Kategori
Anime

Sebuah Dunia Tanpa Haruhi Suzumiya


Haruhi Suzumiya adalah salah satu contoh terbaik anime chuunibyou: sebuah kompleks yang dialami oleh anak-anak sekolah menengah ketika mereka percaya punya kekuatan khusus atau makhluk ajaib. Dalam anime ini, semua memang benar.

Haruhi Suzumiya adalah siswa yang menarik, pintar, dan atletis, tapi dia hanya menginginkan satu hal: bergaul bukan dengan manusia biasa. Penjelajah waktu, esper, alien, dan sejenisnya adalah yang ia cari. Namun kemudian Haruhi mulai membuka diri pada Kyon yang sangat normal, yang merupakan narator kita.

haruhi kyon

Haruhi mengajak Kyon untuk mendirikan klub sekolah untuk mencari fenomena supranatural. Tiga anggota lainnya akhirnya tiba, memberikan lima total yang perlu diakui sebagai klub.

Hanya ada dua hal yang Haruhi tak tahu. Pertama, tiga dari anggotanya adalah yang ia cari: Yuki si kutu buku adalah alien data dengan antarmuka manusia, Mikuru yang pemalu dan menggemaskan adalah agen penjelajah waktu dari masa depan, dan Koizumi adalah esper dari sebuah organisasi dengan jejaring kuat. Mereka sedang menyelidiki hal kedua yang Haruhi tak tahu: dunia tampaknya telah dibuat ulang kembali tiga tahun yang lalu, dan itu disebabkan Haruhi dengan kekuatannya yang tak ia ketahui, kekuatan seperti Tuhan.

Masalahnya adalah jika Haruhi tahu bahwa semua yang dia ingin tahu benar-benar nyata, dia mungkin akan bosan dan tanpa sadar melakukan reboot pada dunia lagi. Jadi para anggota S.O.S Brigade membuat Haruhi tetap terlibat tanpa memberi tahu hal sebenarnya, mengakibatkan terjadinya serangan serangga raksasa, alam semesta paralel, dan liburan musim panas yang berlangsung terus berulang, yang bahkan akan dialamai langsung penonton.

The Disappearance of Haruhi Suzumiya

haruhi suzumiya kyoto animation

Franchise Haruhi Suzumiya seperti naik roller coaster, terkadang lambat, kadang cepat sehingga suasana hati kita selalu melankolis ketika kita menikmatinya. Namun, waralaba ini adalah yang terbaik yang pernah ada.

Baca juga: 15 Anime Adaptasi Novel

The Disappearance of Haruhi Suzumiya sebagian besar mengambil beberapa lubang plot yang belum terselesaikan dari serial animenya. Dalam film ini, Kyon terjebak dalam dunia paralel waktu yang berbeda dengan Haruhi Suzumiya menghilang tanpa jejak. Semua orang dan teman-temannya tidak tahu tentang Haruhi, bahkan Yuki Nagato dan Mikuru Asahina pun tak tahu apa-apa.

Ceritanya tampak sederhana dan solid sehingga kesan pertama yang saya dapatkan dari beberapa menit film ini dimulai adalah langkah yang berjalan lambat hingga 20 menit atau lebih. Kyon mencoba mencari tahu mengapa dirinya dan dunia yang ia tinggali berubah secara drastis. Karena itu, saya suka bagaimana cerita dalam film ini bekerja karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Dalam The Disappearance of Haruhi Suzumiya, kita akan melihat sisi lain dari karakter dan fokus pada Kyon dengan perjuangannya kembali ke dunia asalnya. Sisi lain Yuki Nagato juga menunjukkan kepribadiannya yang manis dibandingkan dengan karakter yang tak memiliki emosi sama sekali.

Sebagai karakter yang sering kita temui dengan sifatnya yang mengeluh, Kyon dalam film ini menunjukkan sisi lain seseorang yang tulus dan pesimis ketika dia berurusan dengan masalah. Kyon yang semakin tertekan yang hampir putus asa adalah karakter yang bukan tipe Kyon.

kyon disapperance of haruhi suzumiya

Yang bisa Kyon harapkan hanyalah keajaiban. Namun, itu tidak semudah yang dia pikirkan karena konflik yang ada di anime ini selalu memberikan twist yang muncul begitu saja. Juga, lubang plot dari seri sebelumnya akan diceritakan di sini dan akan memiliki benang merah yang saling berhubungan.

Seperti anime Kyoto Animation pada umumnya yang selalu membawa karya visual yang memiliki karakteristik sendiri, The Disappearance of Haruhi Suzumiya memiliki seni visual yang indah hingga ke detailnya. Peningkatan yang disajikan dari dua seri sebelumnya memang hebat, film ini memiliki penggambaran karakter, latar belakang, sinematografi, dan gerakan serta adegan yang unik. Jadi, tak perlu lagi membahas aspek visualnya karena saya akui bahwa Animasi Kyoto selalu juara.

Soundtrack dan musik di anime ini sangat bagus karena mendukung adegan yang seperti instrumen intens dengan koreografi yang hebat. Tema pembukaan mengambil musik yang ada di musim pertama “Bouken Desho Desho?” oleh Aya Hirano serta pengisi suara Haruhi Suzumiya. Saya juga sangat suka lagu penutup “Yasashii Boukyaku” oleh Minori Chihara yang jadi pengisi suara Yuki Nagato.

Saya suka setiap detik film ini. Itu tidak membuat saya merasa bosan dan selalu ingin tahu tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Karena berfokus pada Kyon, saya menyukai karakter yang lebih berkembang di sini. Kyon memiliki karakter antusias, depresi, putus asa di anime ini. Dia juga menyadari perasaannya karena Haruhi Suzumiya adalah orang yang paling dekat dengannya.

Kisah-kisah yang selalu membuat penasaran tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. The Disappearance of Haruhi Suzumiya sangat menawan dan menghangatkan hati, tetapi intens dan meninggalkan kesan menyentuh sekaligus ambigu.

Tinggalkan Balasan