Kategori
Bandung

Tur Palagan Bandung: Bandung di Masa Revolusi

Pasukan Inggris bagian dari Brigade MacDonald tiba di Bandung pada tanggal 12 Oktober 1945. Dari awal hubungan mereka dengan pemerintah Republik Indonesia yang baru berdiri sudah tegang. Pasukan Inggris menuntut agar semua senjata api yang ada di tangan penduduk diserahkan kepada mereka. Selain itu, orang-orang Belanda yang baru dibebaskan dari kamp tawanan mulai melakukan tindakan-tindakan yang mulai mengganggu keamanan. Akibatnya, bentrokan bersenjata antara Inggris dan TKR tidak dapat dihindari.

Malam tanggal 21 November 1945, TKR dan badan-badan perjuangan melancarkan serangan terhadap kedudukan-kedudukan Inggris di bagian utara, termasuk Hotel Homann dan Hotel Preanger yang mereka gunakan sebagai markas. Tiga hari kemudian, MacDonald menyampaikan ultimatum kepada Gubernur Jawa Barat agar Bandung Utara dikosongkan oleh penduduk Indonesia, termasuk pasukan bersenjata.

Dari sini sampai nanti tanggal 23 Maret 1946, yang terkenal dengan peristiwa Bandung Lautan Api, terjadi beragam palagan, atau pertempuran. Tur malam ini mengajak kita mengenali konteks sejarah ini.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang