Verse Block: Cara Menulis Puisi atau Lirik Lagu di WordPress

WordPress Verse Block dirancang untuk menampilkan teks dalam format yang diverifikasi. Fitur block editor Gutenberg ini akan menampilkan teks tanpa mengubah jeda baris dan spasi tulisan kita.

Menekan tombol Enter akan memulai baris berikutnya alih-alih memulai paragraf baru. Ini memang tidak dimaksudkan untuk konten normal. Sebaliknya, ini dirancang untuk format puisi, lirik lagu, atau jenis ekspresi sastra lainnya.

Mengetahui cara menggunakan Verse Block dapat membantu kita mendesain tampilan konten dengan benar. Dalam artikel ini, kita akan melihat cara mengatur dan beragam opsi yang ditawarkan Verse Block.

Cara Menambahkan Verse Block ke Postingan atau Halaman

wordpress verse block gutenberg

Untuk menambahkan Verse Block ke halaman dan posting kita, pilih ikon blok di dalam editor konten atau di sudut kiri atas halaman, masukkan nama blok, dan pilih saat muncul.

Verse Block kemudian ditambahkan ke konten. Kita dapat mulai menambahkan puisi, lirik lagu, dan format sastra lainnya, misalnya pantun atau haiku. Gaya default Verse Block akan bervariasi tergantung pada tema yang kita gunakan.

Saya menggunakan tema GeneratePress, berikut contoh hasilnya:

Derai-Derai Cemara

Cemara menderai sampai jauh
terasa hari akan jadi malam
ada beberapa dahan di tingkap merapuh
dipukul angin yang terpendam

Aku sekarang orangnya bisa tahan
sudah berapa waktu bukan kanak lagi
tapi dulu memang ada suatu bahan
yang bukan dasar perhitungan kini

Hidup hanya menunda kekalahan
tambah terasing dari cinta sekolah rendah
dan tahu, ada yang tetap tidak terucapkan
sebelum pada akhirnya kita menyerah

- Chairil Anwar

Saat memasukkan teks dan menekan tombol Enter, kita akan dibawa ke baris berikutnya. Ini berfungsi seperti Preformatted Block ketimbang Paragraph Block, yang menambahkan paragraf baru saat kita menekan Enter.

Bahkan menyimpan spasi ekstra yang kita tambahkan di antara kata-kata. Contoh ini menunjukkan posting yang diterbitkan, lengkap dengan spasi dan jeda baris.

Pengaturan dan Fitur Verse Block

Verse Block memiliki dua area dengan pengaturan dan opsi. Yang pertama adalah Verse Toolbar, yang kedua adalah opsi Verse Block di sidebar kanan.

Mengklik di mana saja di Verse Block akan membuka bilah alatnya.

1. Ubah Jenis atau Gaya Blok

Pengaturan pertama mengubah blok menjadi Paragraph Block, mengubah jumlah kolom, dan memungkinkan kita mengelompokkan. Melayang menunjukkan pratinjau sehingga kita akan tahu bagaimana tampilannya.

2. Seret atau Pindahkan

Alat seret mencakup enam titik. Ambil titik-titik ini untuk menyeret blok ke mana pun kita mau. Sebagai alternatif, kita dapat mengeklik panah untuk memindahkan blok ke atas atau teks di dalam konten.

3. Perataan Teks

Opsi perataan teks mencakup kiri, tengah, dan kanan. Ini bergerak di mana teks disejajarkan di dalam blok.

4. Tebal dan Miring

Pengaturan tebal dan miring berlaku untuk teks yang kita sorot saat memilih opsi. Gunakan mereka secara individu atau bersama-sama, seperti yang telah saya lakukan dalam contoh ini.

5. Link atau Tautan

Setelan tautan memungkinkan kita menelusuri atau memasukkan URL untuk bagian teks yang telah kita sorot. Ini berfungsi misalnya untuk memberi rujukan ke sumber aslinya.

6. Pengaturan Lain

Tautan Pengaturan Lainnya membuka kotak tarik-turun dengan banyak opsi. Mereka mencoba memberikan contoh sederhana untuk menunjukkan secara visual untuk apa mereka.

  • Inline code. Ini menunjukkan teks sebagai kode. Saya telah mengatur baris pertama dan ketiga ke format kode dalam contoh ini.
  • Inline image. Membuka Media Library kita untuk memilih gambar. Gambar ditambahkan sebaris, di lokasi kursor ditempatkan. Memilih gambar akan membuka kotak tarik-turun tempat kita dapat memilih lebar gambar.
  • Keyboard input. Menambahkan tag keyboard ke konten kita. Ini mendefinisikan input keyboard dan ditampilkan dalam font monospace default browser.
  • Strikethrough. Menambahkan garis melalui teks yang telah kita sorot.
  • Subscript. Memformat teks yang kita sorot sebagai subskrip atau huruf kecil di bawah baris.
  • Superscript. Memformat teks yang kita sorot sebagai huruf kecil di atas baris normal, misalnya tanda pangkat kuadrat.
  • Text color. Memungkinkan kita menyesuaikan warna teks yang telah disorot. Kita dapat memilih beberapa warna, atau memasukkan nilai sebagai kode hex atau RBG.

