Kategori
Video Game

Semesta Urban Grand Theft Auto 4

Grand Theft Auto 4 sebenarnya bukan hanya kisah tentang seorang imigran miskin yang ingin mencari duit, tetapi kisah tentang satu kota.

Dalam banyak hal, ini adalah puncak dari segala sesuatu yang telah dicoba Rockstar sejak GTA pada tahun 1997. Sebuah lompatan generasi dan desain yang jelas tengah dibangun, seperti yang akan terlihat di GTA 5 dan GTA Online.

Liberty City tidak lagi hanya sekadar latar mengesankan untuk mereka ulang film-film aksi. Liberty City adalah tempat yang hidup, dengan tujuan untuk menempatkan capnya sendiri pada analogi New York yang sudah lama berjalan — seperti yang terlihat dalam bentuk yang samar-samar di seri game pertama, dan di GTA 3 tahun 2001.

grand theft auto iv

Liberty City: New York ala Grand Theft Auto

Liberty City dibagi menjadi empat wilayah: Algonquin, Broker, Dukes, dan Bohan. Masing-masing memiliki keunikan.

Algonquin adalah Manhattan karya Rockstar: gedung pencakar langit yang menampilkan landmark seperti Rotterdam Tower dan Middle Park, yang didasarkan pada Empire State dan Central Park.

Namun, pada permulaan permainan kita terbatas hanya di Broker, membuat momen ketika akhirnya bisa menjelajahi Alqonquin menjadi sensasi nyata. Star Junction masih sangat mengesankan di malam hari, dan di sinilah vertikalitas kota yang sangat memusingkan membuat kita terpesona.

Dan di sebelah barat adalah Alderney, yang merupakan New Jersey versi GTA 4. Variasi suasana dan arsitektur di setiap distrik menciptakan ilusi bahwa Liberty City jauh lebih besar daripada yang sebenarnya, yang merupakan sesuatu yang dilakukan dengan sangat baik oleh Rockstar.

Efek serupa dicapai di Red Dead Redemption, yang sayangnya masih belum sampai ke PC. Terbang di atas kota dan menyadari bahwa kota itu dikelilingi oleh lautan yang tak berujung, bukannya terhubung ke daratan.

Pilihan karakter begitu pas. Tak seperti psikopat main-main Vice City atau kisah belangsakan San Andreas, GTA 4 memberi kita Niko Bellic — seorang pria nelangsa di bagian bawah tangga sosial, yang menghabiskan sebagian besar ceritanya dimanfaatkan dan dikhianati oleh orang-orang di sekitarnya.

nico bellic gta iv

Pembukaan game tidak berada di bagian Times Square yang bersinar di New York, tetapi bagian dalam kota Skid Row yang kumuh, di mana dinding apartemen berderak karena suara kereta yang lewat serta rentenir dan gangster tingkat rendah hidup seperti raja di antara kemiskinan dan kemelaratan.

Bahkan pembukaan San Andreas yang berfokus pada geng tak benar-benar menawarkan ini, yakni harapan apa pun yang terus-menerus dilemahkan oleh pengingat bahwa satu bagian dari masa lalu Niko yang tidak dapat dia hindari adalah dirinya sendiri.

Kita dapat melupakan sejenak masalah individu dari GTA 4 lewat berbagai mini-game, atau memutar mata saat eksekusi. Panggilan telepon terus-menerus dari sepupu Niko, Roman, menunjukkan bahwa di dunia ini bowling sedikit lebih membuat ketagihan ketimbang heroin. Namun dalam jumlah besar semua itu menciptakan kota yang tak seperti yang pernah kita lihat sebelumnya.

manhattan bridge gta iv

Ketika game masa lalu akan menampilkan sesuatu seperti klub bugil atau bar burger, GTA 4 memiliki arena bowling yang berfungsi, klub komedi (lengkap dengan orang-orang lucu di dunia nyata dan juga Ricky Gervais), golf, dart, dan internet yang berfungsi penuh penuh dengan segalanya, mulai dari blog salah satu calon pacar Niko hingga parodi World of Warcraft.

Bahkan taksi berkontribusi, dengan kemampuan untuk menuju tujuan dengan satu sentuhan tombol, atau untuk duduk santai dan berkendara melalui kota, mengagumi pemandangan dan melihat karakter sampingan saat ditabrak mobil.

