Kategori
Movie Enthusiast

7 Film Andrei Tarkovsky

Faktanya, salah satu sutradara terbesar Rusia hanya membuat 7 film, jadi inilah beberapa kata tentang mereka masing-masing, dan mengapa Anda harus menontonnya.

“Bagiku dia adalah Tuhan,” kata Lars von Trier tentang sutradara film Rusia Andrei Tarkovsky. Dalam sebuah wawancara dengan Time Out London, von Trier mengatakan dia telah melihat film The Mirror sebanyak 20 kali. Baru-baru ini, empat film Tarkovsky dimasukkan dalam daftar BBC dari 100 film berbahasa asing terhebat sepanjang masa.

Keindahan dan keheningan filosofis karya Tarkovsky masih menginspirasi sutradara terkenal dari von Trier ke Andrei Zvyagintsev, serta pembuat film generasi baru.

Salah satu pembuat film paling visioner, terkenal, dan berpengaruh di dunia pada saat kematiannya yang tragis pada usia 54, Tarkovsky membuat hanya tujuh film fitur. Semuanya adalah eksplorasi metafisik dan spiritual kemanusiaan dan setiap film diakui di seluruh dunia sebagai mahakarya artistik.

1. Ivan’s Child (1962)

ivan child 1962

Ini adalah film fitur pertama Tarkovsky. Ivan yang berusia dua belas tahun, yatim piatu karena pasukan invasi Hitler, menjadi pengintai bagi Tentara Soviet. Dia mempertaruhkan nyawanya dengan menyelinap di antara garis depan berawa.

Film ini memenangkan pujian Tarkovsky dengan dianugerahi Golden Lion di Venice Film Festival.

2. Andrei Rublev (1966)

andrei rublev andrei tarkovsky

Film Tarkovsky selanjutnya adalah contoh bagaimana tekniknya maju. Film episodik ini menampilkan delapan momen dalam kehidupan Andrei Rublev, seorang pelukis ikon Rusia abad ke-15.

Film ini ditafsirkan oleh banyak orang sebagai sebuah alegori untuk keadaan buruk artis di bawah rezim Soviet dan sebagai akibatnya tak dirilis secara komersial di Rusia selama beberapa tahun.

3. Solaris (1972)

solaris andrei tarkovsky

Tarkovsky mendapat lebih banyak pujian setelah dia beradaptasi untuk menyaring novel fiksi ilmiah Solaris karya penulis Polandia Stanislaw Lem.

Kisah ini adalah tentang seorang ilmuwan yang dikirim untuk menyelidiki peristiwa misterius di stasiun ruang angkasa yang mengorbit planet Solaris. Setibanya di sana, dia menemukan istrinya yang sudah mati, hidup di stasiun dan mencoba membunuh dirinya, tetapi seperti halnya dalam novel fiksi ilmiah yang mengerikan ini, dia terus datang kembali.

4. The Mirror (1975)

the mirror andrei tarkovsky

The Mirror bisa dibilang film kunci dalam kanon Tarkovsky dan film puitik.

Ingatan yang terpecah-pecah dari penyair sekarat Alexei membentuk lamunan otobiografi yang menghantui ini, yang menjalin puisi oleh ayah Tarkovsky, Arseny, seorang ahli sandi era Soviet yang disegani.

Pendekatan kaleidoskopik film ini tidak menawarkan narasi langsung dan menggabungkan insiden, mimpi, dan kenangan bersama dengan cuplikan berita.

5. Stalker (1979)

stalker 1979

Film fiksi ilmiah Tarkovsky lainnya adalah karya terakhirnya yang dibuat di Rusia sebelum ia beremigrasi ke Italia. Ini didasarkan pada novel Roadside picnic karya Strugatsky Brothers. Dalam dunia fiksi protagonis, seorang Stalker menghasilkan uang dengan memimpin tur ilegal di Zona Mati. Ini adalah area bahaya tersembunyi yang berisi ruangan yang memberikan pengunjung keinginan terdalam mereka. Menurut plot Stalker berangkat ke zona dengan Penulis dan Profesor. Jalan setapak melalui area yang sunyi hanya dapat dirasakan, tak terlihat, dalam labirin metafisik ini.

6. Nostalghia (1983)

nosthalgia andrei tarkovsky

Pada awal 1980-an, Tarkovsky meninggalkan Rusia untuk selamanya. Karir pembuatan filmnya dihidupkan kembali di Italia ketika ia membuat film dokumenter TV Tempo di viaggio diikuti oleh Nostalghia, yang ditulis dalam kolaborasi dengan penulis skenario Italia terkenal Tonino Guerra.

Di Nostalghia, seorang penulis Rusia berkeliling Tuscany dengan penerjemahnya, meneliti seorang komposer Rusia abad ke-18 yang bunuh diri. Kerinduan dan keputusasaan membuatnya frustrasi sampai dia bertemu Domenico, seorang gila, yang meyakinkannya untuk menjalani sebuah tugas, berjalan dengan lilin menyala dari satu ujung kolam spa ke ujung lainnya, untuk “menyelamatkan dunia.”

7. The Sacrifice (1986)

The Sacrifice (1986) andrei tarkovsky

Pada saat Tarkovsky mulai mengerjakan film berikutnya dan terakhirnya, dia tahu dia sakit parah karena kanker. Sebuah produksi Swedia, The Sacrifice adalah alegori pengorbanan ketika seorang pria yang diperankan oleh Erland Josephson menyerahkan semua yang ia sayangi untuk menghindari bencana nuklir.

Keterlibatan Josephson dan sinematografer Sven Nykvist, keduanya terkenal karena kerja sama mereka dengan Ingmar Bergman, menunjukkan pengaruh sutradara Swedia itu, salah satu dari sedikit sutradara yang sangat dikagumi Tarkovsky.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Tinggalkan Balasan