Kategori
Anime

Urutan dan Cara Menonton Monogatari

Panduan urutan agar lebih nikmat menonton serial anime Monogatari.

Monogatari terdiri dari cerita utama serta sejumlah cerita sampingan yang menampilkan karakter berbeda dalam semesta yang sama. Karena mencakup garis waktu yang cukup panjang, Monogatari sering bikin bingung.

Telah diakui secara kritis, serial anime Monogatari berdasarkan light novel fantasi urban dari Nisio Isin dan diilustrasikan Vofan. Ada total 24 novel, semuanya dirilis sejak 2006. Novel-novel tersebut telah diadaptasi oleh Studio SHAFT, dan menjadi hit.

Dikenal dengan visual eksperimentalnya, dialognya yang jenaka, dan karakternya yang tak terlupakan. Serial anime yang menentang genre ini telah memukau, dan memikat penggemar di seluruh dunia selama lebih dari satu dekade.

monogatari

Urutan kronologis sengaja diacak karena serial ini tidak dimaksudkan untuk ditonton sesuai garis waktu. Hal ini dilakukan untuk menciptakan misteri dan antisipasi di sepanjang jalan cerita. Serial ini dapat ditonton dalam urutan kronologis, tetapi cara ini tak direkomendasikan jika kita menonton Monogatari untuk pertama kalinya.

Meski serial Monogatari adalah semesta dengan banyak karakter dan kisah, semuanya terkait dengan tema sentral. Berikut ini adalah gambaran umum dari tiap musim, yang sangat penting untuk mengetahui urutan nonton serial ini:

First season: Bakemonogatari, Nisemonogatari, Nekomonogatari Kuro dan Kizumonogatari.

Second season: Nekomonogatari Shiro, Kabukumonogatari, Hanamonogatari, Otorimonogatari, Onimonogatari dan Koimonogatari.

Final season: Tsukimonogatari, Koyomimonogatari, Owarimongatari, Zoku Owarimonogatari.

monogatari watch order

Plot Cerita Monogatari 

Koyomi Araragi adalah siswa tahun ketiga di sekolah menengah. Setelah selamat dari serangan vampir, Koyomi menjadi manusia sepersepuluh vampir. Perkenalannya dengan dunia supranatural mengantarkannya bertemu banyak karakter lain, seringnya gadis-gadis yang terlibat dalam dunia supranatural.

Di episode pertama, Araragi bertemu teman sekelasnya, Hitagi Senjougahara, yang jatuh ke dalam pelukannya setelah tergelincir dari tangga. Araragi mendapati Senjougahara hampir tanpa berat badan, dan karenanya ingin membantu memecahkan masalahnya.

Ketika Araragi pertama kali berubah menjadi vampir, Meme Oshino, yang tinggal di sekolah terlantar, membantunya. Araragi mengajak Senjougahara untuk bertemu Oshino, dan Senjougahara adalah yang pertama dari gadis-gadis lain yang akan Araragi bantu.

Araragi menemukan banyak gadis yang berbeda dengan keanehan yang berhubungan dengan hal supranatural, dari teman sekelasnya atau bahkan saudara perempuannya. Kisah Monogatari memang mengikuti tokoh sentral Araragi, tetapi juga gadis-gadis yang ia temui dan coba bantu. 

Monogatari mencakup garis waktu kronologis yang cukup panjang, itulah sebabnya ada kebingungan tentang cara terbaik untuk menontonnya. Alih-alih mengikuti urutan kronologis, urutan rilis memberikan cukup latar belakang dan informasi untuk menonton serial ini dan agar dipahami dengan baik.

Rekomendasi Urutan Cara Nonton Monogatari

Ada tiga urutan yang disarankan untuk menonton serial Monogatari, tergantung pada pengetahuan kita tentang seri ini dan bagaimana kita lebih menyukainya. Ada urutan untuk pemula, yang mungkin tidak membaca novelnya dan kemudian ada urutan bagi mereka yang telah membaca novel dan ingin menonton Monogatari secara kronologis.

Urutan Monogatari Berdasarkan Rilis Anime

Urutan yang paling direkomendasikan bagi yang menonton Monogatari untuk pertama kalinya. Begitulah cara sebagian besar penonton mengikuti cerita, karena urutan yang paling masuk akal adalah ketika serial itu dirilis.

Menonton dengan urutan ini adalah bagaimana SHAFT menginginkannya, dan mungkin ini adalah urutan terbaik. Perbedaan terbesar dalam urutan ini adalah bahwa Kizumonogatari, yang merupakan kisah asal-usulnya, hanya ditampilkan nanti sebagai penutup.

Beberapa merasa bahwa ini mungkin meninggalkan banyak pertanyaan yang belum terjawab bagi yang baru pertama kali menonton, tetapi musim dan episode lainnya akan memberikan informasi yang cukup untuk mengikuti alur cerita.

First season:

  1. Bakemonogatari (2009) – Mayoi Snail, Hitagi Crab, Nadeko Snake, Suruga Money, dan Tsubasa Cat.
  2. Nisemonogatari (2012) – Tsukihi Phoenix dan Karen Bee.
  3. Nekomonogatari Kuro (2012) – Kisah prekuel Keluarga Tsubasa

Second season:

  1. Monogatari 2nd Season (2013) – Berisi sebagian besar kisah utama, yakni Mayoi Jiangshi, Shinobu Time, Tsubasa Tiger dan Hitagi End.
  2. Hanamonogatari (2014) – Suruga Devil. 

Final season:

  1. Tsukimonogatari (2014) – Yotsugi Doll
  2. Owarimonogatari (2015) – Ougi Formula, Sodachi Lost, Sodachi Riddle, dan Shinobu Mail Stories.
  3. Koyomimonogatari (2016) – 12 cerita pendek tentang Koyomi.
  4. Owarimonogatari [Part 2] (2017) – Hitagi Rendezvous, Ougi Dark, dan cerita soal Araragi Koyomi, termasuk kisah-kisah lain.
  5. Zoku Owarimonogatari (2018) – Koyomi Reverse. 

Off season:

  1. Orokamonogatai
  2. Wazamonogatari
  3. Nademonogatari
  4. Musubimonogatari 

Monster season:

  1. Shinobumonogtari
  2. Yoimonogatari
  3. Amarimonogatari
  4. Ougimonogatari
  5. Shimonogatari

*Untuk off season dan monster season belum diadaptasi jadi anime, kemungkinan besar akan dirilis dekade 2020-an mendatang.

Urutan Monogatari Berdasarkan Kronologis

Banyak orang menonton ulang Monogatari, atau menontonnya setelah membaca novel, dan merasa paling baik dinikmati dalam urutan kronologis. Karena ada begitu banyak cerita dan karakter dalam semesta Monogatari, ada banyak hal yang perlu ditonton ulang, dan selalu ada hal-hal baru ketika menonton kembali.

Urutan kronologis direkomendasikan untuk penggemar tingkat lanjut, yang tidak akan bingung dengan informasi yang hilang dan yang belum diungkap atau dijelaskan.

  1. Wazamonogatari
  2. Kizumonogatari
  3. Nekomonogatari (Black)
  4. Bakemonogatari
  5. Nisemonogatari
  6. Kabukimonogatari
  7. Onimonogatari
  8. Owarimonogatari Vol. 2
  9. Nekomonogatari (White)
  10. Owarimonogatari Vol. 1
  11. Wazamonogatari
  12. Orokamonogatari
  13. Otorimonogatari
  14. Koimonogatari
  15. Tsukimonogatari
  16. Owarminogatari Vol. 3
  17. Zoku Owarimonogatari
  18. Hanamonogatari
  19. Shinobumonogatari
  20. Wazamonogatari
  21. Orokamonogatari (Suruga Bonehead)
  22. Orokamonogatari (Tsukihi Undo)
  23. Nademonogatari
  24. Musubimonogatari

Urutan Monogatari Rekomendasi Nisio Isin

Urutan ini adalah urutan rilis asli dari light novel. Ini adalah urutan yang oleh Nisio Isin maksud agar novel-novel itu dibaca. Urutan kronologis mengacak, tetapi ini sepenuhnya disengaja dan bekerja untuk menciptakan cerita yang lebih mantap.

Jika ingin menikmati kisah-kisah yang diciptakan untuk dinikmati maka ini adalah urutan untuk diikuti. Ini akan sedikit membuka misteri dan antisipasi yang dibawa Kizumonogatari, serta memiliki beberapa perubahan kecil dalam narasi, tetapi tetap setia pada cerita.

First season:

  1. Bakemonogatari (2006) – Mayoi Snail, Hitagi Crab, Nadeko Snake, Suruga Monkey, dan Tsubasa Cat.
  2. Kizumonogatari (2008) – Prekuel seri Monogatari.
  3. Nisemonogatari (2008-2009) – Cerita tentang Tsukihi Phoenix dan Karen Bee.
  4. Nekomonogatari Black (2010) – Kisah prekuel Keluarga Tsubasa 

Second season:

  1. Nekomonogatari White (2010) – Kisah Tsubasa Hanekawa dari sudut pandangnya sendiri.
  2. Kabukimonogatari (2010) – Kisah perjalanan waktu dengan Araragi Koyomi dan Oshino Shinobu.
  3. Hanamonogatari (2011) – Kisah Suruga Devil.
  4. Otorimonogatari (2011) – Kisah Nadeko Medusa dan perjalanannya menjadi mandiri.
  5. Onimonogatari (2011) – Kisah Shinobu Mail
  6. Koimonogatari (2011) – Hitagi Senjougahara membuat kesepakatan dengan dewa untuk melindungi Koyomi Araragi. 

Final season:

  1. Tsukimonogatari (2012) – Yotsugi Doll
  2. Koyomimonogatari (2013) – Menceritakan 12 cerita berbeda tentang Koyomi.
  3. Owarimonogatari (2013-2014) – Ougi Formula, Sodachi Lost, Sodachi Riddle, dan Shinobu Mail Stories.
  4. Zoku Owarimonogatari (2014) – Awalnya dirilis sebagai film, tetapi diputar sebagai serial anime 6 episode. Ini adalah kisah terbalik Koyomi. 

Off season:

  1. Orokamonogatari (2015) – Sodachi Fiasco, Suruga Bonehead dan Tsukihi Undo.
  2. Wazamonogatari (2016) – The Cruel Fairy Tale: Princess Fair
  3. Nademonogatari (2016) – Nadeko Draw
  4. Musubimonogatari (2017) – Empat cerita Zenka Mermaid, Mitome Wolf, Nozomi Golem dan Tsuzura Human. 

Monster season:

  1. Shinobumonogatari (2017) – Kisah Shinobu Oshino.
  2. Yoimonogatari (2018) – Araragi dan trio Loli melihat kemungkinan penculikan seorang gadis muda.
  3. Amarimonogatari – Yotsugi Body dan Yotsugi Shadow.
  4. Ougimonogatari – Ougi Light dan Ougi Fright.
  5. Shinomonogatari – Deathtopia Destiny, Deathtopia Death Education dan Deathtopia Destination. 
monogatari

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Nonton Kizumonogatari?

Ketika memulai nonton Monogatari dari Bakemonogatari, pasti bakal bingung karena langsung disodorkan kalau Koyomi Araragi itu punya kekuatan vampir.

Nah, Kizumonogatari adalah satu prekuel yang menjelaskan bagaimana keseluruhan cerita di balik seri ini dimulai. Berfokus ketika Koyomi Araragi berubah jadi manusia sepersepuluh vampir.

Studio SHAFT membuatnya dalam format film dan dirilis menjadi 3 film.

kizumonogatari

Tidak ada keharusan tentang kapan Kizumonogatari ini harus ditonton, jadi ada beberapa kebebasan untuk memilih ketika ingin menontonnya.

Menonton sebelum Bakemonogatari

Penulisnya sendiri menyatakan bahwa Kizumonogatari adalah prekuel, menontonnya sebelum cerita lain tidak dianjurkan. Apalagi gaya dalam film ini sangat berbeda dengan serial utama, dan ini dapat membuat beberapa orang tidak melanjutkan dan menonton Monogatari.

Menonton antara Bakemonogatari dan Nisemonogatari

Nisio Isin merekomendasikan bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk menonton Kizumonogatari. Bakemonogatari memberi penonton informasi yang baik mengenai semesta Monogatari dan Kizumonogatari akan membantu memberikan kejelasan lebih lanjut tentang cerita yang akan datang.

Menonton antara Koyominogatari dan Owarimonogatari (Second season)

Meski ini memecah cerita berikut dari dua plot penting, ini adalah urutan menonton yang benar. Jika menonton serial dengan cepat maka seharusnya tidak terlalu banyak masalah karena akan mengejar ketinggalan informasi.

Menonton antara Owarimonogatari dan Koyomimonogatari

Ini mungkin urutan yang paling logis untuk menonton Kizumonogatari. Tidak memecah plot cerita dan bahkan lebih masuk akal. Tidak mengikuti urutan rilis, tetapi akan membuat cerita lebih jelas jika ditonton.

Jadi, Bagaimana Cara Terbaik Menonton Monogatari?

Setelah membaca panduan saya di atas, mungkin ada yang tercerahkan atau malah jadi tambah bingung. Namun, satu-satunya cara terbaik menonton Monogatari adalah dengan menontonnya, dan nikmati sensasi mengikuti Koyomi Araragi beserta haremnya dan beragam masalah supranatural.

20 tanggapan untuk “Urutan dan Cara Menonton Monogatari”

Kalau baru nonton enakan pake tanggal rilis, pake patokan infografis yg saya bikin. Mungkin di tengah2 bakal ngerasa bingung sama kronologisnya yg loncat2 tapi bakal ngerti sendiri dijamin. Ada tips dari saya pas nonton selalu, selalu perhatikan potongan rambut karakter2nya.

Balas

Jadi, misal di seri Nekomonogatari Kuro ada 4 episode dan 1 Arc.

Nah, Arc itu apa ya min?

Arc itu digunain buat ngelompokin beberapa episode yang punya keterkaitan atau bahas topik yang sama.

Keempat episode di Nekokomonogatari Kuro itu fokus ceritanya ke karakter Tsubasa Hanekawa, maka disebut 1 arc. Nah, di season 2 Monogatari ada beberapa episode juga yg ngelanjutin cerita si Hanekawa, itu masuk 1 arc dan dijudulinnya arc Nekomonogatari Shiro.

Balas

Gitu ya, gue kirain episode spesial atau ova gitu sih. Bingung soalnya pas nonton kok ga diceritain asal muasalnya gimana.

Jadi, buat yg belum nonton sama sekali, nontonnya sesuai tanggal rilis ya min?

Yg ini kah?
First season: Bakemonogatari, Nisemonogatari, Nekomonogatari Kuro dan Kizumonogatari.

Second season: Nekomonogatari Shiro, Kabukumonogatari, Hanamonogatari, Otorimonogatari, Onimonogatari dan Koimonogatari.

Final season: Tsukimonogatari, Koyomimonogatari, Owarimongatari, Zoku Owarimonogat

Emang sengaja biar bingung, justru itu sensasi nonton Monogatari.

Iya lanjut nonton aja pake urutan rilis itu. Yg nonton pas animenya masih on going pun ya bakal ngikutin jadwal rilis, dari Bakemonogatari.

Nah, asal muasal Araragi jadi vampir dan kenapa bisa temenan sama Meme Oshina, Hanekawa dan Shinobu bakal diceritain di Kizumonogatari.

Tapi Kizumonogatari unik, meski masuknya season 1 enaknya ditonton kalau udah beres nonton season 2. Soalnya bentuknya film dan dari gaya animenya beda banget sama serial. Ini udah dijelasin lengkap di bagian akhir tulisan di atas.

Balas

coba koreksi ulang min, berdasarkan tanggal yang kadang tertera dalam anime (bukan tanggal rilis), kita seharusnya tau setelah neko shiro ada hitagi end (koimonogatari). dan dulu saya udah donlot semua sekaligus kelompokin ceritanya, tapi kehapus. pas mau nonton lagi udah lupa urutannya.

Tapi kalau ga salah dua itu masuknya di Monogatari 2nd Season, Neko Shiro pas episode awal, baru Hitagi End nanti di episode akhir.

Kalau udah inget atau nemu koreksiannya, nanti saya coba update tulisan ini. Makasih ya.

Balas

Salah satu serial anime favorit saya. Mungkin juga ini anime wajib buat wibu, rada eksperimental, pengisi suaranya bagus2, banyak adegannya yg sering dijadiin referensi di anime lain, ada salah satu lagu legendaris.

Monogatari ini tayang dari 2009-2018, kayaknya belum masuk golongan anime lawas deh. Padahal anime lawas juga pada bagus2 loh, ya tergantung animenya juga sih.

Balas

Ga sampe setengah cuma satu sepersepuluh, tapi bukan itu fokus utama Monogatari.

Kalau saya dulu berkat Indosiar di hari Minggu justru jadi doyan anime. Sinetron Indosiar taunya cuma Tersanjung sama Saras 008.

Balas

Tinggalkan Balasan