Kategori
Celotehanku

Panduan Untuk Tidak Menulis

Ketika tulisan yang saya bikin dirilis dan bisa dibaca, saya seringnya malu untuk membaginya. Pertama, saya orang yang jauh dari laku percaya diri, selalu merasa tulisan dan pemikiran saya begitu payah dan sampah. Ada semacam tanggung jawab sosial ketika menulis esai, untuk menggiring opini, misalnya, dan saya pikir saya bukan orang yang arif, siapa pula saya. Kedua, menghindari komentar dari Akay: “Si Aip mah mun nulis pasti keur butuh duit”.

Kategori
Video Game

Yang Video Game Jepang Ajarkan Tentang Budaya Jepang

Terlepas dari popularitas global video game Jepang, sebagian besarnya secara tradisional dibuat pertama dan terutama bagi konsumen domestik mereka – mungkin ada yang pernah kebingungan oleh gim semacam Mystical Ninja Starring Goemon saat masih kecil dulu.

Kategori
Fotografi

5 Kamera Saku Film 35mm Terbaik

Meski teknologi fotografi digital terus berkembang pesat, kamera analog yang menggunakan gulungan film ternyata masih digemari. Jumlah penggunanya pun tak bisa dibilang sedikit, malah mungkin bertambah karena makin banyak yang penasaran.

Kategori
Movie Enthusiast

Tragedi dan Teror Putih dalam A City of Sadness (1989)

Dibuka dengan suara redup Kaisar Hirohito terdengar lewat siaran radio yang mengumumkan penyerahan tanpa syarat Jepang pada 15 Agustus 1945. Latar hitam kemudian diterangi oleh cahaya lilin yang mengungkapkan sebuah keluarga Taiwan yang sedang harap-harap cemas mempersiapkan kelahiran di tengah keadaan mati lampu. Ketika listrik kembali pulih, erangan derita dari sang ibu pecah menjadi suara tangis bayi. Sang bayi diberi nama Kang-ming, yang berarti cahaya. Adegan ini seakan merupakan sebuah metafora.

Kategori
Sepak Bola

Rencana Manchester City Mendominasi Dunia

Pada 19 Desember 2009, Pep Guardiola berdiri dan menangis di tengah Stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi. Manajer Barcelona berusia 38 tahun itu menggenggam tangannya ketika tubuhnya menyerah pada isak tangisnya yang berat untuk ditahan. Zlatan Ibrahimovic, striker jangkung menjulang asal Swedia di klub tersebut, melingkarkan lengan bertatonya di leher Guardiola dan kemudian berusaha menguatkannya. Namun Guardiola tidak bisa berhenti. Itu adalah tempat yang aneh bagi pelatih sepak bola yang paling terkenal di dunia untuk membuatnya sedemikian rupa: Barcelona baru saja memenangkan pertandingan yang hanya ditonton oleh beberapa orang di televisi untuk mengamankan salah satu gelar sepakbola yang paling tidak jelas, Piala Dunia Antar Klub FIFA. Tetapi kemenangan itu memastikan rekor yang tidak bisa dipecahkan: Barcelona telah memenangkan semua enam gelar yang tersedia untuk klub mana pun dalam satu tahun. Itu sebabnya Pep menangis.

Kategori
Hype

Light Novel: Sastra, Anime dan Bisnis Media

Light novel telah jadi sumber adaptasi anime paling umum saat ini. Sementara light novel telah menjadi dasar anime selama bertahun-tahun, novel-novel itu telah dilembagakan selama sekitar dekade terakhir.

Munculnya adaptasi light novel mencerminkan tren yang lebih luas di dunia anime untuk mempromosikan waralaba lintas berbagai platform media. Ini dikenal sebagai strategi “media mix”, dan sangat penting untuk memahami sisi bisnis ini.