Kategori
Anime

10 Anime Dekade 2010-an Terbaik Pilihan Anime Trending

Anime Trending adalah situs untuk semua penggemar anime, baik mereka yang mencari anime baru, atau berita industri tentang rilis mendatang. Anime Trending merilis klasemen yang menampilkan anime, karakter, ship, dan soundtrack terbaik setiap musim.

Selama bertahun-tahun, Anime Trending telah berkembang menjadi penghubung bagi penggemar anime, baik yang lama maupun yang baru, serta saluran bagi anggota industri untuk terhubung dengan komunitas yang penuh gairah.

Klasemen berfungsi sebagai surat kepada para pemimpin industri untuk menunjukkan apa yang mungkin disukai dan dibenci oleh penggemar internasional sehingga mereka dapat terus meningkatkan karya ketika penggemar anime mendukung mereka dari pinggir lapangan.

Anime-anime berikut dipilih per tahun berdasarkan pemenang Anime Trending Award. Karena Anime Trending baru dibentuk September 2013, pemilihan anime sebelum-sebelumnya dipilih lewat polling run-off.

1. K-ON!

  • Episode: 13, 
  • Genre: Comedy, Music, School, Slice of Life
  • Studio: Kyoto Animation

Berada dalam dilema tentang klub mana yang akan ia ikuti, Yui Hirasawa menemukan dan mengajukan permohonan untuk Light Music Club, yang dia pikir klub musik yang memainkan instrumen sederhana.

Sementara itu, Keion akan dibubarkan karena kekurangan anggota. Hal ini menyebabkan anggota klub menawarkan apa saja, mulai dari makanan hingga bersantai selama waktu klub, untuk meyakinkan Yui untuk bergabung. Terlepas dari upaya mereka, Yui bersikeras untuk keluar karena kurangnya pengalaman bermusik. Sebagai upaya terakhir, mereka memainkan peran untuk Yui, yang memicu semangatnya yang membara dan akhirnya meyakinkannya untuk bergabung dengan klub.

2. Hunter X Hunter

hunter x hunter 2011
  • Episode: 148
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Studio: Madhouse

Hunter x Hunter berlatar dunia ketika Hunter ada untuk melakukan segala macam tugas berbahaya seperti menangkap penjahat dan dengan berani mencari harta karun yang hilang di wilayah yang belum dipetakan.

Gon Freecss yang berusia dua belas tahun bertekad untuk menjadi Hunter terbaik dengan harapan menemukan ayahnya, yang juga seorang Hunter dan telah lama meninggalkan putranya yang masih kecil. Namun, Gon segera menyadari bahwa jalan untuk mencapai tujuannya jauh lebih menantang daripada yang pernah dia bayangkan.

Sepanjang jalan untuk menjadi Hunter resmi, Gon berteman dengan Leorio, dokter-dalam-pelatihan yang bersemangat, Kurapika yang punya dendam, dan mantan pembunuh bayaran Killua. Untuk mencapai tujuan dan keinginan mereka sendiri, mereka berempat mengikuti Ujian Hunter, yang terkenal karena tingkat keberhasilannya yang rendah dan kemungkinan kematian yang tinggi.

Sepanjang perjalanan mereka, Gon dan teman-temannya memulai petualangan yang menempatkan mereka melalui banyak kesulitan dan perjuangan. Mereka akan bertemu dengan banyak monster, makhluk, dan karakter — semuanya sambil mempelajari arti sebenarnya dari menjadi Hunter.

3. Sword Art Online

sword art online anime

  • Episode: 25
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Romance, Video Game
  • Studio: A-1 Pictures

Pada tahun 2022, realitas virtual telah berkembang pesat, dan game role-playing online besar-besaran bernama Sword Art Online diluncurkan. Dengan bantuan teknologi “NerveGear”, pemain dapat mengontrol avatar mereka di dalam game hanya dengan menggunakan pikiran mereka sendiri.

Kazuto Kirigaya, yang dijuluki “Kirito”, adalah salah satu dari sedikit penggemar yang beruntung mengikuti beta tester dari game tersebut. Dia masuk untuk menemukan dirinya, bersama sepuluh ribu orang lainnya, di dunia Aincrad yang indah dan rumit, yang penuh dengan senjata abad pertengahan yang fantastis dan monster yang mengerikan. Namun, dalam pergantian peristiwa yang kejam, para pemain segera menyadari bahwa mereka tidak dapat keluar; pencipta game telah menjebak mereka di dunia barunya hingga mereka menyelesaikan semua seratus level game.

Untuk melarikan diri dari Aincrad, Kirito sekarang harus berinteraksi dan bekerja sama dengan sesama pemain. Beberapa adalah sekutu, sementara yang lain adalah musuh, seperti Asuna Yuuki, yang memimpin kelompok utama mencoba melarikan diri dari permainan yang kejam. Lebih buruk lagi, jika mereka mati di Aincrad, mereka mati dalam kehidupan nyata. Kirito harus beradaptasi dengan realitas barunya, berjuang untuk bertahan hidup, dan semoga terbebas dari neraka virtualnya.

