Kategori
Tekno

Seperempat Abad Windows 95

windows 95 bill gates

Dua puluh lima tahun yang lalu hari ini, orang-orang mengantre di CompUSA atau Best Buy pada tengah malam. Itu bukanlah game Call of Duty baru, iPod terbaru Apple, atau jenis perangkat keras apa pun yang ditunggu-tunggu oleh pembeli. Itu adalah perangkat lunak, dan bukan sembarang perangkat lunak: Windows 95.

Rilis Microsoft Windows 95 pada 24 Agustus 1995 adalah peluncuran yang sangat dinantikan. Jay Leno membantu meluncurkan perangkat lunak bersama dengan salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, dengan banyak lelucon dan kemunculan seluruh tim pengembangan Windows 95 di atas panggung.

windows 95 launching

Itu adalah hari yang luar biasa bagi Microsoft dengan iklan TV yang menghebohkan “Start Me Up” dari Rolling Stones dengan gambar tombol Start baru yang masih (hampir) kita gunakan hari ini. Microsoft bahkan mempekerjakan Jennifer Aniston dan Matthew Perry untuk membuat sitkom dunia maya selama satu jam tentang Windows 95, dan perangkat lunak tersebut sangat populer sehingga 7 juta eksemplar terjual selama lima minggu pertama.

Jauh dari semua keriuhan di sekitar peluncuran, para pecandu PC memilih antara prosesor Pentium atau 486, hard drive IDE atau SCSI, CD-ROM berkecepatan ganda, dan kartu audio Sound Blaster untuk merasakan pengalaman terbaik dari Windows 95. Microsoft menambahkan banyak fitur ke Windows 95, tetapi yang terbesar adalah tombol Start, menu, dan bilah tugas baru yang membuatnya lebih mudah untuk menemukan aplikasi dan menavigasi sistem operasi. Perbaikan multitasking dan antarmuka grafis adalah lompatan besar dari Windows 3.1 dan masa MS-DOS, tetapi antarmuka agak mirip untuk pengguna Macintosh dan OS / 2 pada saat itu.

Windows 95 tidak semuanya tentang tombol Start. Selain OS 32-bit, tambahan penting adalah dukungan untuk nama file yang panjang, hingga 250 karakter. Kedengarannya seperti fitur dasar pada tahun 2020, tetapi pada saat itu penamaan dokumen menjadi jauh lebih mudah. Fitur besar lainnya adalah pengenalan Plug and Play, untuk mendeteksi dan memasang perangkat keras secara otomatis. Sementara proses Plug and Play telah sangat ditingkatkan dalam rilis yang lebih baru, implementasi Windows 95 sering disebut sebagai Plug and Play berkat proses penginstalan perangkat yang sering tidak dapat diandalkan yang mengakibatkan konflik IRQ dan banyak kesenangan pengemudi.

Windows 95 Punya Banyak Fitur Baru

Microsoft memiliki rencana lain yang sama ambisiusnya untuk Windows 95. Sebuah aplikasi Microsoft Network (MSN) baru hadir bersama dengan ikon yang menonjol di desktop. MSN dirancang untuk menyediakan akses ke email, chat room, newsgroup, dan homepage WWW pertama melalui koneksi dial-up. Microsoft mengenakan biaya bulanan untuk mengakses MSN, dan jika Anda menggunakannya lebih dari tiga jam sebulan, ada biaya tambahan. Itu adalah hari-hari awal internet dan koneksi dial-up, dan MSN sekarang ada sebagai layanan web melalui berbagai aplikasi atau browser yang disesuaikan.

Microsoft juga memperkenalkan ide pertamanya tentang sinkronisasi data antara beberapa mesin di Windows 95. Tas Kerja Saya bertujuan untuk menyinkronkan file antara laptop dan mesin desktop, dan dalam rilis modern Windows, semuanya didukung cloud berkat layanan penyimpanan OneDrive Microsoft. Microsoft bahkan memperkenalkan dukungan profil pengguna di Windows 95 untuk memungkinkan banyak anggota keluarga masuk dan memiliki profil terpisah mereka sendiri dengan tautan dan aplikasi. Jika Anda tidak puas dengan semua fitur baru Windows 95, Anda dapat membeli Microsoft Plus! untuk Windows 95 pada saat itu. Ini termasuk Internet Jumpstart Kit (versi awal Internet Explorer), dukungan tema, dan sejumlah utilitas sistem. Pembaruan berikutnya untuk Windows 95 juga memperkenalkan fitur-fitur baru sebelum Windows 98 tiba tiga tahun kemudian untuk meningkatkan segalanya.

Nikmati sekilas kembali ke Windows 95 pada foto dan video di bawah ini, terutama Bill Gates dan Steve Ballmer menari untuk “Start Me Up.” Ini klasik, seperti Windows 95.

*

Diterjemahkan dari artikel The Verge berjudul Windows 95 is 25 years old today.

Oleh Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan weeboo yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

3 tanggapan untuk “Seperempat Abad Windows 95”

aku ingat iklan di majalah milik emak taun 96 yg masih majang iklan wiondows ini
namanya anak kecil kukira itu semacam game board ato apa ahaha

agak ngeh pas SD tapi udah pada pakai windows 98 si
memorable banget windows 90an ini

Dulu pas kecil pertama make komputer malah seringnya MS DOS soalnya lebih banyak gamenya (padahal ini udah masuk 2000an kayaknya), interface Windows 95 pusing dan gamenya dikit cuma kartu sama minesweeper itu (waktu itu belum ngerti install).

Sumpah ngeliat iklanny lucu banget yah.. so pixely and old vibes gitu. hehehe
Ehh skrang udh windows 10 aja.. Animasi udh enak ngebuatnya, aplikasi udah mantep. Gambar udh 2k pula dengan layar yang beda-beda kualitasnya..
Mantep perkembangan teknologi skrang.. 95 ke 2020. cuma buth 25 tahun doank..

Tinggalkan Balasan