Kategori
Internet

IDN App Bikin Baca Berita Makin Asyik, Platform Milenial dan Gen-Z Banget!

idn app

Entah kenapa, rasanya gatal kalau sehari tanpa buka ponsel dilanjut scroll. Meski pada akhirnya kita enggak tahu apa yang didapat, yang pasti tahu-tahu waktu berlalu begitu saja. Scroll media sosial malah makin insecure, buka toko online awalnya iseng scroll malah kepincut dan seringnya bikin rekening menipis. Oh, adakah scroll yang enggak bikin dosa?

Gulir terus ke bawah, balik gulir ke atas, aktivitas scroll ini kayaknya jadi hobi generasi kekikinian. Bukan sepenuhnya salah, justru ini menjadi ciri bahwa generasi Milenial dan Z yang sangat aktif di dunia digital. Bukan hanya scroll, kita sangat antusias untuk mendiskusikan suatu isu, baik di jejaring sosial atau forum-forum diskusi online. Jadi sebenarnya, solusinya bukan dengan melarangnya tapi justru mewadahi kegiatan gulir menggulir gawai ini

idn app milenial

Berangkat dari hal tersebut, IDN Media berinisiatif untuk membuat suatu wadah yang memudahkan Millennial dan Z agar mendapatkan informasi berkualitas sekaligus bisa diskusi di dalamnya. Wadah ini bernama IDN App, bikin kegiatan scroll yang kita sukai dan sering kita lakukan ini setidaknya punya manfaat.

Mengenal IDN Media

Meski IDN App baru dirilis tahun 2020 ini, tapi IDN Media sudah eksis sejak 8 Juni 2014.

Media digital ini didirikan kakak beradik Winston Utomo dan William Utomo di Surabaya. IDN Media dibentuk dengan visi untuk mendemokratisasi informasi, dengan fokus berbagi informasi dan pengetahuan untuk generasi millennial dan Z di Indonesia.

winston utomo idn times
Winston dan William Utomo, kakak beradik pendiri IDN Media. Foto: IDN Times.

Awalnya IDN Media masih berupa mimpi dan idealisme, tapi dua kakak beradik ini memutuskan untuk membagi tugas. William berada di Surabaya untuk mengontrol semuanya, sedangkan Winston masih bekerja di Google Singapura, yang gajinya digunakan untuk mendanai IDN Media.

Tujuan kita adalah menjadi perusahaan media berbasis teknologi dan platform konten untuk generasi Milenial dan Z di Indonesia. – Winston Utomo.

Perlu diingat bahwa di 2014 kata Millennial dan Gen Z masih belum populer seperti sekarang. Tak sedikit prasangka buruk yang menempel pada citra Millennial dan Gen Z di Indonesia, seperti pemalas, gegabah, terlalu santai, egois, tak suka baca, dan prasangka buruk lainnya. Padahal generasi ini juga punya potensi dan nantinya yang akan jadi garda terdepan menggantikan para generesi kolot. Maka, IDN Media bervisi mewadahi generasi muda ini

IDN Times adalah portal utama dari IDN Media. Dengan lebih dari 50 juta pembaca setiap bulannya, IDN memiliki visi untuk menjadi suaranya generasi milenial dan Z. Selain itu, ada beberapa saluran lain di bawahnya yang punya fokus tersendiri, seperti Popbela untuk info gaya hidup dan fashion, Popmama sebagai panduan parenting bagi mama milenial, Yummy untuk mencari resep, duniaku untuk para geek dan wibu, serta GGWP yang berfokus pada panduan game dan berita e-sport terkini.

idn media channel

IDN App: One-Stop Content Platform

Nah, IDN App memberikan akses pada konten-konten yang terverifikasi, informatif, menghibur, dan menginspirasi. Lebih dari itu, IDN App juga bercita-cita untuk menjadi platform bagi orang-orang untuk menyuarakan opini mereka dan saling berbagi pengetahuan.

idn app

William Utomo, yang sekarang menjabat sebagai Chief Operating Officer IDN Media meyakini kalau IDN App akan menjadi one-stop content platform untuk millennial dan gen Z di Indonesia.

Apa itu one-stop content platform? Secara sederhana, ini berarti sebuah platform yang menyediakan berbagai macam konten dengan topik yang bervariasi.

Kami menciptakan sebuah platform dimana pengguna dapat mengonsumsi konten apapun yang mereka mau di platform tersebut.” – Winston Utomo.

News, lifestyle, beauty, fashion, e-sports, travel, parenting, sport, gaming, food, dan masih banyak lagi. Tak perlu ke manapun, dengan unduh IDN App, pengguna dapat mengonsumsi semua konten itu tanpa harus keluar masuk aplikasi.

IDN App dan Beragam Fitur Unggulannya

IDN App dilengkapi dengan beberapa fitur menarik untuk para penggunanya. Berikut fitur unggulannya:

1. Beragam Topik Menarik

IDN adalah sebuah media multi-platform online untuk generasi Millennials dan Z. Aplikasi berita terkini dari IDN dapat diakses 24 jam, 1.440 menit, 86.400 detik sehari, jadi jangan takut untuk ketinggalan berita terbaru dan terupdate di IDN.

Sumber berita di IDN sekarang berasal dari IDN Times. Kita dapat memilih topik berita yang sesuai dengan minat dan IDN App akan menampilkan berita yang sudah terkurasi sesuai topik yang kita pilih.

  • News: Berita terkini, berita terbaru hari ini yang akurat dan terpercaya. Informasi mengenai hukum, politik, keamanan dan topik penting lainnya, di Indonesia dan dunia.
  • Life: Artikel motivasi hidup berisi informasi terbaru seputar inspirasi, kreativitas, hubungan, wanita, keluarga, pendidikan, dan karir.
  • Hype: Berita viral dan berita unik yang berisi topik-topik Humor, Entertainment, Fun Fact, dan Throwback.
  • Health: Artikel kesehatan dan informasi kesehatan, dari pendidikan sex sampai dunia fitnes, agar mendapatkan tubuh bugar dan jiwa yang sehat.
  • Food: Informasi terbaru seputar makanan sehat. Ada juga rekomendasi tempat makan, resep makanan, dan menu diet sehat.
  • Science: Kumpulan artikel sains terbaru yang menarik, termasuk hasil penemuan dan percobaan.
  • Sport: Berita olahraga terbaru hari ini yang meliputi informasi terbaru seputar dunia sepak bola dan macam-macam olahraga arena di Indonesia dan dunia.
  • Soccer: Berita terkini sepak bola, jadwal hasil pertandingan Liga Indonesia, Timnas Indonesia, Liga Italia, Liga Champions, Premier League, Liga Spanyol.
  • Travel: Kumpulan tempat wisata dan tempat rekreasi terbaru. Membahas destinasi wisata di dunia, info unik dan fakta objek wisata, tips traveling.
  • Teknologi: Berita teknologi terbaru hari ini di Indonesia dan dunia. Seputar informasi review gadget, review game, tips dan trik pengetahuan tentang teknologi.
  • Bisnis: Kumpulan berita bisnis terbaru seputar pengetahuan bisnis yang mencakup ekonomi pemerintah dan keuangan dunia.
  • Otomotif: Berita otomotif terbaru hari ini generasi millennial yang membahas teknologi pada kendaraan mobil dan motor. Informasi modifikasi dan tips berkendara.

2. Anti Hoax

Dengan semakin banyaknya informasi yang kita dapatkan, semakin tinggi pula kemungkinan kita untuk terpapar hoaks atau informasi yang kurang tepat. Melalui konten-konten di IDN App yang sudah terverifikasi, penyebaran hoaks pun dapat dicegah.

3. Tanya Jawab, Dari yang Receh Sampai Serius

Dengan adanya fitur Tanya Jawab di IDN App, kami juga sediakan wadah bagi audiens untuk berdiskusi lebih dalam mengenai suatu isuโ€ – Winston Utomo.

Pengguna dapat menulis pertanyaan tentang topik yang diminati atau menjawab pertanyaan dari pengguna lainnya. Kurang dari 30 hari sejak dirilis, telah ada lebih dari 50.000 pertanyaan dan jawaban dari para pengguna IDN App.

4. Baca Terus Tanpa Iklan Mengganggu

Iklan adalah salah satu perusak kenyamanan membaca di media digital. Lewat IDN App kita tak akan terganggu sama iklan ini.

5. Quiz dan Personality Test

Konten yang berisi quiz-quiz menarik yang dapat menghibur kalian para generasi anak millenial di kala jenuh melanda.

6. Fitur Night Mode

Mata kita harus dijaga, makanya night mode jadi fitur penting.

7. Bisa Share ke Instagram Stories

Bukan hanya lagu favorit kita di Spotify, atau laporan lari dan bersepada kita di Strava, yang bisa dibagi lewat Instagram Stories, artikel favorit kita bisa dipajang juga. Ini sangat berguna buat yang sudah jadi Community Writer di IDN.

Jadi Community Writer dan Tambah Pundi Rekening, Makin Mudah Lewat IDN App

IDN App juga dapat dimanfaatkan bagi yang tertarik untuk menulis artikel di IDN Media. Menariknya, setiap artikel buatan kita yang berhasil tayang akan mendapatkan poin yang dapat ditukarkan ke uang tunai.

Lewat Community Writer, IDN Media juga ingin terus memberdayakan para pencipta konten, agar bisa melakukan hobinya dalam menulis sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan beberapa penulis teraktif bisa mendapatkan lebih dari Rp 50.000.000! Masih pikir-pikir untuk jadi bagian community writer IDN?

idn app community writer

Di halaman profil IDN App, kita dapat memantau proses pemeriksaan artikel oleh sistem artificial intelligence dan tim editor redaksi, serta melihat jumlah poin yang telah kita kumpulkan. Lewat aplikasi ini kita bisa bikin draf atau langsung rilis tulisan kita di mana saja.

Saya juga salah satu Community Writer di IDN, meski baru 3 tulisan yang terbit, soal kesehatan, video game sama cerpen. Kalau pengen baca, bukanya lewat IDN App dan tinggal ketik nama saya.

Yuk, unduh IDN App ini, tersedia di Google dan Apple Store.

10 tanggapan untuk “IDN App Bikin Baca Berita Makin Asyik, Platform Milenial dan Gen-Z Banget!”

Saya termasuk yang suka baca IDN Media, mas Arif ~

Menurut saya kontennya oke, informasi yang ditawarkan juga bagus-bagus, dan penyortiran beritanya nggak asal-asalan. Hehehehehe. Tapi saya justru tau kalau IDN punya sistem poin untuk penulis lepas seperti yang mas Arif jabarkan. Semoga dengan kesempatan yang ada, banyak penulis bisa menelurkan karyanya di sana ๐Ÿ˜€

Iya tulisan saya aja banyak yg direject gitu hihi, sistem editorialnya ketat jadi kontennya pasti oke2. Berkat jadi community writer, saya juga jadi belajar gmn nulis listicle populer, sebelum2nya soalnya saya nulisnya yg njelimet2 gitu.

Harusnya pembaca setia IDN macam mba Eno ini dikasih penghargaan juga hehe.

Iya biasanya tulisan di IDN Times yg punya niche sesuai bakal dipos ulang di sana, atau sebaliknya.

Nah, kalau soal iklan itu, saya juga belum tau mekanismenya gimana IDN App ini dapat duitnya. Tapi karena di bawah IDN Media, mungkin duitnya ya dari situ.

IDN Times ini juga sering aku baca karena bahasanya ringan tapi topik yang dibahas penting dan sering jarang diulas
dan yang enggak click bait jadinya seneng aja
terus engga ada paginasi kayak media lain jadi sekali buka satu halaman selesai

aku udah resgitrasi jadi penulis si di IDN cuma belum pernah nulis aja
kapan kapan coba deh

Saya sebagai salah satu community writer nya IDN aja suka banget sama apps nya IDN. Bukan karena saya penulisnya juga ya tapi karena memang di IDN juga jadi update banget berita2 terkini apalagi tampilan apps bersih banget jadi enak dibaca tanpa terganggu. Paling suka pake mode malam jadi makin ga sadar kalo udah scrolling lama banget di IDN appsnya karena nyaman hahaha

Tinggalkan Balasan