Kategori
Anime

Candu Hikikomori

Tatsuhiro Sato, berusia 22 tahun, selama empat tahun paska drop-out dari kuliah karena menderita serangan panik yang parah, hanya hidup di dalam kamar indekos mungilnya di Tokyo. Dia membayangkan bahwa ada semacam konspirasi yang membuatnya jadi hikikomori, bahwa ada organisasi rahasia yang memproduksi ilusi adiktif berupa khayalan yang terus berlanjut dan muncul kembali ketika dia sedang stres.

Ketika mendengar tetangga membunyikan lagu tema dari serial anime magical girl semacam Minky Momo, Sato merasa terganggu dan uring-uringan. Tak tahan, ia memberanikan diri keluar kamar untuk menegur, dan menemukan kalau tetangganya itu adalah adik kelasnya ketika sekolah menengah dulu, Yamazaki Kaoru. Meski tak separah Sato, Yamazaki hampir mendekati hikikomori kalau saja dia tidak harus keluar untuk ambil kelas di sekolah desainer video game. Yamazaki adalah tipikal otaku yang menyukai anime, hentai dan video game.

Kemudian hadir seorang gadis misterius, Misaki Nakahara, yang mengajak Sato ke dalam “proyek” yang ia rancang, untuk membantunya keluar dari jeratan hikikomori. Sato hampir tidak tahu apa-apa tentang Misaki, tetapi Misaki tahu semua tentang Sato dan hidupnya. Bahkan sebelum bertemu dengannya, Misaki sudah tahu namanya, ulang tahun, dan bahkan kenyataan bahwa Sato berhenti kuliah. Pada awalnya Sato ragu untuk menerima tawarannya, berpura-pura bukan seorang hikikomori, tetapi akhirnya menerima tawarannya.

Misaki memberi Sato sebuah kontrak yang pada dasarnya menguraikan bahwa sekali sehari mereka akan bertemu di malam hari di sebuah taman. Misaki akan memberi kuliah kepada Tatsuhiro dalam upaya untuk membebaskannya dari gaya hidupnya. Selama sesi ini, banyak subjek dibahas, kebanyakan berkaitan dengan psikologi atau psikoanalisis, misalnya menafsirkan mimpi Tatsuhiro baru-baru ini. Namun, baik Tatsuhiro dan Misaki, memiliki kecenderungan melakukan hal-hal yang mengada-ada, seperti menyembunyikan kebenaran, terutama dari satu sama lain dan dari diri mereka sendiri.

tatsuhiro sato welcome to nhk

Welcome to NHK adalah anime yang memiliki tema keputusasaan, kesepian, kecemasan, dan bagaimana hal itu dapat menenggelamkan kita. Apa yang kita lihat di sekitar kita dapat diubah olehnya, dan kita dapat membuat diri kita berpikir bahwa semua orang di sekitar kita keluar untuk menertawakan kita dan meremehkan keberadaan kita, meskipun itu semua hanya ada di kepala kita. Welcome to NHK merupakan novel Jepang yang ditulis oleh Tatsuhiko Takimoto, diterbitkan 2002, dan kemudian diadaptasi menjadi anime 24 episode yang ditayangkan pada tahun 2006. Meski begitu kisahnya masih sangat relevan sampai hari ini.

Lihat: 15 Anime Adaptasi dari Novel

Tema-tema di sepanjang cerita berhubungan dengan depresi, isolasi, ketakutan eksistensial, kesulitan hidup dan bagaimana seseorang harus menghadapinya dengan cara mereka sendiri. Welcome to NHK menganalisa banyak sekali fenomena hikikomori.

Definisi kamus hikikomori adalah “keadaan atau kondisi penarikan sosial akut”. Jumlah orang yang hidup dengan gaya hidup hikikomori atau NEET (Not in Employment, Education or Training) meningkat setiap hari di seluruh dunia tetapi mereka sebagian besar terkonsentrasi di Jepang. Hikikomori pada dasarnya menutup diri. Mereka merasa tidak nyaman di hadapan orang lain sehingga mereka membenamkan diri di kamar atau rumah. Mereka bisa menjalani laku ini karena ada akomodasi, apakah pemberian dari orang tua atau saudara, atau pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah.

Selain berkaitan dengan fenomena hikikomori, Welcome to NHK juga mengeksplorasi banyak subkultur Jepang lainnya, misalnya otaku, lolicon, dan klub bunuh diri internet. Sepanjang jalan kita juga menghadapi skema licik multi-level marketing, kecanduan permainan online serta pornografi internet, dan game erotis yang dirancang untuk menarik para bujangan putus asa.

welcome to nhk quote

Sepanjang anime, Sato melalui perjalanan emosional dan mental. Kadang-kadang, ia tampak bisa keluar dari cangkangnya dan bisa keluar dari jerat hikikomori, untuk kemudian disedot kembali oleh hal-hal yang tidak menguntungkan dan keputusasaan dirinya. Ketika segala sesuatunya berjalan dengan baik, Sato malah sering berpikir berlebihan, dan akhirnya berprasangka bahwa apa pun situasi baik yang dia alami hanya untuk membuatnya berubah menjadi hikikomori yang lebih terisolasi secara sosial. Sato sebenarnya cukup pintar untuk seseorang dalam situasinya, dia hanya tidak mampu secara mental untuk keluar dari kebiasaannya. Misaki dan Yamazaki berusaha keras untuk membuatnya kembali ke kehidupan bermasyarakat, tetapi Sato sering membalikkan kemajuan yang dibuatnya.

Hampir semua hal tentang Welcome to NHK mendukung kisahnya yang luar biasa dan memikat. Soundtrack-nya menggairahkan, menekan, dan membuat penonton cemas. Hubungan yang dibangun Sato dengan karakter lain cukup memuaskan untuk ditonton, bahkan jika dia terus-menerus mengacaukannya. Secara keseluruhan, Welcome to the NHK adalah anime brilian yang menampilkan perjuangan seorang yang mencoba memasuki kembali masyarakat setelah bertahun-tahun terisolasi.

Tinggalkan Balasan