7 Lagu Opening Sword Art Online

lisa eir aoi sao sacra music 2019
LiSA dan Eir Aoi di Sacra Music Festival 2019. Foto: Sony Music Japan.

Lagu opening anime selalu bikin vitalitas hidup makin meningkat dan efek samping berupa keinginan untuk menonjok monster dan injeksi semangat untuk mengubah dunia ke arah yang lebih baik. Sword Art Online adalah gudang lagu yang mantap, saya sering menjadikannya sebagai pengiring cuci piring dan saat lari di Lapang Saparua.

Baca juga: Lagu Opening Anime Meningkatkan Vitalitas

Sword Art Online sendiri merupakan seri light novel yang ditulis oleh Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh abec. Berfokus pada protagonis Kazuto "Kirito" Kirigaya dan Asuna Yuuki saat mereka melalui berbagai realitas virtual MMORPG. Serial ini diadaptasi menjadi anime oleh A-1 Pictures, tayang sejak 2012.

Sebagai anime aksi fantasi, tentu saja butuh lagu bertenaga. Dibawakan para penyanyi perempuan pilih tanding, dengan tarikan suara lebih dari lima harakat, berikut 7 lagu opening dari Sword Art Online.

1. LiSA - Crossing Field



Bernama asli Risa Oribe, penyanyi kelahiran 24 Juni 1987 ini memulai karir musiknya sebagai vokalis band indie Chucky. Menyusul pembubaran Chucky pada tahun 2005, LiSA pindah ke Tokyo untuk mengejar karier solo.

Debut pada tahun 2010 sebagai salah satu vokalis band fiksi Girls Dead Monster dalam anime Angel Beats! LiSA kemudian merilis single solo pertamanya "Oath Sign" pada 23 November 2011, yang digunakan sebagai lagu pembuka Fate/Zero.

Baca juga: Fate/Zero yang Sinis dan Dingin 

Berkat kesuksesan lagu tersebut, LiSA terpilih untuk membawakan lagu pembuka pertama untuk serial anime Sword Art Online pada 2012: "Crossing Field". Lagu opening ini mengiringi arc Aincard ketika Kirito dan Asuna bersama seribu pemain lainnya terjebak dalam dunia virtual Sword Art Online.

2. Eir Aoi - INNOCENCE



Jalurnya hampir sama dengan LiSA, penyanyi kelahiran 30 November 1988 ini membuat debut utamanya di bawah SME Records dengan merilis single "Memoria", yang digunakan sebagai lagu tema penutup pertama untuk Fate/Zero.

"Innocence" adalah single ketiga Eir Aoi, yang dirilis pada 21 November 2012, dan digunakan sebagai lagu tema pembuka kedua untuk serial anime Sword Art Online.

Opening babak kedua dari SAO, atau arc Fairy Dance. Meski dari 6.147 pemain yang selamat telah berhasil log out, 300 di antaranya, termasuk Asuna, belum bangun karena alasan yang tak diketahui. Arc ini berada di dunia virtual ALfheim Online, dan Kirito berusaha menyelematkan Asuna.

3. Eir Aoi - Ignite



Sword Art Online II tayang 2014 dan sekali lagi menjadikan Eir Aoi sebagai pengisi lagu. "Ignite" sendiri merupakan single ketujuhnya, dirilis pada 20 Agustus 2014.

Babak pertama Sword Art Online II mengeksplorasi Opening yang mengisi arc Phantom Bullet. Insiden misterius terjadi pada sebuah game VRMMO yang disebut Gun Gale Online (GGO). Pemain misterius yang menyebut dirinya Death Gun menembak dan menyebabkan kematian sungguhan pemain lain. Kirito diminta untuk menyelidiki rumor ini.

4. Haruka Tomatsu - Courage



Kelahiran 4 Februari 1990 ini adalah seorang aktris, seiyuu dan penyanyi, yang berada di bawah label Music Ray'n. Haruka ini yang mengisi suara Asuna.

"Courage" merupakan single ke-14 dari Haruka, dirilis pada 3 Desember 2014 dan digunakan sebagai lagu pembuka kedua Sword Art Online II. Menjadi single tersuksesnya hingga saat ini, setelah memuncaki nomor 4 di tangga lagu Oricon dan bertahan selama sebelas minggu.

