ke arah yang benar, ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menciptakan pengalaman pengeditan situs yang kohesif, jadi jika Anda menunggu pengeditan situs penuh terasa lebih intuitif, harapkan itu datang di 6.1 dan seterusnya.”

Sudah siap upgrade ke WordPress 6.0?

*

Referensi:

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *