Kategori
Blog Internet

7 Tipe Artikel Blog yang Bisa Menarik Banyak Traffic

Ketika blog kita sudah mapan dan terus berkembang, tercipta lalu lintas baru, pengunjung tertarget dan SEO yang lebih baik. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengarah ke sana, dan ini berguna dalam meningkatkan traffic blog. Salah satunya adalah memilih tipe artikel blog yang paling banyak dicari oleh orang.

Namun sebelum saya membagikan tipe artikel yang bisa menarik banyak traffic, ada beberapa hal yang perlu diketahui:

  • Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. Beberapa orang menghindari tipe tulisan tertentu karena berpikir bakal memakan waktu untuk mempelajarinya, terlalu sulit untuk menguasainya, atau bahkan berakhir gagal. Mulailah dulu dan tingkatkan sedikit demi sedikit. 
  • Kita tidak perlu mencoba semua contoh ini. Antitesis dari poin di atas. Tipe tulisan yang berbeda ditujukan dengan cara yang berbeda. Tak masalah jika menurut kita jenis tulisan tertentu tidak cocok.
  • Pilih satu dan masukkan ke dalam jadwal. Jika kita menggunakan penjadwalan, masukkan satu atau dua di antaranya ke dalam kalender editorial untuk bulan depan. Jika kita tidak merencanakannya, kita mungkin tidak akan melakukannya. Saya menantang untuk memilih salah satu dan mencobanya dalam empat minggu ke depan.
  • Daftar ini tidak lengkap. Saya mendorong untuk memikirkan konten bukan dalam bentuk jenis tetapi ide. Tipe tulisan adalah sampingan, idenya yang utama. Pertama, kembangkan ide. Lalu, tentukan seperti apa tampilannya. Variasi tulisan tak terbatas, bahkan mungkin kita ingin menciptakan tipe artikel tersendiri.
girl typing laptop
Foto: Content Pixie / Unsplash

Nah, berikut tipe-tipe artikel blog yang bisa menarik banyak traffic:

1. Panduan

Panduan adalah konten yang detail dan cukup panjang. Panjang, gaya, dan pendekatannya berbeda dengan posting blog biasa. Menulis panduan membutuhkan penulis yang baik, desainer yang baik, dan ide yang bagus. Penulis perlu menghasilkan konten tingkat atas. Perancang perlu tahu bagaimana menyajikan konten itu dengan cara yang menarik. Dan idenya haruslah sesuatu yang diinginkan pembaca. Kita mungkin menyajikan panduan dalam bentuk infografis atau PDF yang dapat diunduh.

Urutan dan Cara Menonton Monogatari adalah tulisan panduan terpopuler yang pernah saya buat, menarik banyak traffic setiap harinya. Saya membuat infografis sendiri sebagai pelengkap, panduannya dibuat lengkap tapi tetap mudah diikuti.

Jenis tulisan panduan lain yang bisa menarik banyak traffic adalah soal panduan wisata di suatu destinasi atau kota tertentu.

2. Review Bacaan dan Tontonan

Resensi adalah pembahasan sederhana tentang buku atau film yang ditambah dengan pendapat kita tentangnya. Kita merekomendasikan mana yang bagus, mengkritik yang perlu, dan membagikan hal-hal yang kita peroleh darinya. Resensi sangat bagus karena membantu memposisikan kita sebagai orang yang kompeten.

Resensi bacaan dan tontonan bisa serumit atau sesederhana yang kita inginkan. Bisa memakai format yang singkat dan sederhana ini, per poin boleh ditulis sepanjang satu sampai lima kalimat untuk menjelaskannya.

  • Perkenalkan bacaan atau tontonan
  • Perkenalkan pembuatnya
  • Rangkuman poin-poin utama dari bacaan atau tontonan tersebut
  • Bagikan apa yang kita sukai darinya
  • Bagikan apa yang tak kita sukai
  • Rekomendasikan atau tidak bacaan atau tontonan tersebut

3. Opini

Gaya posting ini secara substansial berbeda dari posting blog biasa, sebagian besar karena nadanya. Kita mungkin terbiasa menerbitkan bahasan topik yang cermat dan teliti. Racauan atau opini, sebaliknya, mungkin lebih kuat dan ekspresif.

Semakin kuat posisi kita, semakin banyak hal itu akan dibaca dan dibagikan. Saat kita membahas topik populer, kita bisa mendapatkan potensi penelusuran dan kemudahan berbagi yang lebih kuat. Perjelas apa yang kita lakukan, bahwa ini adalah pendapat kita dan kita punya kompetensi untuk menuliskannya, dan tetap rendah hati.

Namun, tulisan ini seharusnya tidak menjadi hal sehari-hari. Seseorang yang terus-menerus berbagi pendapat atau mengomel tentang suatu topik malah bisa bikin jijik. Gunakan dengan hati-hati. Bersikaplah sopan. Jangan biarkan opini kita merosot menjadi celaan orang. Tulisan ini tidak sama dengan “marah-marah”.

4. Review Produk

Seperti halnya review bacaan dan tontonan, review produk dapat membantu membangun otoritas dan kepercayaan yang lain pada kita. Setiap industri memiliki rangkaian produk, perangkat lunak, dan layanan yang unik.

Saat kita melibatkan pengembang, produsen, atau penyedia layanan utama, kita mendapatkan pengakuan dan rasa hormat. Yang perlu kita lakukan hanyalah membagikan pengalaman kita dengan produk dan memberikan rekomendasi kita.

Berikut pola review produk:

  • Perkenalkan produk
  • Perkenalkan perusahaan pembuat produknya
  • Jelaskan produknya
  • Bagikan apa yang kita sukai
  • Bagikan apa yang tidak kita sukai
  • Berikan rekomendasi

Hal-hal yang perlu diingat adalah jika produk adalah barang fisik, tambahkan video untuk ditinjau. Sebuah video memungkinkan kita untuk mengambil pendekatan langsung ke produk.

Bawa ulasan produk ke level berikutnya. Banyak ulasan produk yang bias, kurang kredibilitas, dan tidak terlalu meyakinkan. Alasan mengapa demikian adalah karena sulit untuk membuat yang bagus. Namun, jika Anda benar-benar peduli untuk membuat konten yang bagus, itu berarti ada peluang di sini.

5. How-To

How-To adalah salah satu jenis konten yang paling populer. Seperti halnya panduan tapi dibuat lebih ringkas. Artikel instruksi memiliki potensi pencarian yang luar biasa karena biasanya orang-orang akan mencari dengan keyword: “Bagaimana cara …?” atau “Cara …”

How-to tidak terbatas. Pikirkan satu topik yang mencerminkan sesuatu yang kita lakukan setiap hari. Selanjutnya, tulis artikel panduan berdasarkan satu masalah itu. Ini bisa khusus atau lebih umum: “Cara membalas setiap email dalam satu menit atau kurang” atau “Cara mengoptimalkan robots.txt untuk mesin pencarian”.

Pertama, identifikasi masalah yang umum. Lalu, buat solusi. Modelnya sederhana:

  • Perkenalkan masalahnya
  • Perkenalkan solusinya
  • Diskusikan setiap langkah solusi
  • Rangkum pembahasannya
  • Berikan kesimpulan

Semakin lengkap penjelasan kita, semakin baik. Diagram, video, dan gambar semuanya dapat membantu meningkatkan blog petunjuk.

6. Listicle

Daftar memiliki daya tarik yang tak ada habisnya. Kita terhubung untuk mencintai mereka. Hari ini kemungkinan besar kita akan melihat atau membaca artikel yang melibatkan semacam daftar. Dari Rukun Iman dan Rukun Islam hingga daftar modern segala sesuatu, ide bernomor akan tetap populer. Kita tidak bisa salah dengan jenis tulisan ini.

Pilih topik, lalu pilih sampai berapa nomornya. Kita sudah setengah jalan membuat daftar. Contoh bagus dari ini adalah tulisan ini yang menyoal 7 tipe artikel blog yang meningkatkan traffic. Saat kita menulis listicle, gunakan format sederhana ini: perkenalkan topik, buat daftar poin kita, dan berikan kesimpulan.

Jika listicle kita bagus maka akan dijadikan featured snippet dalam pencarian Google, seperti tulisan saya berjudul 15 Anime Adaptasi Novel yang akan muncul paling atas lewat keyword “anime adaptasi novel”.

google snippet

Semakin rinci daftar kita, semakin baik. Semakin panjang juga bagus. Tidak ada angka ajaib untuk daftar yang mengagumkan. Angka ganjil, angka bulat, semua angka bekerja sama dengan baik.

7. Link Roundup

Hampir seperti listicle, yang dikhususkan untuk mendaftar beragam tautan rekomendasi. Tulis judul artikel, hyperlink, dan beri nomor dan penjelasan. Selesai.

Hal yang hebat tentang link roundup adalah karena kita menyebarkan cinta lewat tautan ke situs lain, memberikan situs kita sendiri dengan sinyal SEO otoritatif, dan menegaskan kompetensi kita dalam bidang tertentu.

Sebaiknya tambahkan uraian atau pengantar sendiri untuk setiap tautan yang kita berikan. Meskipun tidak perlu, ini adalah cara yang baik untuk memasukkan topik kita sendiri atau menambahkan sedikit nilai pada pembahasan.

2 tanggapan untuk “7 Tipe Artikel Blog yang Bisa Menarik Banyak Traffic”

artikel panduan dan review memang banyak dicari terlebih tentang alat dan bahan sehari hari

tapi yang penting si memang kalau bisa diulas mendalam dan ada info yang tidak dimiliki oleh blog lain
artikel pun akan lebih cepat terindeks dan kemungkinan nomor satu di mesin pencari lebih besar…

Tinggalkan Balasan