Kategori
Video Game

PCSX2

Bagi Sony, PlayStation 2 tampaknya sudah jadi teknologi lama yang tak perlu lagi untuk dipikirkan. Memang, beberapa game dimutakhirkan, baik sebagai rilis ulang HD atau sebagai unduhan tanpa modifikasi. Tidak dapat dihindari jumlah konsol PS 2 yang bekerja akan perlahan-lahan berkurang, itulah sebabnya proyek emulasi seperti PCSX2 sangat penting untuk memainkan ulang atau memainkan yang belum sempat dimainkan dari beragam harta karun gim PS2.

Bagi saya, yang seringnya hanya punya perangkat low end, dan tentunya tak mampu memainkan beragam gim saat masa keemasannya PS2, kehadiran sebuah emulator adalah mukjizat. Berkatnya, saya bisa memainkan Kingdom Heart dan Persona untuk pertama kalinya. Emulator yang saya gunakan PCSX2, yang paling populer dari yang lain-lain.

Pengembangan PCSX2 dimulai pada tahun 2001 oleh programmer yang menggunakan nama Linuzappz dan Shadow, yang merupakan programmer untuk emulator PlayStation PCSX-Reloaded. Pemrogram lain kemudian bergabung dengan tim, dan mereka akhirnya bisa mendapatkan beberapa game PS2 ke layar pemuatan. Tim kemudian mulai mengerjakan tugas yang sulit untuk meniru PlayStation 2’s BIOS; mereka menjalankannya, meskipun lambat dan secara grafis terdistorsi. Versi 0.9.1 dirilis pada Juli 2006.

Dari 2007 hingga 2011, pengembang bekerja pada Netplay dan meningkatkan kecepatan. PCSX2 0.9.8 dirilis pada Mei 2011 dan menampilkan GUI overhaul yang ditulis dengan wxWidgets yang meningkatkan kompatibilitas untuk Linux dan sistem operasi Windows yang lebih baru, penambahan recompiler VU baru yang membawa kompatibilitas yang lebih baik, editor kartu memori, perbaikan SPU2 Plug-in audio -X, dan banyak perbaikan lainnya.

Ini dapat menawarkan grafis melebihi kemampuan perangkat keras asli, mencapai resolusi hingga 4096 x 4096 dengan anti-aliasing dan penyaringan tekstur. Anda dapat menyimpan game, merekam video sambil bermain, menggunakan berbagai pengontrol, dan bahkan menyesuaikan kecepatan game jika diinginkan.

Tentu saja, Anda akan membutuhkan mesin yang cepat untuk menjalankan game PS2 dengan kecepatan yang layak, tetapi speknya masih masuk akal. Dianjurkan agar Anda memiliki setidaknya Core 2 Duo yang berjalan di 3.2GHz, atau Core i5 di 2.66GHz +. Sedangkan untuk kartu grafis, GeForce 9600GT atau Radeon 4750 diinginkan.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Tinggalkan Balasan