Opening yang mengisi babak kedua Sword Art Online II meliputi arc Calibur dan arc Mother's Rosario.

5. LiSA - ADAMAS



Sebelumnya LiSA merilis single "Catch the Moment" yang menjadi lagu tema untuk Sword Art Online The Movie: Ordinal Scale (2017).

Tayang 2018, Sword Art Online: Alicization kembali memakai LiSA untuk membawakan lagu opening: "ADAMAS".

Kali ini, Kirigaya Kazuto ditawari pekerjaan di perusahaan swasta, bernama Rath. Tugasnya adalah untuk menguji mesin FullDive eksperimental generasi ke-4, yang disebut Soul Translator (STL), yang berjalan pada prinsip yang sangat berbeda dari mesin FullDive sebelumnya.

Baca juga: 5 Perangkat Teknologi dalam Sword Art Online

6. ASCA - RESISTER



Asuka ลŒkura yang lahir 5 September 1996 ini dikenal dengan nama panggung ASCA. Musisi Jepang yang berada di bawah label Sacra Music, yang melakukan debut pada tahun 2013 setelah menjadi finalis di Grand Prix Animax All-Japan ke-5. Setelah fokus pada studinya, ia melanjutkan karir musiknya lagi pada akhir 2016. Lagu-lagunya telah mengisi beragam anime dari The Pet Girl of Sakurasou, Fate/Apocrypha, dan Sword Art Online.

"Resister" merupakan single kelimanya yang dirilis secara digital pada 13 Januari 2019 dan rilis fisik pada 27 Februari 2019; lagu ini digunakan sebagai pembuka babak kedua Sword Art Online: Alicization.

Mengiringi perjalanan Kirito dan Eugeo bertarung dengan para Integrity Knight untuk mencapai lantai atas Central Cathedral, menyelamatkan Alice sekaligus menghentikan kezaliman Quinella.

Lihat: Alice di Sword Art Online

7. Haruka Tomatsu - Resolution



Single ke-19 "Resolution" dirilis secara digital pada 13 Oktober 2019 dan menerima rilis fisik pada 20 November 2019; judul lagu digunakan sebagai lagu pembuka Sword Art Online Alicization: War of Underworld.

Kali ini jagoan kita, Kirito, mengalami semacam koma karena gangguan listrik yang disebabkan serangan teroris ke markas Rath. Fokus berpindah ke Alice, yang harus melindungi Kirito sekaligus terlibat dalam peperangan dengan Dark Teritory.

Siapa Penyanyi Lagu Opening Sword Art Online Alicization: War of Underworld?



Dari trailer terbaru diketahui kalau yang mengisi opening babak pamungkas Sword Art Online adalah ReoNa dengan lagu berjudul "ANIMA". Akan tayang pada 11 Juli nanti, sebagai fans anime ini, saya sangat menantikannya.

6 komentar

  1. aku mung ngerti haruka tomatsu
    tapi enak-enak lagunya tak denger
    beatnya asyik buat lari
    lumayan buat referensi mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling suka lagu Haruka Tomatsu yg "Courage", apalagi diputernya pas bagian arc tersedih di SAO.

      Hapus
  2. Bahasnya tentang anime Jepang y kang. Aku sendiri jarang nonton sword art online jadinya kurang paham. Paling nonton anime Nobita saja.๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maaf aku wibu bau bawang. Kalau lagu opening ini mah, yg bukan fans SAO juga masih bisa didengar kok, malah mungkin jadi favorit. Saya dulu nonton SAO karena suka sama lagunya.

      Hapus
    2. Wibu itu sebutan untuk penggemar anime ya kang? Soalnya saya kurang tahu mengenai anime anime terkini dan juga sebutannya.๐Ÿ˜Š

      Hapus
    3. Iya dari kata weeboo, tingkatan yg lebih rendah dari otaku.

      Hapus

Berkomentarlah sebelum komentar dilarang. Jika kolom komentar enggak muncul, hapus cache browser atau gunakan versi web.