Kategori
Psikologi

Efek Bikini Bikin Lelaki Impulsif

Bikini dan rangsangan seksi lainnya dapat membuat pria lebih rentan untuk mencari kepuasan langsung – yang mengarah ke diet yang membengkak, anggaran dan rekening bank, dan ini dibuktikan penelitian ilmiah.

Dalam studi tersebut, yang dirinci dalam Journal of Consumer Research, para pria secara bergantian membelai kaos dan bra (yang tidak sedang dikenakan saat tes). Setelah menyentuh bra, pria menilai masa depan lebih sedikit dan masa kini lebih banyak, kata ketua peneliti Bram Van Den Bergh dari Katholieke Universiteit Leuven di Belgia. Melihat iklan dengan wanita dalam bikini memiliki efek yang sama.

Bukan karena para pria hanya terganggu oleh gairah seksual mereka, yang menyebabkan mereka memilih lebih impulsif. Sebaliknya, mereka menunjukkan peningkatan kognisi dan kreativitas setelah paparan rangsangan seksi.

Para peneliti menyimpulkan bahwa ada satu sistem nafsu makan yang umum di otak yang memantau keinginan kita untuk bersenang-senang mulai dari permen hingga wajah cantik, alkohol hingga kemenangan lotre. Ketika dirangsang oleh gambar seksi atau bau makanan yang dipanggang, kita mengalami keinginan umum untuk sesuatu yang menyenangkan. “Pada dasarnya, Anda hanya ingin dihargai,” jelas Barbara Briers, seorang peneliti di HEC Paris School of Management. Briers, yang telah melakukan penelitian terkait, tidak terlibat dengan penelitian ini.

Bikini dan Kepuasan Mendesak

an seo rin bikini sexy korea

Van Den Bergh dan rekannya membuat efek bikini tidak berdaya dengan memuaskan selera yang diaduk dengan berbagai jenis hadiah – keamanan finansial.

Rasa kekayaan pribadi sangat tergantung pada apa yang kita anggap sebagai standar masyarakat. Para peneliti memanipulasi persepsi ini untuk membuat subjek pria merasa relatif kaya atau relatif miskin. Ketika sebuah kuesioner mengemukakan bahwa pendapatan rata-rata di masyarakat sangat kecil – lebih kecil dari sebagian besar pendapatan subyek – para pria merasa kaya dalam perbandingan. Sebaliknya, ketika pendapatan rata-rata tersirat sangat besar – jauh lebih kecil daripada subjek laki-laki – sebagian besar pria mulai melihat penghasilan mereka sendiri sebagai kecil.

Ketika para lelaki merasa kaya, bikini kehilangan pengaruhnya. Tetapi jika mereka menganggap diri mereka di antara si miskin, mereka kemungkinan besar akan mencari kepuasan segera setelah melihat perempuan berlari dalam bikini. (Di antara rangsangan seksi lainnya, penelitian ini menggunakan iklan untuk semprotan tubuh Lynx, yang menampilkan ribuan wanita yang memakai bikini.)

Penelitian ini didanai oleh divisi penelitian Aegis Group, sebuah perusahaan pemasaran.

Gairah Seksual dan Evolusi

lee chae eun sexy bikini korea girl

Secara evolusi, Briers berhipotesis, gairah seksual yang tidak terpenuhi dapat memicu keyakinan bawah sadar bahwa status reproduksi seseorang dipertaruhkan. Karena ketakutan, pria menjangkau “sumber daya” lainnya – imbalan cepat, makanan cepat saji – untuk meningkatkan peluang mereka untuk bertahan hidup. Di zaman modern, yang lebih ramah, ini mungkin kecenderungan maladaptif.

Efek bikini memang bervariasi dalam kekuatan dari orang ke orang, kata Van Den Bergh. Sementara kebanyakan pria rentan terhadap jenis rangsangan halus – seperti iklan seksi dan pakaian dalam yang menyentuh – yang lain mungkin perlu melihat wanita telanjang sebelum merasa impulsif. Tidak masalah, Van Den Bergh memperingatkan, “terpapar seorang gadis seksi dapat memengaruhi saham apa yang Anda investasikan atau permen yang Anda beli.”

Sementara penelitiannya sendiri menunjukkan jalur hadiah umum, Briers mengingatkan bahwa beberapa penelitian menyarankan tanggapan hadiah yang lebih spesifik (misalnya, ibu baru merespons secara berbeda terhadap bau bayi daripada wanita tanpa anak). Secara keseluruhan, semua penelitian ini, katanya, “adalah awal dari sesuatu yang menarik.”

*

Referensi:

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang