Kategori
Sepak Bola

5 Klub Sepak Bola dengan Jersey Pink

Beragam klub sepak bola dengan tradisi jersey berwarna pink.

Pink masih jadi stereotip warna buat cewek, sehinggga jarang dikaitkan dengan sepak bola yang begitu maskulin. Namun, ada beberapa klub sepak bola yang telah merangkul warna merah muda ini dan menjadikannya tampilan dan tradisi mereka.

Memang banyak klub di seluruh dunia telah menggunakan warna pink sebagai jersey alternatif untuk satu dua musim. Klub Inggris Everton misalnya telah menggunakan warna merah jambu ini dalam beberapa kesempatan, tetapi belum menjadikannya sebagai warna permanen, tidak seperti lima klub di bawah ini.

1. Juventus

juventus pink

Klub asal Italia ini telah berkali-kali menggunakan warna pink untuk jersey alternatif beberapa kali. Padahal, jersey pertama “Si Nyonya Tua” sebenarnya memang berwarna merah muda (seperti yang terlihat pada foto pertama yang diambil klub pada tahun 1898). 

Faktanya, merah muda bisa menjadi warna resmi Juventus sampai hari ini jika bukan karena seorang pria bernama John Savage yang meminta klub Inggris Notts County untuk menjadikan jersey bergaris hitam dan putih mereka untuk menggantikan warna merah muda Juventus pada tahun 1903 .

2. Partick Thistle

patrick thistle

Seperti halnya dengan Juventus, klub Skotlandia Patrick Thistle tidak menggunakan warna merah muda di warna primer atau di lencana klub mereka. Namun pada 2008 Thistle menjadi klub pertama di Skotlandia yang secara permanen memasukkan warna itu ke dalam seragam tandang mereka secara permanen. Sejak musim 2008-09 Patrick Thistle telah memiliki berbagai desain menarik termasuk merah muda yang dikombinasikan dengan hitam, perak dan putih.

3. Cerezo Osaka

cerezo osaka

Klub Jepang berusia 56 tahun Cerezo Osaka sangat menyukai warna pink. Warnanya adalah yang utama dengan aksen ungu kebiruan. Kombinasi warnanya sangat tajam, begitu mencolok mata. Tampaknya klub telah memutuskan untuk memasukkan warna merah muda yang paling cerah dan seperti permen untuk kemeja dan lambang mereka.

4. √Čvian Thonon

evian thonon

Meski memiliki lambang yang terdiri dari warna merah, putih dan emas, klub Prancis Evian justru dijuluki Les Roses, yang dalam bahasa Prancis berarti “si pink”. Klub ini menampilkan warna merah jambu di kaus kandangnya dan juga sebagai aksen di sebagian besar seragam tandangnya.

Itu dan fakta bahwa klub menggunakan desain gunung yang terlihat pada botol air Evian. Di jersey mereka, benar-benar membuat tim terlihat sedikit seperti produk kemasan. Dengan perusahaan induk Evian water, Groupe Danone, tidak lagi mensponsori klub tersebut, kaus tersebut kemungkinan besar tidak akan terlihat seperti botol air, tetapi akan menampilkan warna atau aksen merah muda di ketiga kaus musim 2015-16.

5. Palermo

palermo pink jersey

Tanpa diragukan lagi, tim Italia Palermo adalah klub paling populer yang diasosiasikan dengan warna pink. Dengan julukan utama sebagai “Rosanero” (Pink-Hitam), hanya sedikit yang bisa membantah bahwa warna itu tertanam dalam tradisi dan sejarah klub. Merah muda telah digunakan di klub sejak 1907, memberi warna satu-satunya rumah tempat ia digunakan selama lebih dari satu abad dalam sepak bola profesional.

Dari tahun 1936 hingga 1940 klub tersebut diperintahkan oleh rezim Mussolini untuk mengenakan warna kotamadya, yaitu kuning dan merah. Kemudian pada tahun 1941 klub yang dikenal sebagai Palermo Foot-Ball Club bergabung dengan Juventina Palermo dan mengenakan kemeja warna biru muda selama setahun, tetapi kembali ke warna pink dan hitam yang populer di musim berikutnya, kombinasi yang mereka pegang sejak itu.

4 tanggapan untuk “5 Klub Sepak Bola dengan Jersey Pink”

pas juve pakai pink beberapa tahun lalu aku sempat shock
ha pink jauh amat sama hitam putih
tapi emang sejarahnya pink ya
klo palermo aku tau pas liat beberapa dokumenternya
sama ada si satu lagi lupa aku mas di sekitar sisilia pokoknya hahaha
maklum engga begitu suka bola

Tinggalkan Balasan