Lihat: Alasan Sword Art Dibenci dan Kenapa Saya Tetap Menyukai

4. Hataraku Maou-sama (The Devil is a Part-Timer)

hataraku mou sama anime

  • Episode: 13
  • Genre: Comedy, Fantasy, Romance, Slice of Life
  • Studio: White Fox

Menyerang ketakutan ke dalam hati manusia, Raja Iblis mulai menaklukkan tanah Ente Isla dengan pasukan iblisnya yang besar. Namun, saat memulai pencarian brutal untuk mengambil alih benua ini, upayanya digagalkan oleh pahlawan Emilia, memaksa Setan untuk mundur dengan cepat melalui portal dimensi hanya untuk mendarat di dunia manusia.

Bersama dengan jendralnya yang setia Alsiel, raja iblis menemukan dirinya terdampar di Tokyo modern dan bersumpah untuk kembali dan menyelesaikan penaklukannya atas Ente Isla — yaitu, jika mereka dapat menemukan jalan kembali!

Tak berdaya di dunia tanpa sihir, raja setan menyamar sebagai manusia bernama Sadao Maou dan mulai bekerja di MgRonald’s, sebuah restoran cepat saji lokal, untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dia segera menyadari bahwa tujuannya untuk menaklukkan Ente Isla tidak cukup karena dia tumbuh dengan tekad untuk menaiki tangga perusahaan dan menjadi penguasa Bumi.

Baik itu pekerjaan paruh waktu, pekerjaan rumah tangga, atau hanya mencoba membayar sewa tepat waktu, Hataraku Maou-sama! menyajikan pemandangan lucu dari aspek paling duniawi dari kehidupan sehari-hari, semua melalui mata raja iblis yang malang.

Lihat: 15 Anime Adaptasi Light Novel

5. Zankyou no Terror (Terror in Resonance)

terror in resonance

  • Episode: 11
  • Genre: Crime, Psychological, Thriller
  • Studio: MAPPA

Dicat dengan warna merah, kata “VON” yang tertinggal setelah serangan teroris di fasilitas nuklir di Jepang. Pemerintah hancur oleh ketidakmampuan mereka untuk bertindak, dan polisi dibiarkan dengan panik mencari cara untuk menindak para pelakunya.

Publik tidak tahu apa-apa — sampai, enam bulan kemudian, sebuah video aneh muncul di internet. Di dalamnya, dua remaja laki-laki yang mengidentifikasi diri mereka sebagai “Sphinx” secara langsung menantang polisi, mengancam akan menyebabkan kehancuran dan kekacauan di seluruh Tokyo. Tidak dapat menghentikan kepanikan massal yang menyebar dengan cepat ke seluruh kota dan sangat membutuhkan petunjuk dalam penyelidikan mereka, polisi berjuang untuk bertindak efektif melawan teroris ini, dengan Detektif Kenjirou Shibazaki terjebak di tengah semua itu.

Zankyou no Terror menceritakan kisah Nine dan Twelve, dua anak laki-laki di balik sosok bertopeng Sphinx. Mereka seharusnya tidak ada, tapi mereka berdiri kokoh di dunia penuh tipu dan rahasia sementara mereka membuat kota runtuh di sekitar mereka, semua dengan harapan mengubur kebenaran tragis mereka sendiri.

Lihat: Review Terror in Resonance

6. My Teen Romantic Comedy Snafu

my teen romantic comedy snafu

  • Episode: 13
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life
  • Studio: Brain’s Base
Hachiman Hikigaya adalah siswa SMA yang apatis dengan kecenderungan narsis dan semi nihilistik. Dia sangat percaya bahwa masa muda yang ceria hanyalah lelucon, dan setiap orang yang mengatakan sebaliknya hanya berbohong pada diri mereka sendiri.
Dalam hukuman karena menulis esai yang mengejek hubungan sosial modern, guru Hachiman memaksanya untuk bergabung dengan Klub Layanan Relawan, sebuah klub yang bertujuan untuk mengulurkan tangan membantu setiap siswa yang mencari dukungan mereka dalam mencapai tujuan mereka. 
Dengan satu-satunya anggota klub lainnya adalah ratu es yang cantik bernama Yukino Yukinoshita, Hachiman mendapati dirinya berada di garis depan masalah orang lain — tempat yang tidak pernah dia impikan. Saat Hachiman dan Yukino menggunakan kecerdasan mereka untuk memecahkan banyak masalah siswa, akankah pandangan busuk Hachiman tentang masyarakat terbukti menjadi penghalang atau alat yang dapat dia gunakan untuk keuntungannya?

7. Natsume’s Book of Friends

natsume book of friend

  • Episode: 13
  • Genre: Drama, Shoujou, Supernatural, Slice of Life
  • Studio: Brain’s Base
Mengikuti Takashi Natsume, seorang bocah lelaki yang bisa melihat youkai. Natsume dan pengawalnya Madara, yang dijuluki Nyanko-sensei, melanjutkan pencarian mereka untuk melepaskan youkai dari kontrak mereka di “Book of Friends.”
Natsume menyadari kemampuannya untuk melihat youkai dan berhenti menganggapnya sebagai kutukan. Saat dia menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman manusia dan youkai, dia menyadari betapa dia menghargai mereka berdua dan memutuskan dia tak harus memilih antara dunia roh dan dunia manusia untuk bahagia.

8. Tsuki Ga Kirei

tsuki ga kirei

  • Episode: 12
  • Genre: Romance, School
  • Studio: feel.
Dengan tahun ajaran baru datang kerumunan baru teman sekelas, dan untuk tahun terakhir mereka di sekolah menengah, calon penulis Kotarou Azumi dan anggota tim lari Akane Mizuno berakhir di kelas yang sama. 
Meski awalnya adalah orang asing, beberapa pertemuan kebetulan membangkitkan keinginan yang tidak bersalah di dalam hati mereka. Tatapan penuh kerinduan, hati yang berdebar-debar — ciri-ciri cinta muda menyelinap ke dalam hidup mereka saat takdir membawa jalan mereka ke persimpangan.
Namun, meski cinta itu sabar dan cinta itu baik hati, Kotarou dan Akane menyadari bahwa itu tidak selalu mudah. Terlepas dari kenyamanan yang mereka temukan saat ditemani satu sama lain, sakit hati dan kecemasan datang seiring dengan mengejar perasaan di dalam hati mereka. 
Dengan ketidakpastian tentang bagaimana perasaan orang lain serta persaingan kasih sayang dari orang-orang di sekitar mereka, jalan ke depan menjadi tidak jelas. Meski begitu, di bawah cahaya bulan purnama yang indah, Kotarou mengumpulkan keberaniannya untuk mengajukan satu pertanyaan kepada Akane, yang selamanya mengubah hubungan tenang mereka.

9. A Place Further Than the Universe

a place further than universe

  • Episode: 13
  • Genre: Adventure, Comedy, Drama
  • Studio: Madhouse
Dipenuhi dengan rasa takjub yang luar biasa akan dunia di sekitarnya, Mari Tamaki selalu memimpikan apa yang ada di luar jangkauan alam semesta. Namun, meski menyimpan aspirasi yang begitu besar di dalam, ketakutannya akan hal yang tidak diketahui dan kecemasan atas kemungkinan keterbatasannya sendiri selalu menahannya untuk mengejar mereka. 
Namun sekarang, di tahun kedua sekolah menengahnya, Mari lebih bertekad dari sebelumnya untuk tidak membiarkan masa mudanya terbuang percuma. Namun, ketakutannya terus menghalangi dia untuk mengambil langkah ambisius itu — yaitu, sampai dia memiliki kesempatan untuk bertemu dengan seorang gadis yang memiliki impian besar sendiri.
Didorong oleh hilangnya ibunya, Shirase Kobuchizawa telah bekerja keras untuk mendanai perjalanannya ke Antartika. Meskipun menghadapi keraguan dan cemoohan dari hampir semua orang, Shirase bertekad untuk memulai ekspedisi ini untuk mencari ibunya di tempat yang lebih jauh dari alam semesta itu sendiri. 
Terinspirasi oleh tekad Shirase, Mari memanfaatkan kesempatan untuk bergabung dengannya. Segera, upaya mereka menarik perhatian Hinata Miyake yang ceria, yang sangat ingin menonjol, dan Yuzuki Shiraishi, seorang gadis sopan dari latar belakang kelas atas. Bersama-sama, mereka berlayar menuju selatan yang beku.
Sora yori mo Tooi Basho mengikuti perjalanan menawan dari empat gadis yang bersemangat, semuanya mencari sesuatu yang hebat.

10. Vinland Saga

vinland saga

  • Episode: 24
  • Genre: Action, Adventure, Historical, Seinen
  • Studio: Wit Studio
Thorfinn muda tumbuh dengan mendengarkan kisah-kisah para pelaut tua yang telah menjelajahi samudera dan mencapai tempat legenda, Vinland. Dikatakan hangat dan subur, tempat ketika tidak perlu berperang — sama sekali tidak seperti desa beku di Islandia tempat ia dilahirkan, dan tentu saja tidak seperti kehidupannya saat ini sebagai tentara bayaran. Perang adalah rumahnya sekarang.
Meskipun ayahnya pernah mengatakan kepadanya, “Kamu tidak punya musuh, tidak ada yang punya. Tidak ada orang yang boleh disakiti,” saat ia tumbuh, Thorfinn tahu bahwa tidak ada yang jauh dari kebenaran.
Perang antara Inggris dan Denmark semakin parah setiap tahun. Kematian telah menjadi hal yang biasa, dan tentara bayaran viking mencintai setiap momennya. Bersatu dengan kedua belah pihak akan menyebabkan ayunan besar dalam keseimbangan kekuatan, dan viking senang untuk membuat nama untuk diri mereka sendiri dan mengambil rampasan yang mereka peroleh di sepanjang jalan.
Di antara kekacauan itu, Thorfinn harus membalas dendam dan membunuh Askeladd, orang yang membunuh ayahnya. Satu-satunya surga bagi para viking, tampaknya, adalah era perang dan amukan kematian.

Tinggalkan Balasan