Ini jelas bukan kota 3D pertama dalam game. Juga bukan GTA 3 pada saat itu. Namun Liberty City bisa dibilang kota besar pertama yang benar-benar terasa hidup — seperti orang-orang di sekitar kita mungkin benar-benar menjalani hidup mereka, dan di mana pun kita melihat ada cerita potensial.

Ini kemudian didukung oleh paket DLC, yang tidak hanya menambahkan lebih banyak konten, tetapi menggunakan kemampuan untuk mengubah perspektif untuk menunjukkan kepada kita berbagai bagian kota. The Lost And Damned menceritakan kisah perseteruan geng motor, sementara The Ballad of Gay Tony meringankan suasana dengan kisah klub malam yang mewah. Bahkan dalam versi aslinya, GTA 4 membuatnya layak untuk meluangkan waktu untuk hidup secara aktif daripada hanya menyelesaikannya.

Sungguh menakjubkan bagaimana perluasan ini membuat latarnya terasa baru, meski kita sudah tenggelam selama 50 jam ke dalam cerita Niko. Dan dengan membiarkan terjun ke dalam subkultur yang sangat berbeda tadi, kota ini terasa lebih kaya karenanya.

GTA 4 di sisi lain menempatkan tindakan yang sudah ditulis di skrip. Diminta untuk membunuh seseorang? Mereka akan kebal sampai kita mencapai bagian peta tempat kematian dalam cutscene mereka dijadwalkan berlangsung. Disuruh mengemudi ke suatu tempat? Itu akan ada di mobil INI. Permainan akan menemukan cara untuk gagal dalam misi sampai kita setuju untuk bermain dengan benar, seperti yang dimaksudkan oleh penulis misi.

Mulai GTA 5, serial tersebut masih bergelut dengan masalah ini. Ini adalah kasus yang tidak menguntungkan ketika nilai produksi yang tinggi benar-benar menghalangi aksi.

Itu tidak terlihat bagus bahkan di hari GTA 4, ketika Saints Row 2 merangkul anarki dan benar-benar tidak peduli bagaimana kita menyelesaikan sebagian besar misinya. Begitu pula, seiring perkembangan cerita, semakin sulit untuk membenarkan sebagian besar tindakan.

Sebagai imigran yang tidak punya uang, Niko punya masalah. Sebagai perampok bank yang sukses dengan uang $ 30.000 di sakunya, dia memiliki pilihan, dan penulisannya tidak cukup kuat untuk menjual banyak hal yang muncul kemudian sebagai alasan yang cukup baik untuk tidak memanfaatkan sepenuhnya kekayaan barunya.

Yang penting 10 tahun kemudian bukanlah seberapa sukses setiap elemen GTA 4, tetapi lompatan besar ke depan yang coba dilakukan — untuk pencelupan, untuk dinamisme, dan sekadar upaya untuk menceritakan kisah yang lebih bermakna.

Versi PC GTA 4 membuat lompatannya sendiri ke depan, dengan lebih banyak pemain dalam mode online dan opsi penyesuaian seperti stasiun radio khusus. GTA Online bukanlah hit pada saat dirilis, tetapi peningkatan GTA 5 nantinya akan mendorongnya untuk meraup miliaran dolar.

gta iv enhancement

Dan sebagai wadah untuk beragam mod, GTA 4 membantu memulai komunitas fotografer video game yang terampil, yang menggunakan perbaikan grafis dan pencahayaan seperti iCEnhancer untuk menyulap bidikan Liberty City yang mencolok.

Rockstar kemudian akan menarik perhatian, penceritaan emosional yang jauh lebih baik di Red Dead Redemption, baik dalam karakter utamanya dan dalam semestanya sendiri yang lebih besar tetapi sama-sama diterapkan dengan hati-hati. Hal itu meningkatkan standar sambil menunjukkan game apa yang bisa dicita-citakan, dan itu semua layak dipuji.

*

GTA IV PC Spesifikasi minimun:

  • CPU: Intel Core 2 Duo 1.8GHz, AMD Athlon X2 64 2.4GHz
  • CPU Speed: 1.8 GHz
  • RAM: 1 GB for Windows XP or 1.5 GB for Windows Vista
  • Operating System: Windows Vista – Service Pack 1 / XP – Service Pack 3 / Windows 7
  • Graphics Card: 256MB NVIDIA 7900+ / 256MB ATI X1900+
  • Free Disk Space: 16 GB
  • Dedicated Video RAM: 256 MB

*

Referensi:

Tinggalkan Balasan