Beragam Pilihan dalam Verse Block

Opsi Verse Block meliputi:

  • Hide More Settings – ini menyembunyikan bilah sisi kanan, memberi kita ruang kerja yang lebih bersih.
  • Copy – salin Verse Block sehingga kita dapat menempelkannya di mana saja di editor yang kita inginkan.
  • Duplicate – membuat duplikat dari Verse Block dan menempatkannya di bawah yang asli.
  • Insert After – menambahkan spasi sebelum Verse Block sehingga kita dapat menempatkan blok lain.
  • Insert Before – menambahkan spasi setelah Verse Block sehingga kita dapat menempatkan blok lain.
  • Move To – menempatkan garis biru yang dapat kita pindahkan ke atas atau ke bawah dengan tombol panah. Ketika garis biru mencapai lokasi yang kita inginkan untuk memindahkan Verse Block, tekan Enter dan blok dipindahkan secara otomatis.
  • Edit as HTML – membuka editor kode agar kita dapat mengedit semua konten sebagai HTML.
  • Add to Reusable Blocks – tambahkan Verse Block ke daftar blok yang dapat digunakan kembali sehingga kita dapat menggunakannya di halaman atau pos mana pun.
  • Group – tambahkan blok ke grup sehingga kita dapat menyesuaikan blok sebagai satu unit.
  • Remove Block – menghapus blok.

Pengaturan Verse Block

Pengaturan Verse Block ditempatkan di sidebar kanan. Jika bilah sisi ditampilkan, maka memilih blok akan menampilkan pengaturan. Jika bilah sisi tidak muncul, klik ikon roda gigi lalu pilih blok di area konten.

  • Tipografi memungkinkan kita memilih ukuran font untuk seluruh blok dari kotak dropdown atau memasukkan ukuran khusus.
  • Warna memberi kita kendali atas teks dan warna latar belakang Verse Block. Pilih dari warna yang telah dipilih sebelumnya atau pilih warna khusus. Pilih warna solid atau buat gradien untuk latar belakang. Atur gradien sebagai linier atau radial. Kita juga dapat mengatur warna untuk tautan.
  • Jarak memungkinkan kita untuk menambahkan ruang ke semua sisi, atau sisi tertentu, dari Verse Block.
  • Lanjutan menyertakan opsi untuk jangkar HTML dan bidang untuk menambahkan kelas CSS. Jangkar adalah alamat web khusus hanya untuk Verse Block. Ini memungkinkan kita menautkan langsung ke blok ini. Bidang kelas CSS memungkinkan kita membuat CSS khusus untuk menata blok.

Tips dan Praktik Terbaik untuk Menggunakan Verse Block Secara Efektif

poetry wordpress verse block
Foto: Elegant Themes Blog.

Gunakan untuk menampilkan teks yang berbeda dari teks standar di situs web kita. Ini juga merupakan pilihan yang bagus jika kita ingin mempertahankan ruang di konten kita.

Gunakan Paragraph Block untuk membuat judul puisi atau lagu.

Gaya untuk Verse Block akan cocok dengan tema kita secara default. Gaya akan berbeda sehingga menonjol dari situs web kita. Setelah kita menatanya, tambahkan ke blok kita yang dapat digunakan kembali sehingga kita dapat menggunakannya lagi.

Untuk mengonversinya ke jenis blok lain, kita harus mengonversinya menjadi Paragraph Block terlebih dahulu. Kemudian, kita dapat mengonversinya ke jenis blok lainnya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Verse Block

Apa tujuan dari Verse Block?

Digunakan untuk menampilkan teks dengan banyak baris. Ini sangat ideal untuk puisi, lirik lagu, pantun, atau haiku.

Apa perbedaan antara Verse Block dan Paragraph Block?

Ini bekerja mirip dengan Paragraph Block, kecuali bahwa ia mempertahankan spasi kita dan menambahkan teks ke baris berikutnya dengan menekan tombol Enter. Paragraph Block mengharuskan kita menahan tombol Shift saat menekan Enter.

Bisakah itu digunakan untuk apa pun selain puisi?

Tentu saja. Ini ideal untuk puisi dan lirik lagu, tetapi dapat digunakan untuk semua jenis teks yang ingin kita bagi ke dalam format syair. Misalnya, kita juga dapat menggunakannya untuk menyajikan daftar yang tidak berpoin atau bernomor.

Apakah kita harus menggunakannya jika ingin bikin puisi?

Sebenarnya terserah. Kita dapat menambahkan puisi ke Paragraph Block dengan menahan Shift saat kita menekan Enter, tetapi Verse Block sudah diformat sebelumnya yang membuatnya lebih mudah digunakan dengan cepat. Cukup masukkan tulisan, tekan Enter, dan lanjutkan mengetik di baris berikutnya.

Kesimpulan

Itulah tampilan WordPress Verse Block. Ini adalah blok yang sangat baik untuk menampilkan puisi, lirik lagu, atau jenis sastra lainnya. Ini juga berguna untuk semua jenis teks yang ingin kita pertahankan spasi atau jeda baris.

Mudah digunakan dan dapat memberikan konten kita kenyamanan visual yang sulit didapat dengan Paragraph Block. Saya sangat menyarankan menggunakan blok WordPress khusus ini untuk semua konten puitis yang kamu bikin.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *